Apa itu Whatsapp Business? Manfaat dan Pengaruhnya terhadap Penjualan

Cerita Terkini 24 Jun 2020, By Reky Arfal
Apa itu Whatsapp Business? Manfaat dan Pengaruhnya terhadap Penjualan WhatsApp Business sedikit berbeda dengan WhatsApp yang biasa (ayosemarang)

Sebenarnya apa itu Whatsapp Business atau bisnis dan apa bedanya dengan Whatsapp biasa yang digunakan orang untuk mengirim pesan instan? WhatsApp Bisnis merupakan aplikasi yang dibuat khusus untuk para pelaku bisnis. Bagi Anda yang baru ingin memulai bisnis, aplikasi ini wajib dijadikan salah satu yang Anda miliki. WhatsApp Bisnis menjadi alternatif aplikasi chat khusus bisnis yang sangat bermanfaat bagi para pelaku bisnis, terlebih pebisnis online. Aplikasi ini membantu banyak calon pembeli untuk berkomunikasi ke penjual. Terutama kebiasaan para pembeli di Indonesia yang sering bertanya-tanya dahulu sebelum membeli. 

Adanya fitur-fitur yang dimiliki Whatsapp Bisnis akan memudahkan Anda mengontrol bisnis yang Anda rintis, seperti menjaga komunikasi dengan fitur balas pesan otomatis, meninjau statistik pesan, mengelompokkan pesan sesuai kriteria, dan mempromosikan produk. Di artikel ini, akan dibahas secara ringkas dan jelas apa itu Whatsapp Business, manfaat Whatsapp Business, serta pengaruhnya terhadap penjualan toko online. 

Apa Itu Whatsapp Business dan Apa Bedanya dengan Whatsapp Messenger

WhatsApp Bisnis merupakan aplikasi yang dibuat untuk mempermudah para pelaku bisnis berinteraksi. Fitur-fitur yang disediakan oleh Whatsapp bisnis dapat memudahkan Anda untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Anda dapat membalas pesan secara otomatis, sortir pesan, dan menjawab pertanyaan pelanggan dengan cepat. 

Perbedaan signifikan antara Whatsapp Bisnis dan Whatsapp Messenger terletak pada fitur-fitur yang tersedia. Jika Whatsapp Messenger hanya memuat fitur chat dan story, Whatsapp Bisnis memuat banyak sekali fitur yang menunjang toko Anda. Ada pesan otomatis, label, pengaturan jam buka tutup, bahkan galeri untuk menampilkan foto-foto produk yang Anda jual.

Fitur-fitur Penunjang Penjualan di Whatsapp Business 

Ada sejumlah fitur WhatsApp Bisnis yang terdapat pada Whatsapp Bisnis yang berguna untuk memudahkan Anda berinteraksi dengan pelanggan dengan jumlah yang banyak. Di antaranya sebagai berikut.

Nama Akun Pengguna 

WhatsApp Bisnis memiliki beberapa ketentuan dalam membuat nama akun bisnis resmi yang harus dipatuhi. Ketentuan tersebut di antaranya, Anda tidak boleh menulis nama akun bisnis resmi menggunakan huruf kapital. Kecuali untuk akronim dan hanya huruf pertama pada sebuah kata yang dapat dikapitalkan. 

Kemudian, Anda juga tidak boleh memberikan spasi tambahan di antara kata. Apabila nama bisnis Anda terdiri dari dua kata, Anda hanya dapat menggunakan satu spasi. Lalu Anda juga tidak dapat menambahkan tanda baca, tidak bisa menggunakan emoji, simbol, dan karakter di luar huruf dan angka. Selain itu, nama bisnis Anda tidak boleh hanya terdiri dari nama lengkap seseorang, kurang dari tiga karakteristik umum, dan lokasi geografis umum.

Ketentuan-ketentuan yang diberikan oleh Whatsapp Bisnis ini harus Anda ikuti agar akun bisnis Anda terdaftar sebagai akun bisnis resmi. Jika Anda mengubah nama bisnis, maka toko Anda tidak akan mendapat verifikasi sebagai akun bisnis resmi.

Profil 

Profil WhatsApp Bisnis akan memuat nama, alamat, kategori bisnis, deskripsi, email, dan situs website toko online Anda. Pelanggan bisa melihat dengan mudah informasi tersebut apabila mengunjungi profil bisnis Anda. Pada profil akun bisnis, Anda juga dapat menambahkan halaman Facebook dan Instagram toko Anda dengan mencantumkan URL  pada salah satu form atau kolom situs web.

Pesan Otomatis 

WhatsApp Bisnis menyediakan tiga fitur balas otomatis, yaitu:

  • Away Message—fitur balas pesan otomatis ketika ada pesan masuk dari pelanggan pada luar jam kerja. 
  • Greeting Message—fitur balas pesan otomatis yang bisa Anda kirimkan saat pelanggan pertama kali menghubungi Anda.
  • Quick Replies—fitur ini dapat Anda gunakan untuk membuat teks balasan untuk hal yang sering ditanyakan pelanggan.

Katalog

WhatsApp Bisnis memiliki fitur katalog untuk menampilkan produk dalam profil WhatsApp Bisnis Anda. Fitur ini menampilkan produk Anda ke dalam sebuah etalase digital yang dapat dilihat oleh pembeli. Dalam katalog tersebut, konsumen tidak hanya melihat foto produk, tetapi juga melihat detail keterangan dan harga produk.

Statistik Pesan 

Anda dapat meninjau jumlah statistik pesan yang terkirim, diterima, dan dibaca. Fitur ini membantu Anda untuk meninjau pesan mana saja yang efektif. 

Kategori Bisnis

Anda bisa memilih kategori bisnis yang sesuai lewat dropdown list yang sudah terdaftar. Kategori Bisnis dapat mempermudah para pelanggan untuk mengetahui bisnis apa yang Anda jalankan. 

Label 

Label merupakan fitur pengelompokan chat berdasarkan kriteria, seperti prospek, pesan baru, menunggu pembayaran, dan pesan selesai. Label tersebut dapat Anda hapus atau tambahkan sesuai dengan keinginan Anda. Anda bisa membedakan chat mana yang belum atau sudah melakukan pembayaran. Anda juga bisa melakukan follow-up untuk pelanggan yang belum melakukan pembayaran. 

Tanda Centang Akun Bisnis 

WhatsApp Business akan melakukan verifikasi terhadap akun-akun bisnis melalui nomor telepon yang telah didaftarkan dan memberikan centang berwarna hijau pada akun yang telah terverifikasi. Apabila akun Anda terverifikasi, nama bisnis Anda akan terlihat meskipun pelanggan belum menyimpan kontak Anda dan pelanggan akan melihat tanda centang hijau pada profil Anda atau di samping judul chat. 

Manfaat Whatsapp Business & Pengaruhnya terhadap Penjualan

Memiliki akun Whatsapp Bisnis akan memberikan banyak kemudahan dan tingkat trust yang tinggi kepada para pembeli. Terutama, jika akun bisnis Anda sudah mendapatkan centang atau verifikasi dari Whatsapp Bisnis. Tentu saja, pengaruh Whatsapp Bisnis ini sangat besar terhadap penjualan. Dengan memanfaatkan Whatsapp Bisnis, Anda akan lebih mudah berkomunikasi dengan pelanggan, akun olshop Anda akan lebih terpercaya, dan akan lebih memudahkan Anda dalam  mempromosikan produk-produk terbaru toko Anda.

Secara tak langsung, dengan memanfaatkan Whatsapp Bisnis, Anda telah meningkatkan kualitas pelayanan toko Anda kepada pelanggan, apabila Anda memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan. Misalkan dengan memanfaatkan biodata profil  pada Whatsapp bisnis yang berisi deskripsi bisnis, bisa memasukkan nomor perusahaan (tanpa mengganggu whatsapp personal Anda), Anda pun dapat mencantumkan alamat dan lokasi pasti di peta, jam operasional, dan tautan yang menghubungkan ke media sosial lain.

Di sisi penjualan, Anda pun dapat dengan mudah menandai para pembeli yang sudah selesai bertransaksi & pembeli yang belum bertransaksi dengan fitur label yang super lengkap. Pada fitur ini, Anda bisa menambahkan label seperti pelanggan baru, pesanan baru, menunggu pembayaran, telah membayar, pesanan selesai, dan lainnya. Jadi, secara tak langsung, Anda telah mengkategorikan pembeli yang menghubungi Anda, dan tentu saja, hal ini sangat efektif untuk penjualan serta kepentingan dalam menganalisis bisnis Anda.

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha