Bercermin dari Pedagang Bakso, Semua Orang Bisa Sukses Berdagang di Era Digital

Cerita Sukses 23 Jul 2020, By Teman Dagang
Bercermin dari Pedagang Bakso, Semua Orang Bisa Sukses Berdagang di Era Digital Semua orang bisa sukses berjualan di era digital (Zomato)

Eko Sriyantono tak menyangka saat ini ia menggandeng nama sebagai pengusaha bakso sukses. Meski mengaku bukanlah bisnis pertama yang ia jalankan, keberhasilan bakso malang miliknya ini ternyata juga melalui rintangan yang sangat besar.

Usaha bakso yang ia beri nama “Cak Eko” ini sukses memikat hati pecinta makanan berkuah. Kesuksesan Eko berjualan bakso dimulai ketika dirinya melihat sebuah gerai bakso yang sangat ramai dikunjungi orang-orang. Berangkat dari hal tersebut, Eko pun memutuskan untuk membuat resep bakso khasnya sendiri. Ia optimis dan semangat mengerjakan semuanya dari awal.

Resep yang ia coba buat itu melalui uji coba hingga dinyatakan enak oleh salah satu rekanannya. Kemudian ia memutuskan membuka gerai bakso dengan nama “Cak Eko”.

Tak perlu modal yang besar, Eko membuat gerai sederhana untuk baksonya hanya dengan modal hanya Rp2,5 juta saja. Berlokasi di Kota Bekasi, Eko telaten, serius, dan semangat menjalankan usaha baksonya. Berkat ketelatenannya tersebut, Eko berhasil mengembangkan gerai Bakso Cak Eko di beberapa tempat.

Rahasia Sukses Bisnis Bakso a la Eko

Mungkin tak banyak pelaku usaha seperti Eko. Meski memulai usaha dari nol dan terbilang usaha kecil, Eko tak melupakan instrumen atau strategi bisnis sederhana untuk menjalankan usaha yang sehat.

Kali ini, Temandagang.id akan mencoba membeberkan rahasia sukses bisnis bakso Cak Eko. Pembahasan bukan tentang resep yang telah diracik Eko, tapi lebih ke bagaimana mengetahui faktor penting di balik kesuksesan Bakso Cak Eko.

Melakukan uji produk

Dari cerita di atas, Anda tentu tahu bagaimana perjuangan dan tekad Eko di awal merintis usahanya. Ia memulai benar-benar dari nol bahkan harus meracik sendiri resep bakso yang pas untuk bisnisnya.

Eko juga tidak terburu-buru menjual bakso hingga menemukan rasa bakso yang enak dan khas. Setelah mendapat pengakuan “enak” dari rekannya, barulah Eko mulai memikirkan untuk membuka gerai.

Melakukan uji coba produk saat memulai usaha sangatlah penting diperhatikan oleh pelaku usaha. Apalagi jika ingin memulai usaha makanan. Sebab rasa adalah kunci utama mendapatkan banyak pelanggan.

Berani memulai

Keberanian Eko harus Anda contoh. Meski tidak memiliki modal yang besar, ia masih semangat dan optimis bisa membuka usahanya. Hal inilah yang sering kali menghambat orang-orang yang ingin memulai usaha.

Ketakutan berlebihan terhadap produk membuatnya tidak berani memulai, seperti takut tidak laku, takut tidak bisa bersaing, modal terlalu sedikit, dan banyak jenis alasan takutnya. Padahal tidak sulit untuk memulai suatu usaha, yang penting optimis dan punya semangat yang tinggi.

Anda harus banyak belajar dari Eko. Ia mampu melawan rasa takutnya hingga akhirnya meraih kesuksesan dalam menjalankan bisnis bakso.

Telaten dan jujur

Telaten dan jujur adalah dua hal yang mengantarkan Eko ke dalam kesuksesan bisnis bakso. Jika Anda ingin sukses, contohlah Eko yang selalu semangat dan telaten pada bisnis baksonya.

Ketelatenan jika tidak dimiliki pelaku usaha, bisa jadi awal kebangkrutan usahanya. Banyak pelaku usaha yang akhirnya gulung tikar lantaran tidak telaten menjalankan bisnis.

Selain telaten, Cak Eko juga memberikan rasa bakso terbaik untuk pelanggannya. Kejujuran Eko ada pada kandungan dalam baksonya. Eko sama sekali tidak menggunakan bahan pengawet dan zat berbahaya lainnya. Kejujuran ini membawa Eko menjadi penjual bakso yang beromzet miliaran rupiah.

Tidak mudah menyerah

Tidak mudah bagi Eko untuk membuka banyak gerai Bakso Cak Eko yang tersebar di seluruh Indonesia. Tapi ia tak pernah menyerah, dari mulai membuka bisnis bakso hingga menjalankannya. Meski saingan bakso ada di mana-mana.

Menyusun strategi bisnis yang baik

Poin penting yang harus Anda lakukan saat menjalankan bisnis, tak terkecuali bisnis bakso, cobalah menyusun strategi bisnis sederhana.

Jika cak eko memilih bisnis waralaba sebagai strategi pemasarannya, Anda bisa memulai lebih sederhana lagi. Meski sistem waralaba dianggap sebagai sistem paling tepat untuk mengembangkan bisnis.

Anda bisa mencoba strategi lain, yaitu memanfaatkan media sosial pribadi. Anda bisa melakukan promosi di masing-masing media sosial yang Anda miliki, seperti Instagram, Facebook atau Whatsapp.

Kemudian, cobalah dengan menerima pesanan online dari hasil promosi di media sosial. Manfaatkan aplikasi ojek online untuk mengantarkan pesanan kepada pelanggan Anda.

Jangan lupa lengkapi metode pembayaran yang fleksibel, bisa tunai ataupun non-tunai. Untuk memudahkan Anda memiliki catatan transaksi yang rapi, Anda bisa menggunakan aplikasi Youtap. Aplikasi ini membuat Anda bisa menerima metode pembayaran apapun. Aplikasi ini juga membantu Anda membuat pembukuan usaha yang rapi dan tertata, bahkan Anda dapat dengan mudah mengetahui keuntungan penjualan setiap harinya.

Cara menggunakan aplikasi Youtap cukup mudah. Anda hanya perlu mendownload melalui smartphone Anda. Jadi, sudah siap sukses seperti Cak Eko?

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha