7 Tips Sukses Berjualan Online Sehat untuk Jadi Toko Favorit Pelanggan

Cerita Peluang Usaha 19 Apr 2020, By Teman Dagang
7 Tips Sukses Berjualan Online Sehat untuk Jadi Toko Favorit Pelanggan Menjadi toko favorit pelanggan Anda adalah salah satu pencapaian yang besar (kompas.com)

Tak sedikit pelaku usaha yang mengeluhkan sulitnya penjualan beberapa bulan belakangan, tepatnya saat Indonesia diserang wabah corona. Beberapa dari pelaku usaha akhirnya gulung tikar karena terus merugi, tapi banyak juga yang terus survive dan mencari metode penjualan baru, yaitu memasarkan produk secara online.

Meski mampu menjadi nafas baru bagi penjualan, pelaku usaha tetap dituntut kreatif dan inovatif. Sebab semua pelaku usaha telah beralih menggunakan cara berjualan online sehingga persaingan semakin ketat.

Jika ingin usaha online Anda berkembang, cobalah untuk menjalankan bisnis dengan mata elang. Anda harus bisa mengambil peluang yang ada di depan mata. Selain itu, Anda harus terus mencari informasi terkait penjualan online, misalnya dengan menggali lebih dalam fungsi dan manfaat teknologi sebagai penunjang usaha online Anda.

Kreativitas dan inovasi usaha mutlak diperlukan untuk menunjang aktivitas berjualan online Anda, meski pemerintah telah melonggarkan aturan di rumah aja menjadi era new normal. Di mana, saat ini orang-orang telah diperkenankan kembali menjalankan aktivitas di luar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Anda tetap harus mengelola dengan baik usaha online Anda. Tapi Anda juga perlu mengontrol toko fisik dengan baik.

Berikut ini adalah beberapa panduan bermanfaat yang dapat membantu Anda untuk bisa bersaing menjadi toko favorit pelanggan di era new normal.

Berdagang harus jujur

Setiap pebisnis harus menjaga etika bisnis dengan melakukan hal yang pantas untuk dilakukan. Salah satunya ialah kejujuran. Kejujuran adalah hal terpenting untuk menciptakan kepercayaan. 

Anda yang ingin berbisnis dengan cara yang baik dan benar, pertahankan kejujuran dalam bisnis Anda. Sebab kejujuran adalah hal esensial yang wajib ditaati dalam segala aspek kehidupan. Kejujuran dalam berbisnis akan mempertahankan loyalitas pelanggan Anda.

Maka dari itu, jujurlah dengan setiap produk yang Anda jual kepada pelanggan. Jika cacat atau rusak, beritahu pelanggan. Atau jika ada kendala dalam pengiriman yang disebabkan kelalaian penjual, sampaikanlah apa adanya dengan pelanggan dengan cara komunikasi yang baik dan ramah.

Kejujuran yang dilakukan penjual akan memberikan rasa aman dan nyaman berbelanja si pelanggan. Bukan tidak mungkin mereka akan kembali lagi berbelanja di toko Anda karena merasa aman saat membeli produk. Mereka tak lagi khawatir mendapatkan produk yang tidak baik.

Lakukanlah pengambilan foto produk sendiri. Jangan mengambil foto dari Google yang mungkin saja berbeda dengan produk yang Anda jual. Berikan deskripsi produk secara jelas dan benar.

Memberikan layanan yang maksimal

Pelayanan terhadap konsumen atau pelanggan merupakan salah satu aspek penting dalam bisnis. Kualitas bisnis Anda serta kepercayaan konsumen terhadap bisnis yang Anda jalankan akan dipengaruhi oleh kualitas layanan yang Anda berikan kepada pelanggan. 

Salah satu cara efektif untuk meningkatkan kualitas pelayanan pelanggan adalah dengan menggunakan fasilitas media sosial. Ya, sejak wabah corona membatasi aktivitas di luar, orang-orang banyak menghabiskan waktu dengan membuka media sosial. Dengan begitu, pemasaran produk melalui media sosial tentu menjadi peluang penjualan. 

Anda hanya perlu memberikan respon cepat terhadap semua tanggapan yang dikirim pelanggan. Apalagi, saat ini media sosial untuk mempermudah interaksi dengan pelanggan. Bila Anda dapat menggunakan media sosial secara optimal, kualitas layanan yang Anda berikan pada pelanggan juga akan dapat menjadi lebih optimal pula.

Komunikasi yang baik juga merupakan salah satu kunci utama dalam memberikan pelayanan pelanggan. Pastikan Anda dapat menjelaskan mengenai produk Anda secara baik dan jelas pada pelanggan sehingga pelanggan menjadi yakin terhadap kualitas produk yang Anda tawarkan.

Memberikan kemudahan dalam berbelanja

Bagi para pelanggan salah satu pertimbangan untuk berbelanja adalah kemudahan, nah bagi Anda yang ingin menarik sebanyak mungkin pelanggan adalah dengan memberikan kemudahan dalam berbelanja.

Yang dimaksud dengan kemudahan berbelanja adalah pelanggan mendapatkan produk hingga proses transaksi pembayarannya. Tentu saja pelanggan tidak ingin menunggu terlalu lama saat situasi pandemi corona hari ini. Setiap orang masih memiliki kekhawatiran tertular jika terlalu lama berada di antara orang-orang banyak.

Maka kuncinya adalah berikan layanan dan kemudahan bagi pelanggan. Selain informasi yang cukup tentang barang ataupun jasa yang ditawarkan juga akan memberikan kemudahan bagi pelanggan, Anda juga harus memberikan layanan transaksi non-tunai. Cara ini juga dapat membuat pelanggan Anda nyaman berbelanja di toko Anda tanpa harus khawatir tertular virus melalui transaksi uang tunai.

Tidak memberikan harga tinggi.

Dalam bisnis, penentuan harga jual sebuah produk tidak boleh diabaikan, jangan pernah menentukan harga jual produk secara sembarangan, harga jual suatu produk akan menjadi penentuan laku atau tidaknya barang tersebut serta berapa keuntungan per produk yang Anda dapatkan.

Faktor pertama yang diperhatikan pelanggan dalam berbelanja adalah harga. Pelanggan juga akan ikut membandingkan harga produk di toko Anda dengan harga jual produk di toko sebelah. Selisih sedikit saja dari harga yang diinginkan akan mempengaruhi psikologis pelanggan dalam berbelanja.

Anda harus memberikan harga barang ataupun jasa jangan terlalu tinggi, sehingga sesuai dengan kantong pelanggan.

Namun walaupun menjual barang dengan harga yang murah bukan berarti tidak memperhatikan kualitas barang tersebut.

Bersih dan tidak berantakan 

Bersih, rapi dan tidak berantakan menjadi hal penting untuk Anda yang berjualan di era new normal ini. Pelanggan akan memperhatikan cara Anda berjualan, kebersihan tempat jualan, dan kualitas produk yang Anda jual. Maklum, setelah beberapa bulan di rumah aja selama PSBB, kekhawatiran akan tertular virus pasti masih besar.

Bersih dan rapi di sini bukan hanya soal meletakkan segala sesuatu pada tempatnya. Ini adalah cerminan kebiasaan, rutinitas, dan pola pikir. Bagi Anda yang berbisnis wajib hukumnya untuk menjaga kebersihan dan kerapian toko Anda. Apalagi memang saat ini semua orang dituntut bersih agar meminimalisir penularan virus. Kebersihan tempat usaha Anda akan memberikan kesan baik bagi pelanggan.

Toko yang bersih, dan rapi akan memberikan rasa nyaman terhadap pelanggan dalam berbelanja di toko Anda. Jika toko Anda berantakan maka akan menjadikan barang-barang yang dijual menjadi kurang menarik dan mengurangi kenyamanan pelanggan dalam berbelanja. 

Kualitas produk terjamin 

Kualitas berkaitan erat dengan kepuasan pelanggan. Kualitas memberikan dorongan khusus bagi para pelanggan untuk menjalin ikatan relasi saling menguntungkan dalam jangka waktu yang panjang dengan Anda. Ikatan emosional semacam ini memungkinkan Anda untuk bisa berkembang bisnis Anda.

Kualitas produk merupakan salah satu kunci persaingan antara pelaku usaha yang ditawarkan kepada pelanggan. Konsumen selalu ingin mendapatkan produk yang berkualitas namun tetap dengan harga yang bersahabat.

Semakin berkualitasnya barang yang Anda berikan kepada pelanggan, maka akan semakin tinggi kepuasan pelanggan terhadap usaha Anda.

Memberikan diskon dengan syarat dan ketentuan

Menawarkan diskon atau potongan harga adalah cara cepat untuk membuat pelanggan membeli barang dagangan Anda.

keuntungan penggunaan potongan harga atau diskon terhadap pelanggan, akan memberikan pengalaman positif terhadap usaha Anda.

Dengan diskon akan mendorong pelanggan untuk memilih produk Anda dibanding kompetitor.

Namun dengan memberikan diskon bukan berarti tidak ingin mendapatkan keuntungan dalam setiap produk yang ditawarkan. Tetap harus memperhatikan margin keuntungan dari setiap produk yang terjual.

Nah salah satu langkah yang perlu diambil adalah dengan memberikan syarat dan ketentuan tertentu setiap diskon yang ditawarkan. Misalnya minimal pembelian Rp500.000 pelanggan mendapatkan potongan harga sebesar 10%.

Dengan begitu Anda masih bisa mendapatkan keuntungan di produk lain yang terjual, meskipun sedikit kehilangan keuntungan di produk lain.

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha