2020 Saatnya Berdagang dengan Pintar di Era Kemajuan Teknologi Digital

Cerita Teknologi 26 Mar 2020, By Teman Dagang
2020 Saatnya Berdagang dengan Pintar di Era Kemajuan Teknologi Digital Ilustrasi Teknologi (Google Source)

Era digital membuat perubahan besar di segala aspek termasuk dalam dunia usaha. Penggunaan teknologi terbaru serta digitalisasi bisnis kini menjadi keharusan untuk dapat bertahan dalam menjalankan usaha. Hal ini menjadi tantangan sekaligus memberi peluang bagi pelaku usaha untuk meningkatkan omzet serta memajukan usahanya.

Pelaku usaha sebaiknya melihat peluang tersebut dengan cermat dan memperhatikan setiap tantangan yang harus dihadapi. Dengan begitu, usaha yang dijalankan dapat berjalan maksimal serta memiliki daya saing tinggi. Sebagai pelaku usaha, Anda harus memahami strategi yang digunakan untuk menghadapi kemajuan teknologi digital ini. Seraya menguasai perangkat teknologi digital yang akan digunakan. Memahami perkembangan teknologi digital akan membuat aktivitas usaha Anda tidak semata berdagang namun menjadi “Dagang Pintar”.

Strategi awal yang digunakan, antara lain adalah dengan membuat perubahan pada operasi usaha Anda. Metode-metode manual dan konvensional yang lama mesti diperbarui dengan metode-metode yang sesuai dengan kemajuan zaman. Metode terbaru itu ialah dengan memanfaatkan teknologi digital. Pemanfaatan teknologi digital yang semakin hari semakin maju dan canggih ini akan dapat mengembangkan usaha Anda dengan cepat.

Teknologi adalah Kunci

Pengembangan usaha lewat penggunaan teknologi terkini dapat terlaksana karena kemudahan yang diberikan teknologi mampu menghemat waktu, tenaga, serta biaya operasional usaha. Dengan semakin kecilnya waktu, tenaga, dan biaya yang digunakan, maka usaha Anda berpeluang untuk mendapat keuntungan yang lebih besar. Untuk itu pemilik usaha akan dituntut untuk terus belajar dan belajar serta beradaptasi terus menerus. Kedengarannya memang akan menguras tenaga dan usaha yang lebih. Namun apabila berhasil nantinya akan sangat mempermudah jalannya usaha Anda.

Faktor selanjutnya yang penting untuk “Dagang Pintar” Anda adalah dengan memperbarui sistem pembayaran. Di era digital saat ini, sistem pembayaran telah berkembang menuju ke era cashless di mana pelanggan tak lagi membayar dengan uang tunai. Sebagai pelaku usaha, Anda perlu memberikan pilihan alternatif pembayaran cashless bagi pelanggan. Sistem pembayaran non-tunai yang dapat Anda sediakan antara lain bisa berupa kartu kredit, transfer antarbank, hingga penggunaan dompet virtual. Anda dapat menambah metode-metode pembayaran non-tunai ini agar semakin mudah menjangkau serta memudahkan para konsumen untuk berbelanja.

Teknologi dalam Pengiriman Barang

Pemanfaatan teknologi digital selanjutnya adalah dalam aspek pengiriman barang. Pergeseran kebiasaan belanja masyarakat yang serba daring menyebabkan tak lagi terjadi pertemuan langsung antara pelanggan dengan pelaku usaha. Maka dari itu, Anda sebagai pelaku usaha mesti menyediakan jasa pengiriman agar barang dapat sampai ke tangan konsumen. Hal ini dapat Anda lakukan dengan menyediakan jasa antarbarang, melalui jasa kurir, ataupun dengan bekerja sama dengan pihak ojek daring untuk mengantarkan barang ke pelanggan.

Karena ketiadaan pertemuan langsung antara pelaku usaha dengan pelanggan, maka Anda pun tidak perlu repot harus membayar sewa atau bahkan membeli gedung untuk toko tempat berjualan. Anda bisa menjalankan usaha lewat rumah. Uang yang sebelumnya digunakan untuk menyewa gedung untuk toko dapat Anda gunakan untuk keperluan gudang menyimpan stok barang. Dengan begitu, akan ada banyak ruang untuk menyimpan barang.

Stok barang yang disimpan di gudang juga perlu dicatat dalam pembukuan yang berbasis digital. Pencatatan ini tak hanya lewat catatan fisik tapi juga lewat komputer yang telah terhubung dengan sistem cloud agar penyimpanan data tetap aman. Dengan cara ini risiko salah perhitungan serta kehilangan data pembukuan dapat diminimalisir sekecil mungkin.

Semua transformasi ini bisa menjadi sebuah tantangan yang cukup berat apabila Anda sebagai pelaku usaha tidak dapat mengikutinya. Apalagi, adanya ketakutan untuk mengubah cara-cara lama akan menimbulkan kekhawatiran apabila transformasi yang dilakukan tidak sesuai dengan yang diharapkan atau justru gagal. Untuk itu, Anda sebagai pelaku usaha di era digital mesti mampu beradaptasi dan siap atas semua perubahan yang dijalankan agar usaha Anda dapat terus berkembang di era digital.

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha