Anda Pedagang Olshop dan Toko Offline? Ini Tips Agar Persediaan Barang Tetap Terjaga

Cerita Teknologi 22 Jun 2020, By Fitri Mariya Amin
Anda Pedagang Olshop dan Toko Offline? Ini Tips Agar Persediaan Barang Tetap Terjaga Tetap jaga persediaan barang Anda dengan tips berikut (Kompasiana)

Jika Anda adalah pedagang online shop yang juga memiliki toko offline, tentu Anda harus memiliki strategi jitu agar penjualan Anda terus meningkat. Menjaga ketersediaan stok juga merupakan salah satu strategi yang harus Anda lakukan. Ketersediaan stok adalah salah satu kunci keberhasilan transaksi di toko Anda. Selain menjaga ketersediaan stok, Anda juga harus selalu memperbaharui stok Anda, agar para pembeli mengetahui jumlah barang yang ada di toko Anda. 50% transaksi gagal dilakukan disebabkan kosongnya ketersediaan stok. Itulah mengapa menjaga ketersediaan stok sangat penting. Agar ketersediaan stok barang untuk toko online dan offline Anda tetap terjaga berikut ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan.

Bernegosiasi dengan supplier dan vendor

Pada masa sulit seperti sekarang, Anda sebagai pelaku usaha harus bergelut dengan stok barang yang menipis dan harga yang melangit. Karena itu Anda akan kesulitan dalam mengoptimalkan ketersediaan stok dan inventaris stok yang buruk juga dapat memperparah penjualan Anda. Cara mengatasinya adalah Anda harus mulai memiliki strategi baru. Salah satunya adalah mencoba untuk bernegosiasi kepada para supplier. Jalinlah komunikasi yang baik agar Anda dapat membicarakan strategi dan rencana Anda kepada supplier. Bicarakan dengan baik bagaimana caranya agar stok untuk toko Anda tetap terjaga. Dengan komunikasi yang baik, Anda akan dengan mudah mengajukan keinginan Anda, seperti cara pembayaran dan perubahan kebijakan lainnya.

Melakukan pengecekan berkala terhadap permintaan online dan offline

Lalukanlah pengecekan secara berkala terhadap permintaan di kedua toko Anda. Pengecekan berkala terhadap permintaan di toko online dan offline sangat penting karena dapat membantu Anda dalam memprediksi tingkat penjualan. Dengan mengetahui besarnya permintaan di kedua toko, akan membantu Anda untuk memprediksi toko mana yang lebih membutuhkan banyak barang. Ketika sudah mengetahui toko mana yang memiliki permintaan lebih besar, itu akan lebih memudahkan Anda untuk mengoptimalkan ketersediaan stok Anda. Anda akan menyediakan stok lebih banyak pada toko yang memiliki permintaan lebih besar. Sehingga stok yang Anda miliki akan terpakai dengan maksimal dan mengurangi tingkat penumpukan stok lebih lama.

Manfaatkan Teknologi sebagai Media Pencatatan

Melakukan manajemen ketersediaan stok dengan baik akan sangat membantu Anda dalam menjalankan usaha. Lakukanlah pencatatan yang baik, rapi dan mudah di akses kembali. Pencatatan ketersediaan stok memberikan beberapa manfaat bagi usaha Anda seperti menghindari kekurangan bahan (out of stock), meningkatkan pemasaran, peningkatan penjualan, pengontrolan ketersedian barang dan membantu dalam mengambil keputusan.

Pencatatan untuk stok meliputi banyak hal yang akan sangat memusingkan Anda dalam membuatnya. Anda dapat memanfaatkan teknologi untuk membantu dalam melakukan pencatatan. Saat ini banyak aplikasi yang dapat digunakan sebagai media pencatatan stok dan lainnya. Youtap adalah salah satu aplikasi yang dapat Anda gunakan. Youtap adalah aplikasi yang berfokus kepada kepentingan pedagang. Youtap menawarkan berbagai fitur yang dapat Anda gunakan seperti, kasir online dengan menggunakan sistem pembayaran tunai dan non tunai, memberikan pencatatan keuangan untuk mengatur cash flow,  selain itu Youtap juga bisa memberikan laporan terkait transaksi yang terjadi seperti ketersedian stok, barang mana yang sering dibeli sehingga memudahkan Anda untuk melakukan analisa bisnis terhadap usaha Anda.

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha