Cara Mudah Membuat Deskripsi Produk Menarik untuk Bisnis Online Laris Manis

Cerita Terkini 21 Agt 2020, By Teman Dagang
Cara Mudah Membuat Deskripsi Produk Menarik untuk Bisnis Online Laris Manis Deskripsi yang menarik juga membuat usaha online Anda laris manis (Kolomsatu)

Berjualan online memang butuh cara kreatif untuk dapat menarik minat beli pada konsumen. Anda mungkin merasa akun bisnis media sosial yang digunakan untuk berdagang online masih sepi peminat. Misalnya saja Instagram atau Facebook, belum banyak pesanan yang berawal dari unggahan produk di media sosial tersebut? Apa yang salah? Tidak ada. Anda hanya perlu sedikit berdagang kreatif, misal dengan membuat deskripsi produk menarik untuk bisnis laris manis.

Coba Anda perhatikan informasi atau deskripsi pada produk yang Anda posting di media sosial. Jika hanya sebatas foto dan nama produk, Anda harus mulai membenahinya.

Deskripsi produk sangat penting untuk menunjang penjualan Anda. Apalagi jika produk tersebut dipasarkan secara online. Gambar saja tidak akan pernah cukup untuk mendeskripsikan atau menjelaskan kapasitas dan kualitas produk yang Anda jual, apapun jenis produknya. Baik makanan, baju, atau lainnya.

Kemudian, informasi yang tidak detail atau tidak lengkap juga merupakan kesalahan yang harus dibenahi oleh pelaku usaha online. Misal, hanya menyertakan harga dan kegunaannya saja. Padahal, spesifikasi produk merupakan hal yang penting untuk disampaikan kepada konsumen di pasar online.

Anda sebagai pemilik toko online harus menyertakan informasi selengkap-lengkapnya. Anda harus menuliskan perihal keunggulan dan keunikan produk yang dijual. Bila perlu, tulislah mengenai cara menggunakan produk, apa hal yang tidak boleh dilakukan, dan informasi yang dianggap dapat menarik minat pembeli untuk memutuskan membeli produk Anda.

Apa Manfaatnya?

Membuat deskripsi produk sama dengan ketika Anda menjelaskan secara langsung kepada pelanggan yang datang ke toko fisik. Informasi yang Anda sampaikan tentu membuat pelanggan tersebut tertarik terhadap produk yang Anda tawarkan, bukan?

Begitu pula halnya dengan deskripsi produk yang Anda posting di toko online Anda. Deskripsi produk dapat menjadi cara mengedukasi atau memperkenalkan produk kepada pembeli. Sebab, tidak semua produk sudah dikenal secara luas. Sehingga penting bagi pembeli untuk melihat dan meneliti informasi lengkap sebuah produk. Apalagi jika produk itu merupakan barang baru. Anda harus menginformasikan keunggulannya.

Cara Membuat Deskripsi Produk Paling Benar

Jika Anda kesulitan membuat deskripsi produk dagangan dengan benar, tim Temandagang.id telah menyiapkan cara mudah mendeskripsikan produk yang dihimpun dari berbagai sumber:

  1. Cari tahu target pasar

Target pasar adalah pembeli yang potensial membeli produk di toko online Anda. Target pasar bisa dipetakan dari rentang umur, karakter, profesi, pendidikan, penghasilan, dan lainnya. Dari sini, Anda dapat membuat deskripsi produk yang tepat sesuai dengan target pasar.

Dengan begitu, Anda bisa membuat deskripsi yang dekat dan bahasa yang sesuai. Anda juga bisa mempresentasikan produk sesuai kebutuhan. Misal, Anda memiliki target pasar rentang umur 20-30 tahun. Anda bisa menggunakan bahasa yang kekinian dan akrab dengan dunia mereka.

  1. Gunakan kalimat pasif

Kalimat pasif dekat dengan kalimat bujukan secara halus. Jenis kalimat ini dapat membantu Anda meyakinkan pembeli untuk memutuskan pilihannya di toko online Anda.

Kalimat persuasif dikenal sebagai teknik soft selling, yaitu teknik menjual produk dengan cara halus. Biasanya berupa dorongan yang jarang disadari oleh pembeli.

  1. Tuliskan manfaat, fitur, dan keunggulan produk

Deskripsi produk yang benar harus mencantumkan tiga informasi penting, yaitu manfaat, fitur, dan keunggulan produk. Deskripsi dengan ketiga informasi ini akan membantu calon pembeli mempertimbangkan untuk melakukan pembelian atau tidak.

Jika gagal menyampaikan salah satu dari tiga informasi tersebut, misal keunggulan produk, dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan pengunjung toko online Anda.

  1. Hindari kata-kata yang berlebihan

Anda hanya perlu menjelaskan tentang produk secara detail dan orisinil. Kata-kata berlebihan justru akan membuat pembeli yang membaca kurang tertarik. Apalagi jika produk ditulis terlalu sempurna. Ini akan memancing kecurigaan pembeli. Sebab pada umumnya setiap produk pasti memiliki kelemahannya

Contoh Kalimat Deskripsi

Berikut ini adalah contoh kalimat yang mungkin bisa membantu Anda dalam membuat deskripsi produk dengan benar:

  1. Deskripsikan manfaat produk

Misalkan saja Anda seorang penjual jaket A. Jaket ini memiliki banyak fungsi dan sangat kekinian. Anda bisa membuat deskripsi produk seperti:


Jaket A Multifungsi adalah jenis jaket yang bisa digunakan untuk melindungi tubuh dari paparan angin secara langsung. Jaket ini juga berfungsi sebagai mantel hujan. Cocok digunakan untuk semua jenis kegiatan tanpa mengurangi kenyamanan penggunaannya.”

  1. Deskripsikan bahan baku produk

Masih dengan Jaket A, anda bisa membuat informasi begini:

Jaket A multifungsi terbuat dari bahan taslan. Bahan ini tahan air dan tidak ditembus angin. Cocok digunakan untuk Anda yang banyak beraktivitas di luar ruangan atau pengendara motor.”

  1. Deskripsikan cara merawat produk

Anda perlu menginformasikan kepada pembeli bagaimana cara merawat produk yang Anda jual dengan baik. Misal pada kasus Jaket A, Anda bisa menuliskannya:

Cara mencuci Jaket A sebaiknya jangan dikucek dengan tangan. Rendamlah jaket ini dengan air hangat selama 30 menit. Setelahnya cuci dengan mild soap. Jika ada noda, sikat jaket dengan lembut satu arah serat untuk menghindari kerusakan pori-pori jaket. Lalu bilas dan keringkan dengan cara diangin-anginkan. Saat menyetrika, lapisi dengan kain.”

  1. Cantumkan variasi dengan jelas

Berikut ini contoh kalimat saat produk memiliki varian warna dan ukuran:

Jaket A Multifungsi tersedia dalam ukuran M dan L, dengan pilihan warna hitam, merah marun, cokelat, dan abu-abu. Warna pada foto asli. Jika terdapat perbedaan, hanya karena pengaturan monitor dan efek cahaya pada layar monitor Anda.”

  1. Lengkapi dengan promo produk

Anda bisa melengkapi deskripsi dengan promo produk yang sudah Anda buat. Jangan lupa untuk memberi jaminan juga agar pembeli semakin mantap untuk memilih produk di toko online Anda.

Dapatkan jaminan 100% uang kembali jika produk yang diterima tidak sesuai dengan gambar dan deskripsi kami. Kemudian untuk setiap pembelian 3 pcs, Anda akan mendapatkan potongan harga sebesar 25%. Dan untuk pembelian 5 pcs, Anda akan mendapatkan subsidi ongkos kirim.”

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara membuat deskripsi produk menarik untuk bisnis online laris manis. Selamat mencoba.

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha