Aset Digital sebagai Penunjang Aset Riil

Cerita Peluang Usaha 20 Apr 2020, By Teman Dagang
Aset Digital sebagai Penunjang Aset Riil Aset digital dapat jadi penunjang aset riil yang Anda miliki. (onlinepraktis.com)

Bagi seorang entrepreneurship pasti memiliki aset untuk menunjang aktivitas bisnis. Selain mempunyai modal yang cukup, aset kamu berperan penting dalam menunjang tumbuh kembangnya usaha kamu.

Akan tetapi di era perkembangan teknologi seperti sekarang, tidak sedikit pelaku usaha yang tidak mengetahui ataupun abai tentang aset digital.

Dan hanya fokus pada aset riil yang dimiliki, padahal jika dimanfaatkan secara optimal, asset digital mampu berperan penting dalam menunjang bisnis.

1. Pengertian aset digital dan aset riil.

a. Aset riil

Para ahli keuangan mendefinisikan pengertian sederhana aset adalah semua sumber ekonomi atau kekayaan yang dimiliki oleh suatu entitas yang diharapkan dapat memberikan manfaat usaha di masa depan. Di dalam ilmu akuntansi, aset atau aktiva dimasukkan dalam neraca dengan saldo normal debit.

Sumber ekonomi atau kekayaan tersebut adalah semua sumber daya yang dimiliki, baik itu dalam bentuk benda ataupun hak kuasa yang diperoleh di masa lalu dan dimaksudkan agar memberikan manfaat di kemudian hari.

Untuk mendapatkan pengakuan sebagai aset, maka semua sumber ekonomi tersebut terlebih dahulu harus dapat diukur dengan satuan mata uang, baik itu dollar, rupiah, atau mata uang lainnya.

b. Aset digital 

Aset digital memang belum sekondang aset-aset lain seperti properti, tempat usaha, modal, kendaraan dan seterusnya.

Namun, di era teknologi maju seperti sekarang ini dan internet menjadi hal yang primer, hampir semua orang memiliki aset digital tanpa mereka sadari.

Aset digital secara sederhana dipahami sebagai aset yang cakupannya tidak hanya sebatas uang, tetapi juga bernilai emosional, bersifat pribadi dan rahasia. Contoh konkret aset digital seperti akun sosial media, domain blog atau ID untuk menjual barang secara online, dan seterusnya.

2. Perbedaan aset riil dan aset digital

Dalam terminologi akuntansi, aset adalah sumber daya yang dimiliki, dan atau dikuasai suatu entitas.

Real assets merupakan assets (aktiva) berwujud yang nyata yang dapat dilihat, disentuh dan dimanfaatkan secara langsung. Contoh real assets ini ialah rumah, peralatan, kendaraan, inventori dan lain sebagainya. 

Sedangkan aset digital dimaknai sebagai produk yang dimiliki seseorang dalam bentuk media dalam format digital (binary), dan memiliki nilai ekonomi bagi Anda. Hal ini tidak melulu bicara soal investasi dalam bentuk uang.

Sebagai contoh, jika Anda memiliki website, toko online, atau mendaftarkan akun Anda di media sosial untuk pengembangan bisnis, maka Anda sudah sudah bisa dibilang memiliki aset digital.

Lebih jauh, aset digital juga bisa dimaknai sebagai alat investasi non-fisik yang bisa menguntungkan bagi Anda. Seperti pemanfaatan mata uang kripto (cryptocurrency) dan emas non fisik. Aset-aset ini terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi.

3. Bagaimana aset digital bisa membantu mengembang usaha

Di era serba digital saat ini, kepekaan seorang pebisnis terhadap perkembangan teknologi mutlak diperlukan. Selain memang untuk perkembangan bisnisnya juga untuk meningkatkan persaingan dengan kompetitor.

Di era industri 4.0 kamu mampu mendokumentasikan informasi atau menyimpan data-data yang penting yang kita miliki sebagai creator ataupun bisnis agar bisa di akses oleh target market kita.

Content, follower, subscriber, email list, website, leads dan app adalah beberapa bentuk dari digital asset yang dimiliki oleh brand, ataupun pelaku bisnis.

Sebagai individu atau bisnis yang bergerak di dunia bisnis kamu harus mampu memanfaatkan aset digital yang kamu miliki.

Melalui aset digital yang kamu miliki, harus dimaksimalkan untuk menjangkau orang yang lebih banyak.

Semakin banyak orang yang kita jangkau maka semakin besar kemungkinan kita untuk mendapatkan trust, attention dan calon pelanggan untuk bisnis kamu. Goalsnya bisnis kamu akan semakin berkembang dan maju.

Bagaimana, tertarik memanfaatkan aset digital?

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha