7 Hal Positif Membuat Catatan Keuangan dengan Bantuan Teknologi

Cerita Peluang Usaha 26 Mar 2020, By Teman Dagang
7 Hal Positif Membuat Catatan Keuangan dengan Bantuan Teknologi Ilustrasi mesin kasir (Google Source)

Menjalankan usaha di zaman sekarang ini tidak cukup hanya mengetahui bagaimana promosi dagangan yang baik, tetapi juga bagaimana mengatur keuangan usaha dengan baik. Pengaturan keuangan yang baik perlu memperhatikan metode pencatatan keuangan usaha yang dilakukan. Sebab salah satu indikator sehat tidaknya suatu usaha adalah mengetahui alur keuangan serta keuntungan yang diperoleh dalam suatu periode tertentu.

Apabila pencatatan keuangan dilakukan secara manual, kerap sekali terjadi kesalahan dalam perhitungannya. Sementara, ada banyak transaksi yang harus membutuhkan perhitungan yang tak hanya cermat, namun juga tetap cepat, dan akurat. Dengan memanfaatkan teknologi terkini, pedagang bisa menghindari masalah kesalahan perhitungan tersebut sehingga dapat melakukan pencatatan keuangan dengan lebih baik.

Akan tetapi, masih banyak saat ini ditemui pedagang yang menggunakan metode-metode manual alih-alih memanfaatkan teknologi terbaru dalam membuat catatan keuangan perdagangannya. Sementara, perkembangan teknologi semakin maju setiap harinya. Mengganti metode-metode usaha ke arah digitalisasi bukanlah suatu pilihan melainkan keharusan di era ini. Karena jika tidak, pedagang akan sulit beradaptasi terhadap perkembangan zaman sehingga akan tersingkir dalam persaingan dagang.

Keuntungan Memanfaatkan Aplikasi Keuangan

Ada banyak sekali aplikasi keuangan terkini yang hadir sebagai solusi pengaturan keuangan dalam usaha. Aplikasi-aplikasi tersebut biasanya diciptakan sangat sederhana sehingga mudah untuk digunakan. Menggunakan aplikasi akan membantu Anda membuat catatan keuangan dengan lebih cepat, cermat, dan akurat.

Ada begitu banyak kemudahan dan manfaat yang ditawarkan aplikasi keuangan untuk Anda. Nah, berikut adalah 7 hal positif yang dapat Anda raih dari memanfaatkan aplikasi keuangan kekinian untuk usaha:

1. Menghemat waktu dan tenaga

Aplikasi keuangan dibuat sangat praktis untuk digunakan, sehingga Anda bisa lebih cepat melakukan pembaruan laporan keuangan. Pencatatan keuangan yang lebih cepat, tentunya akan menghemat tak cuma waktu tapi juga tenaga Anda. Hal ini jelas tidak akan ada dapatkan bila masih melakukan pencatatan keuangan secara manual membutuhkan waktu penghitungan yang cukup lama.

2. Meminimalisir human error

Karena telah dilakukan dengan sistem komputer yang lebih canggih, perhitungan dengan aplikasi keuangan sangat cermat. Pencatatan keuangan Anda akan sangat akurat sehingga kecil peluang terjadinya kesalahan perhitungan. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir akan terjadi kesalahan perhitungan meskipun ada banyak sekali transaksi dagang yang dilakukan.

3. Pengerjaan laporan keuangan lebih efisien

Menjalankan usaha dagang tak hanya berfokus pada pencatatan keuangan saja. Ada banyak aspek-aspek lain yang perlu mendapat perhatian Anda pula. Memanfaatkan aplikasi keuangan dalam pencatatan usaha dagang akan memberikan Anda hasil yang efisien jadi Anda dapat memfokuskan diri ke aspek-aspek lain dalam usaha.

4. Dapat menghemat pengeluaran

Setiap pedagang pastilah ingin menekan biaya operasional usaha sebisa mungkin. Aplikasi keuangan dengan segala kemudahannya dapat membantu Anda mengelola pengeluaran usaha. Pencatatan keuangan yang rapi dari aplikasi keuangan bisa menghitung dengan cermat biaya operasional usaha yang Anda keluarkan sehingga pengeluaran usaha bisa jadi lebih hemat.

5. Catatan keuangan tersimpan rapi dan aman

Keunggulan lainnya dari aplikasi keuangan terkini adalah kerapian dan keamanan data. Data yang disimpan tertata rapi dan aman karena telah terhubung dengan sistem cloud yang menyediakan fitur pencadangan data secara daring (online). Sehingga, jika perangkat komputer Anda rusak atau hilang, Anda tidak perlu khawatir dengan data keuangan usaha. Sebab, data tersebut tetap tersimpan aman dan bisa diakses kembali.

6. Pencatatan transaksi yang tersimpan

Selain mencatat keuangan usaha yang keluar dan masuk, aplikasi keuangan juga mencatat transaksi yang dilakukan sehari-hari. Banyaknya transaksi tak akan jadi persoalan karena tetap dapat dicatat dengan cermat dan akurat. Catatan transaksi yang tersimpan dengan baik akan memudahkan pedagang mengatur strategi penjualan.

7. Bisa menambah modal usaha

Dengan semua kemudahan dan manfaat yang diberikan oleh aplikasi keuangan, keuntungan dagang yang Anda peroleh tentunya juga akan meningkat. Jika sudah begitu, Anda memiliki modal yang cukup untuk mengembangkan usaha Anda agar jadi semakin maju.

Demikianlah beberapa hal positif membuat catatan keuangan dengan bantuan teknologi. Semua teknologi yang ada diciptakan untuk memudahkan pekerjaan manusia. Termasuk aplikasi pencatatan keuangan. Kemudahan dan kelebihan yang dimilikinya, hendaklah dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya demi jalannya usaha dagang Anda. Jangan sampai, kelebihan-kelebihannya tidak dapat dimanfaatkan secara maksimal sehingga tidak memberi dampak yang signifikan bagi usaha.

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha