Berniat Membuat Usaha Anda Lebih Kekinian? Ini Caranya

Cerita Peluang Usaha 20 Apr 2020, By Teman Dagang
Berniat Membuat Usaha Anda Lebih Kekinian? Ini Caranya Menjadikan usaha Anda lebih kekinian tidak ada ruginya. (cermati.com)

Tentunya sudah tidak asing lagi bahwa cara kerja bisnis dagang ini adalah langkah mencari keuntungan dengan cara jual beli barang yang diperdagangkan itu sendiri.

Secara matematis jika dagangan tersebut terjual laris, maka akan berdampak pada profit usaha menjadi semakin cepat tumbuh dan tentunya keuntungan akan lebih mudah didapatkan.

Namun tidak jarang para pedagang malah mendapatkan keuntungan yang sedikit, walaupun secara kuantitas penjualan meningkat.

pangkal persoalannya masih menggunakan kebiasaan lama, dan konvensional, dengan prinsip masih ada pembeli dan peminat barang dagang.

Padahal di era kekinian persaingan semakin ketat dan strategi bisnis semakin berkembang, dan teknologi berkembang pesat, fenomena ini harus diadaptasikan para pedagang untuk menunjang keberlangsungan usaha.

Setidaknya ada beberapa langkah yang bisa diterapkan para pedagang untuk menunjang perkembangan bisnis, apa saja itu.

Mencatat setiap transaksi

Kunci sukses menjalankan bisnis Anda adalah kemampuan mengelola keuangan usaha, faktor dasar adalah tertib mencatat semua transaksi masuk dan keluar.

Pembukuan keuangan yang jelas dan sistematis, maka Anda akan bisa melihat apa-apa saja yang memang dibutuhkan dalam usaha Anda. Dan ketika Anda ingin mengeluarkan uang untuk kebutuhan itu, nantinya dapat mengacu pada kondisi keuangannya. Sehingga Anda tidak sekadar membelanjakan uang dengan cuma-cuma, tetapi benar-benar membelanjakan yang sesuai dibutuhkan untuk meningkatkan produktivitas.

Anda juga tahu kapan harus mengeluarkan biaya ini itu. Kalau memang kondisi keuangan kurang surplus, Anda bisa melakukan ini, begitu juga sebaliknya.

Anda akan bisa memantau kinerja keuangan usaha Anda apakah sedang dalam kondisi untung atau rugi. Kalau tanpa adanya pembukuan, mustahil akan bisa melihat apakah usaha ini rugi atau laba. Apalagi jika sudah mendekati akhir tahun, Anda harus tahu sebenarnya usaha Anda dalam kurun waktu setahun bagaimana.

Mencatat persediaan stok

Bagi Anda yang berbisnis pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya persediaan barang dagang, akan tetapi, tidak semua entrepreneur menerapkan sistem pengelolaan persediaan yang mumpuni untuk menunjang bisnisnya.

Padahal, dengan mengelola persediaan secara baik dan rapi tentunya akan sangat membantu pebisnis untuk menjalankan operasional harian maupun melakukan perencanaan ke depan.

Dengan melakukan pencatatan stok barang dagang Anda bisa memangkas  biaya-biaya yang harus dikeluarkan. Ambil contoh, Anda bisa membuat biaya membeli persediaan menjadi lebih murah, karena setiap pembelian persediaan biasanya akan melahirkan konsekuensi berupa biaya-biaya yang harus ditanggung pebisnis.

Biaya tambahan seperti harga persediaan yang dibeli, biaya pengiriman, biaya administrasi dan PPN, serta biaya penyimpanan jika barang sudah dibeli.

Ketika Anda memiliki catatan rantai pasokan yang baik dan rapi Anda dapat memperkirakan kebutuhan barang dagang beberapa waktu kedepan, sekaligus memprediksi modal yang akan keluar.

Menggunakan Software

Setiap bisnis tentu perlu melakukan berbagai inovasi dan improvement untuk bisa memaksimalkan produktivitas kerja. Adanya teknologi memungkinkan pedagang untuk bisa menggunakan berbagai software dan hardware untuk menunjang kinerja usaha Anda.

Tidak hanya itu, pedagang bisa memaksimalkan proses kerja dengan manajemen tugas yang baik melalui teknologi. Pedagang bisa bisa memantau kinerja harian usaha menggunakan software dan dapat diakses dimana saja serta kapan saja. 

Produktivitas kerja bisa ditingkatkan dengan memanfaatkan teknologi. Asalkan dapat memilih teknologi yang tepat dan sesuai dengan fungsi yang kamu butuhkan.

Tinggal Anda yang memilih software yang tepat untuk menunjang bisnis Anda.

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha