Belajar dari Raffi Ahmad Bagaimana Mengelola Bisnis hingga Tetap Mempertahankan Karyawan Selama Pandemi Covid-19

Cerita Sukses 21 Jun 2020, By Delviadry Ruvi
Belajar dari Raffi Ahmad Bagaimana Mengelola Bisnis hingga Tetap Mempertahankan Karyawan Selama Pandemi Covid-19 Raffi Ahmad dapat mempertahankan karyawannya di masa pandemi (WowKeren)

Tak hanya bergelut di dunia entertainment, ternyata Raffi Ahmad juga memiliki banyak bisnis yang dikelolanya. Bidang usaha yang digeluti oleh suami Nagita Slavina ini tak jauh-jauh dari profesinya. Bisnisnya mulai dari makanan berupa keripik, rumah produksi, bisnis fashion, dan masih banyak jenis bisnis lainnya. Saking banyaknya, bahkan Raffi sering lupa bisnis apa saja yang dikelolanya. Kini, saat dunia ditimpa wabah corona, Raffi Ahmad merasakan dampak yang cukup kuat dari bisnisnya karena harus mempertahankan bisnis-bisnis yang dikelolanya.

Raffi termasuk salah satu pebisnis yang masih mempertahankan karyawan-karyawannya di tengah terpuruknya ekonomi secara global ini. Banyak sekali bisnis yang terancam gulung tikar dan mulai mem-PHK karyawannya secara besar-besaran untuk menyelamatkan nasib perusahaannya. Berbeda dengan Raffi Ahmad yang melakukan berbagai upaya untuk tetap mempertahankan para karyawannya selama pandemi Covid ini. Apa saja sih yang dilakukan oleh Raffi Ahmad untuk tetap bisa survive saat ini?

Sudah Memperkirakan Kondisi Terburuk Sejak Awal

Salah satu hal yang dipikirkan oleh Raffi Ahmad sejak lama adalah kondisi terburuk yang akan terjadi di saat pandemi. Memperkirakan kondisi terburuk ini adalah langkah yang tepat bagi pengusaha untuk berjaga-jaga dan menentukan strategi bisnisnya ke depan. Pada titik ini, Raffi Ahmad berada satu langkah didepan yang lain untuk bersiap-siap apabila dugaannya tersebut benar. Tentu saja, dengan memperkirakan kondisi yang akan terjadi kedepan, Raffi pun telah menyiapkan rencana-rencana yang akan digunakannya dalam kondisi-kondisi yang sangat mendesak. 

Menggunakan Tabungan Pribadi untuk  Mempertahankan Karyawan

Untuk tetap mempertahankan bisnis-bisnis sekaligus para karyawannya, Raffi bahkan menggunakan tabungan pribadinya untuk mempertahankan karyawannya. Poin pentingnya adalah Raffi berani menggunakan uang pribadinya untuk mempertahankan tim yang telah solid bersama di bisnis-bisnisnya. Perlu diketahui juga bahwa mempertahankan karyawan itu sangat penting untuk menjaga stabilitas bisnis Anda. Sebab mereka sudah mengerti cara dan pola Anda dalam menjalankan bisnis.

Tak hanya, dengan mempertahankan karyawan di tengah kesulitan ini akan membuat mereka merasa lebih dihargai. Sehingga kedepannya dapat dipastikan akan bekerja lebih optimal. Langkah Raffi dalam mempertahankan pegawainya ini pasti akan dibalas suatu saat oleh mereka dengan memberikan kemampuannya secara total.

Kelola Keuntungan untuk Membantu Bisnis Lainnya

Anda pasti tahu bahwa Raffi saat ini juga menyentuh platform Youtube untuk menambah pundi-pundi penghasilannya. Jangan kira pendapatan dari Youtube ini kecil, saat ini, bahkan Youtube jadi salah satu ladang digital yang digarap oleh banyak sekali orang untuk mendapat keuntungan sebesar-besarnya. 

Pandemi yang membuat banyak aktivitas di luar terhambat ini dijadikan Raffi sebagai momentum untuk mengembangkan channel Youtube-nya. 

Penghasilannya dari sanalah yang menjadi salah satu penutup kerugian pada bisnis-bisnisnya yang mandeg. Cara ini mesti Anda tiru. Kembangkanlah bisnis yang masih memiliki profit semaksimal mungkin untuk menutup kerugian di bisnis-bisnis yang terdampak pandemi. Pada kasus Raffi Ahmad, ia memanfaatkan platform Youtube-nya untuk membayar gaji-gaji karyawannya.

Menjadi Lebih Produktif

Salah satu kegiatan yang terus dilakukan oleh Raffi Ahmad dan keluarga adalah terus produktif. Menjadi produktif di saat pandemi dapat membuat otak Anda menjadi lebih segar dan bisa mengurangi stress. Meski harus memikirkan banyak hal, Anda harus selalu sehat secara fisik dan mental. Untuk tetap produktif, Anda harus berada pada kondisi maksimal diri Anda. Tentu saja, untuk dapat mengambil kebijakan untuk bisnis, Anda mesti dalam kondisi prima. Dengan terus menjaga produktivitas diri Anda, maka dapat dipastikan bisnis Anda akan dapat survive di tengah kerasnya hantaman pandemi ini.

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha