Apa Itu Kontes Media dan Beberapa Keunggulan Promosi Online

Cerita Terkini 24 Jun 2020, By Reky Arfal
Apa Itu Kontes Media dan Beberapa Keunggulan Promosi Online Kontes media online yga (Maxmanroe)

Promosi merupakan suatu aktivitas komunikasi yang dilakukan oleh seseorang atau suatu perusahaan dengan masyarakat luas yang bertujuan untuk memperkenalkan sesuatu  seperti barang, jasa, merek atau perusahaan kepada masyarakat sekaligus mempengaruhi masyarakat luas agar membeli dan menggunakan produk tersebut. Kegiatan pemasaran yang umum dilakukan tenaga pemasaran biasanya untuk memberikan informasi suatu produk dan mendorong konsumen agar melakukan pembelian produk tersebut. 

Saat ini, di era digital perkembangan teknologi dan media informasi telah mengubah cara promosi. Para pengusaha saat ini harus melek teknologi untuk mempromosikan bisnis mereka melalui internet. Selain lebih murah, promosi lewat digital dapat menjangkau banyak orang, serta proses promosinya juga dianggap lebih mudah dan cepat. 

Jika diperhatikan secara seksama, tren di dunia online marketing saat ini, banyak sekali kontes di media sosial yang diadakan oleh perusahaan-perusahaan dari berbagai industri yang menawarkan berbagai hadiah bagi para pesertanya. Kontes media ini juga jadi salah satu trik marketing digital yang sering dilakukan oleh pelaku bisnis. 

Kontes Media sebagai Trik Bisnis

Kontes media merupakan salah satu trik bisnis dengan membuat semacam kontes atau perlombaan untuk para konsumen dengan memberikan hadiah bagi yang mengikutinya. Biasanya kontes media ini seperti kampanye yang bertujuan untuk membagikan postingan tersebut seluas-luasnya, dan dengan begitu secara tak langsung orang-orang akan mengetahui dan ikut meramaikan kontes tersebut. Trik marketing ini sangat efektif karena orang-orang akan dengan senang hati mengikutinya demi mendapatkan hadiah yang dijanjikan.

Kontes media bisa Anda gunakan untuk memancing followers di media sosial online shop Anda, terutama jika rutin Anda lakukan. Selain memberikan efek timbal balik kepada konsumen, Anda secara tak langsung juga membuat reputasi yang baik untuk akun olshop Anda. Anda bisa membuat kontes media ini secara selang-seling dengan postingan produk atau konten-konten menarik yang Anda buat.  

Beberapa Keunggulan Promosi Online 

Perkembangan informasi dan teknologi saat ini memang sangat kencang. Pertumbuhannya yang sangat cepat membuat orang-orang mau tak mau harus berlarian mengejarnya agar tak jauh tertinggal. Percepatan teknologi dan informasi sangat menyentuh dunia bisnis dan pada akhirnya membuat para pelaku bisnis harus ikut mengikuti sekaligus menyesuaikan dirinya pada perkembangan teknologi tersebut.

Salah satu hal yang harus disentuh oleh pelaku bisnis era ini adalah teknologi internet. Saat ini sudah bukan zamannya lagi pelaku bisnis harus melakukan promosi dengan metode konvensional melalui media cetak seperti koran dan majalah atau media elektronik seperti radio, televisi. Meski tetap menambah penjualan, akan tetapi tidak terlalu efektif sebagaimana promosi secara online. Hal ini disebabkan adanya alternatif baru dalam kegiatan promosi bisnis para pengusaha yang sangat berpotensi besar mencapai konversi sesuai yang diinginkan, yaitu promosi via media online.

Media online yang memanfaatkan media internet sekarang memang sudah bukan sesuatu yang asing lagi bagi para pelaku bisnis. Dengan kemudahan, efisiensi dan efektivitas yang ditawarkannya, media internet tentu saja menjadi sebuah solusi bagi mereka yang sulit untuk mendapatkan konversi bagi iklan yang dimilikinya dalam melakukan promosi online. 

Tak terbatas tempat

Menjalankan pemasaran online berarti menjalankan promosi yang tak terbatas dengan tempat, asalkan Anda punya koneksi internet. Anda tidak perlu lagi bertatap muka dengan pelanggan secara langsung, korespondensi hanya melalui e-mail dan internet Anda bisa melakukan semua kegiatan pemasaran dan transaksi penjualan dengan mudah.

Tak terbatas waktu

Pemasaran online sangat menguntungkan jika Anda memiliki produk yang pantas untuk dijual serta bisa dikirim melalui jasa pengiriman. Anda tidak perlu khawatir untuk menentukan waktunya karena selama 24 jam dalam sehari dan 7 hari dalam seminggu pasar online ini akan terus buka. Artinya, promosi yang Anda lakukan di internet akan terus terlihat tanpa batas waktu.

Lebih hemat biaya operasional

Melakukan promosi via media internet tidak membutuhkan biaya yang besar sebagaimana promosi konvensional. Jika Anda harus memasang baliho besar untuk mempromosikan produk Anda secara offline, media internet membuat Anda mengeluarkan biaya yang lebih hemat dengan berpromosi lewat media sosial seperti Instagram dan lain-lainnya.

Lebih mudah menentukan strategi 

Promosi via online membuat Anda lebih mudah menentukan segmentasi pasar terhadap produk-produk yang Anda jual. Misalkan Anda menjual pakaian, Anda bisa mempromosikannya lewat Facebook dengan fitur filter pasar yang sesuai dengan keinginan Anda. 

Produktivitas meningkat

Dengan hasil atau insight yang jelas lewat media digital, olshop Anda pasti akan lebih produktivitas yang lebih tinggi. Anda bisa memaksimalkan keuntungan dan produktivitas bisnis Anda karena semakin meningkatnya para pengguna internet.

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha