Bingung dengan Istilah-istilah Online? Pelajarin Yuk

Cerita Terkini 16 Jun 2020, By Reky Arfal
Bingung dengan Istilah-istilah Online? Pelajarin Yuk Istilah belanja online mungkin akan terasa membingungkan, yuk pelajari! (GNFI)

Jika baru-baru ini Anda mulai terjun ke dalam bisnis online, Anda pasti mengalami sedikit kesulitan dalam memahami istilah-istilah baru yang digunakan di dunia digital. Meski Anda tidak perlu minder dan kikuk dalam beradaptasi. Ada banyak sekali tempat atau media untuk mempelajari istilah-istilah tersebut, dan lambat laun, Anda juga akan memahaminya apabila sudah terbiasa.

Kenapa Perlu Mengetahui Istilah-istilah dalam Bisnis Online

Kebingungan dalam membaca istilah-istilah dalam bisnis online itu sangat wajar. Justru, Anda mesti mempelajarinya satu demi satu untuk memudahkan Anda dalam bertransaksi ke depannya. Sebab, istilah-istilah ini sangat penting untuk Anda ketahui guna membuat berbagai plan marketing ke depan. Misalkan Anda ingin membuat strategi promosi yang pas untuk mengarahkan traffic ke website yang Anda miliki, maka Anda harus mempelajari istilah dan cara kerja Online Presence. 

Dengan kata lain, Anda tidak bisa masuk ke dalam dunia bisnis berbasis digital ini tanpa pengetahuan sedikitpun. Harus ada peningkatan wawasan dari diri Anda untuk membongkar-pasang pola berjualan yang nantinya Anda gunakan dalam berjualan. 

Pengaruh Pedagang yang Tahu Istilah Online Terhadap Penjualan

Ada banyak sekali manfaat dari mengetahui istilah-istilah dalam bisnis online, salah satunya dapat memaksimalkan penjualan toko Anda. Istilah-istilah online yang jarang Anda dengar itu bisa membuat toko Anda lebih berpeluang untuk muncul di bagian atas pada mesin pencarian. Salah satu istilah dalam bisnis online yang wajib sekali Anda ketahui adalah SEO atau Search Engine Optimization, yakni metode yang mengharuskan Anda membuat kata kunci yang pas untuk produk Anda sehingga produk Anda bisa menjangkau banyak pembeli yang tepat. 

Di samping  itu, istilah online ini akan sangat membantu Anda dalam membuat konten-konten menarik yang nantinya akan memancing pengunjung ke toko Anda. Misalkan Anda membuat suatu konten dengan tajuk CTA atau Call to Action. Artinya, Anda sedang mengajak orang-orang untuk melakukan suatu aksi, bisa berupa charity atau kegiatan amal, dengan membeli produk Anda, maka sebagian hasilnya akan disumbangkan dan lain sebagainya. Cara-cara seperti butuh satu istilah atau tajuk, bukan? Oleh karena itu, mengetahui istilah-istilah populer ini dapat meningkatkan traffic yang positif ke toko online Anda.

Daftar Istilah-Istilah dalam Bisnis Online yang Mesti Diketahui

Buyer - dipakai dalam bahasa online shop yang artinya pembeli atau orang yang akan membeli suatu barang.

Seller - merupakan kebalikan dari Buyer, yang artinya penjual. Seller adalah pemilik online shop atau orang yang menjual barang kepada Buyer.

COD (Cash On Delivery) - Istilah COD juga sering sekali digunakan oleh orang-orang yang melakukan transaksi secara online. COD atau Cash On Delivery adalah cara pembelian dimana penjual dan pembeli akan janjian bertemu di suatu tempat untuk cek barang, ataupun pembayaran. Jadi dengan ini pembeli dapat mengecek kondisi barang secara detail, sehingga resiko penipuan akan menjadi sedikit.

Resi - merupakan bukti pembayaran secara tertulis ketika seseorang akan mengirimkan barang. Nah, jika Anda telah membeli suatu barang, maka jangan lupa untuk menagih resi kepada si penjual atau seller

Booked/booking - suatu kondisi dimana suatu barang sudah dipesan oleh seseorang, sehingga si penjual akan mengatakan bahwa barang sudah di book orang lain. Sedangkan booking sendiri adalah dimana Anda akan memesan barang si penjual. Biasanya untuk melakukan booking sendiri membutuhkan DP atau uang jaminan.

Sold - barang sudah terjual. Pernyataan ini digunakan untuk menyatakan bahwa kondisi barang sudah terjual laku.

Return - berarti mengembalikan, biasanya return dilakukan ketika seseorang mendapatkan barang yang cacat ketika membeli sebuah barang. Maka pembeli dapat melakukan return atau pengembalian kepada si penjual atau menukarnya.

Refund - Berbeda dengan return, refund berarti membatalkan transaksi yang sudah disepakati. Refund mungkin bisa dilakukan apabila ada kesalahan teknis seperti uang sudah terlanjur di transfer, ternyata stok barang kosong, sehingga pihak pembeli dapat meminta refund atau pengembalian uang.

Ready stock - berarti bahwa stock barang yang ada tersedia untuk dipesan oleh calon pembeli.

Out of stock - merupakan kebalikan dari Ready Stock, yakni stok yang ada di tangan penjual sedang kosong, maka pembeli harus menunggu hingga stock yang ingin dipesan kembali ready.

Testimonial - adalah pernyataan dari pihak pembeli mengenai produk ataupun jasa yang dijual oleh si penjual. Fungsi dari testimonial ada untuk meyakinkan pelanggan lain mengenai barang atau jasa yang diperjual belikan.

Restock - berarti bahwa barang yang ada sedang dalam posisi kosong, namun dari pihak penjual akan segera menyiapkan kembali atau memperjualbelikan kembali barang yang dalam keadaan kosong.

Reseller - merupakan orang yang menjual barang milik orang lain kepada pelanggannya. Istilah lain dari Reseller adalah calon yang menjual kembali barang yang sudah dibeli.

Trusted seller - atau yang berarti penjual terpercaya merupakan suatu cap atau pengakuan oleh banyak orang bahwa si penjual merupakan seorang penjual yang terpercaya.

PO (Pre Order) - Istilah PO sangat sering didengar dalam dunia online. Arti dari PO atau Pre Order sendiri adalah proses pemesanan suatu barang yang posisi barangnya akan dipesankan oleh seller, sehingga si pembeli akan membayar terlebih dahulu, kemudian si seller akan memesankan atau membuatkan barang yang dipesan kepada pembeli.

Supplier - adalah sebutan untuk pihak yang memberikan pasokan barang untuk dijual kepada si penjual.

DP (Down Payment) - atau biasa disebut dengan DP adalah pembayaran yang dilakukan oleh pembeli kepada penjual, namun nominal yang dibayarkan tidak seluruhnya, bisa saja setengah maupun seperempat dari harga yang dibeli. Biasanya sistem DP digunakan untuk Pre Order.

FP (Full Payment) - merupakan kebalikan dari DP, yang mana pembeli akan melakukan pembayaran secara total terhadap harga yang ditentukan.

Dropship - dropship mungkin hampir sama dengan Reseller, namun perbedaan utamanya adalah jika dropship merupakan seseorang yang menjual suatu produk dengan mengatasnamakan pihak kedua selaku seller atau si penjual.

Hit and run - Jika yang satu ini mungkin jarang didengar di dunia online, namun masih ada saja yang menggunakan istilah Hit And Run ini. Hit And Run berarti seseorang yang berjanji ingin membeli suatu barang, namun ternyata dia malah kabur. Atau juga berlaku bagi orang yang suka tanya mengenai barang, tetapi tak kunjung membelinya.

Ongkir - Ongkir atau biasa disebut pula dengan ongkos kirim adalah biaya tambahan yang akan dikenakan oleh pembeli karena pengiriman barang. Jadi dalam mengirimkan barang butuh biaya yang disebut Ongkir.

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha