6 Kebiasaan Buruk yang Harus Anda Hindari sebagai Pelaku Usaha

Cerita Peluang Usaha 18 Jun 2020, By Delviadry Ruvi
6 Kebiasaan Buruk yang Harus Anda Hindari sebagai Pelaku Usaha Hindari kebiasaan buruk yang dapat mengganggu usaha Anda (Koinworks)

Sebagai pelaku usaha, Anda harus disiplin dalam memanajemen usaha. Jika tidak, usaha yang Anda jalankan memiliki risiko-risiko seperti kehabisan modal, tidak terlihat untung yang diperoleh, dan lainnya. Karena itulah dalam menjalankan bisnis, memiliki modal yang besar saja tidak akan membuat usaha Anda bertahan lama. Anda harus terus berinovasi dan melakukan inisiatif-inisiatif yang menarik terhadap bisnis Anda

Fokus dan komitmen yang tinggi sangat dibutuhkan dalam membangun suatu bisnis. Anda tidak akan pernah sukses dalam berbisnis apabila melakukannya setengah-setengah, apalagi masih melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk seperti boros dan tidak bisa menempatkan sikap dalam berbisnis. 

Menjadi pelaku usaha tidak hanya soal Anda punya modal yang besar. Untuk itu, Anda mesti terus belajar serta menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk seperti berikut ini.

Tidak Menabung

Kebiasaan tidak menabung juga dapat mempengaruhi bisnis Anda, lho. Biasanya, pelaku usaha yang hidup dengan perilaku menghambur-hamburkan uang akan sering memakai uang penghasilan atau bahkan kas usahanya. Apalagi jika dihadapkan pada situasi-situasi mendesak yang membutuhkan uang lebih, maka uang kas atau penghasilan dari bisnis pun bisa saja terpakai untuk hal yang sama sekali tidak berhubungan dengan bisnis Anda. 

Menabung artinya Anda dapat mengatur pola hidup Anda dalam mengeluarkan uang. Tanpa Anda sadari, Anda akan lebih kritis dalam mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak begitu penting. Karena itu, jika Anda bersungguh-sungguh dalam mengembangkan bisnis Anda, maka mulailah dengan menabung secara rutin. 

Tidak Memperhatikan Uang Recehan Kecil

Salah satu kebiasaan tak elok yang sering sekali diabaikan orang adalah tidak memperhatikan uang-uang bernominal kecil. Mungkin di mata Anda membiarkan uang-uang recehan tercecer di sembarang tempat itu adalah hal yang tidak begitu penting karena jika hilang sekalipun tidak akan akan mengurangi kekayaan Anda. Akan tetapi, yang harus Anda ketahui adalah perilaku tidak menghargai hal-hal kecil dalam hidup Anda itu akan mengakar dan tertanam di alam bawah sadar. 

Tidak Membuat Proyeksi Laba-Rugi

Dalam berbisnis, membuat proyeksi laba-rugi adalah hal yang sangat penting terutama untuk menentukan strategi marketing ke depan. Banyak sekali pelaku usaha yang malas atau tidak mengerti dalam membuat proyeksi laba rugi ini. Padahal saat ini banyak sekali tempat atau media untuk mempelajarinya. Bagi para pelaku usaha yang malas membuat proyeksi padahal mengerti, maka percayalah bisnis Anda akan sulit berkembang.

Telat Bayar Tagihan

Terlepas dari sengaja atau tidak, telat membayar tagihan merupakan perilaku yang tidak boleh dilestarikan. Dengan alasan apapun, Anda mesti bertanggung jawab dan memenuhi kewajiban Anda dalam membayar tagihan yang telah Anda buat. 

Biasanya, hal ini terjadi karena Anda tidak mempersiapkan pembukuan keuangan yang rapi sehingga anggaran dana pun tidak terbentuk dengan rapi. Dampaknya, dana untuk tagihan pun tidak dirincikan. Tentu saja, penyebabnya karena manajemen pembukuan yang kacau. Oleh karena itu, mulailah untuk lebih merapikan catatan-catatan keuangan Anda. 

Mencampuradukkan Urusan Bisnis dan Pribadi

Sikap mencampuradukkan urusan bisnis dan pribadi ini merupakan sikap yang sangat tidak profesional dalam berbisnis. Pasalnya, Anda akan kesulitan dalam memprioritaskan sesuatu. Lambat laun, Anda pun akan kehilangan sikap profesionalisme Anda. Urusan pribadi bisa dibawa ranah ke bisnis, begitu sebaliknya. Maka pelan-pelan, tidak hanya bisnis, kehidupan yang Anda jalani pun bisa terkena imbasnya.

Tidak Melek Teknologi 

Salah satu kunci sukses dalam berbisnis saat ini adalah dengan melek teknologi. Memanfaatkan media digital akan mendongkrak kinerja bisnis Anda karena bisa menjangkau lebih banyak pengguna. Di samping itu, saat ini banyak sekali teknologi digital yang dapat membantu Anda dalam banyak hal untuk mengembangkan bisnis Anda.

Salah satu teknologi digital yang sangat komplit itu adalah Youtap. Aplikasi yang dijuluki sebagai teman dagang ini memiliki banyak sekali fitur-fitur yang dapat membantu usaha Anda, mulai dari penyediaan pemrosesan pembayaran e-money real-time, pasar pembayaran digital, dan platform point-of-sales untuk pasar yang tumbuh cepat. Dengan memanfaatkan bantuan dari Youtap, Anda akan dimudahkan dalam melakukan pembukuan laporan keuangan, pembayaran tunai maupun nontunai, pengelolaan inventori hingga analisis penjualan ke depan.

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha