Digital Marketing 101: Memilih Media Sosial yang Tepat untuk Usaha

Cerita Teknologi 9 Jul 2020, By Elna Ayu Pinaringtyas
Digital Marketing 101: Memilih Media Sosial yang Tepat untuk Usaha Menentukan media sosial yang tepat juga penting untuk marketing (Okezone)

Berbagai platform media sosial terus berdatangan ke Indonesia. Menariknya, setiap platform media sosial yang memperkenalkan diri di Indonesia selalu dilirik dan berhasil menemukan pangsa pasar yang pas.

Head of Business Unit Dwi Sapta Group Chandra Marsono pernah mengungkapkan beberapa tren penggunaan platform media sosial di Indonesia dengan melakukan riset sederhana. Riset ini dilakukan dengan mengkombinasi kuesioner kualitatif dan kuantitatif menggunakan platform online (Surveymonkey dan Google Form). Riset ini menjaring 3891 responden dari berbagai daerah di Indonesia.

Dari sini, jika Anda seorang pedagang, Anda dapat memilah media sosial mana yang cocok untuk dijadikan tempat berjualan. Hasil riset tersebut menyebutkan bahwa Facebook, menjadi media sosial yang mulai ditinggalkan remaja. Alasannya beragam, salah satunya adalah mereka mulai meninggalkan Facebook lantaran orang tua kini telah menggunakannya.

Untuk itu, sebagai pedagang Anda harus cermat memilih. Tidak semua media sosial cocok dengan segmen pasar Anda. Banyaknya pilihan media sosial memang terlihat menguntungkan untuk memasarkan produk. Padahal, setiap media sosial memiliki fungsi dan fasilitas berbeda yang dapat menjadi pertimbangan  dalam memilih layanan yang digunakan.

Memilih Platform Media Sosial

Kehadiran media sosial membuka berbagai kesempatan bagi kita untuk mempromosikan bisnis dan produk secara murah meriah. Apalagi pelaku UMKM saat ini sudah sangat umum menggunakan aplikasi chat online untuk mendukung usaha. Anda yang saat ini telah mencoba berdagang secara online, harus tahu betul bagaimana cara memaksimalkan penggunaan media sosial sebagai strategi berjualan online. Lalu, haruskah menggunakan semua media sosial agar usaha untung maksimal? Tentu tidak.

Memaksimalkan penggunaan media sosial berarti memilih platform dan praktek yang cocok dengan usaha Anda. Pada banyak kasus, strategi media sosial bertujuan untuk meningkatkan jangkauan dan visibilitas usaha.

Facebook misalnya, bisa saja menjadi platform media sosial yang paling besar, tapi Isntagram memiliki tingkat pertumbuhan tertinggi. Jadi perhatikan, media sosial mana yang kemungkinan memberikan pertumbuhan tertinggi pada usaha Anda.

Media Sosial sebagai Pendekatan Aktif

Fungsi media sosial sebenarnya tak hanya sebagai tempat berjualan, lebih luas lagi. Dengan memanfaatkan media sosial, Anda akan mendapatkan data dan informasi pelanggan yang relevan. Informasi tersebut dapat Anda gunakan untuk membuat keputusan bisnis yang cerdas

Sebagai contoh, Anda dapat mengumpulkan informasi dari semua jaringan sosial saat real tie, Anda bisa menemukan percakapan yang terjadi seputar brand produk Anda dan membuat laporan real time.

Untuk diketahui, media sosial menghasilkan jumlah data yang tidak sedikit tentang pelanggan Anda. Ada lebih dari 500 juta Tweet, 4,5 miliar like di Facebook, dan 95 juta foto serta video yang diupload di Instagram. Angka-angka tersebut merupakan database informasi pelanggan Anda: Siapa mereka, apa yang mereka sukai, dan bagaimana pendapat mereka mengenai brand Anda.

Tips Menggunakan Sosial Media Paling Benar

Ada beberapa tips bagi anda sebagai pelaku bisnis online dengan menggunakan sosmed yang bisa dilakukan di antaranya adalah:

Cara menentukan kanal sosial media yang tepat

Dalam menentukan kanal sosmed untuk memulai bisnis online sangat dibutuhkan kejelian kita Di era digital seperti sekarang ini, kehadiran media sosial membuka berbagai kesempatan bagi kita untuk mempromosikan bisnis dan produk secara murah meriah. Karena itulah, setiap pelaku bisnis yang ingin mengembangkan usahanya sudah harus dapat melek dan Go Digital. Artinya, kita harus bisa memilih dan memanfaatkan teknologi digital guna memperkenalkan produk dan layanan kita pada kalangan masyarakat secara lebih luas. Hal ini bisa dilakukan baik melalui aplikasi online chat (Whatsapp, LINE, telegram, dll), media sosial (Facebook, Instagram, Lnkdln, Twitter, dll), toko-toko online di berbagai platform e-commerce (Bukalapak, Tokopedia, Blibli, GoFood, dll), website sendiri, sampai penggunaan berbagai aplikasi atau software pendukung bisnis lainnya seperti aplikasi kasir, akuntansi, sampai manajemen stok, dan sumber daya lainnya atau yang disebut Enterprise Resource Planning (ERP).

Pelajari karakteristik konsumen

Pelanggan menjadi salah satu harta yang sangat penting dalam keberlangsungan usaha. Untuk mengenal apa yang dia mau, apa yang dia butuhkan, dan bagaimana dia bisa mengenal kita sudah menjadi keharusan bagi kita dengan menciptakan komunikasi dua arah. Pelayanan yang baik bahkan melebihi harapan/ ekspektasinya akan memberi nilai tambah juga bagi kita. Dengan demikian, kepuasan pelanggan dapat terpenuhi.

Dalam mempelajari karakteristik pelanggan seiring dengan berkembangnya teknologi, kita dapat menggolongkan karakter pelanggan ke dalam bentuk sebagai berikut:

  1. Golongan pelanggan pendiam

Pelanggan yang memiliki karakter pendiam sesungguhnya dapat mempersukar kita dalam memahami apa yang dia perlukan. Pelanggan dengan karakter begini akan menerima apa saja yang kita tawarkan dan dia langsung setuju begitu saja. Watak ini sejatinya perlu diwaspadai sebab sewaktu-waktu akan menimbulkan kesalahpahaman atau adanya produk/ jasa yang kita tawarkan tidak sesuai dengan yang dia butuhkan setelah dia menggunakannya.

  1. Golongan pelanggan bersahabat

Komunikasi dua arah dengan bisa menyesuaikan watak pelanggan seperti ini secara tidak langsung akan memberi kepercayaan pelanggan terhadap keberlangsungan bisnis kita beserta pelayanan yang kita berikan. Tidak harus bersikap formal, tetapi harus bersikap luwes dan intim yang diharapkan pelanggan ini. Kalaupun sewaktu-waktu ada hal yang tidak sesuai dengan harapannya, biasanya tidak akan menimbulkan gejolak komplain yang luar biasa. Di sinilah suasana kekeluargaan menjadi solusi dalam mengatasi  masalah yang timbul suatu saat nanti.

  1. Golongan pelanggan kritis

Masih dikatakan wajar jika pelanggan kerap bertanya, cerewet, curiga, bahkan mungkin membanding-bandingkan produk/ jasa kita dengan produk/ jasa dari penyedia lain. Itu menandakan bahwa pelanggan ingin memastikan bahwa produk/ jasa yang dia perlukan sesuai dengan harapannya selain adanya kewaspadaan. Ini adalah tipe pelanggan yang selalu berhati-hati. Bersikap secara diplomatis dan tetap profesional adalah tantangan bagi kita.

  1. Golongan pelanggan suka mengeluh

Pelanggan seperti ini boleh dikatakan perfeksionis. Tipe ini perlu perhatian khusus agar tidak ada produk/ jasa kita yang dapat mengecewakannya.

  1. Golongan pelanggan tidak bersahabat

Entah ada angin apa secara tiba-tiba pelanggan ini membabi buta menyalahkan kita tanpa adanya alasan yang masuk akal alias mengada-ada. Motif yang ditemukan biasanya adanya keinginan untuk mendapatkan nilai lebih yang memang bukan haknya atau motif lainnya untuk menjatuhkan kita karena persaingan, dan sebagainya.

Tipe pelanggan ini sebaiknya disikapi dengan tegas dan tunjukkan syarat dan ketentuan yang diberlakukan dengan kepala dingin. Jika tidak mempan, jalur hukum dapat diterapkan.

Mendeskripsikan media sosial sesuai kelebihannya

Penggambaran yang tepat mungkin seperti menunggu majalah kesayangan yang terbit dalam jangka waktu tertentu, misalnya majalah kesayangan Anda terbit dwi bulanan. Apa yang Anda rasakan? Tentunya perasaan tidak sabar menantikan edisi selanjutnya, cerita apa yang akan ada di dalam edisi terbaru, artikel apa yang akan dikupas, berita apa yang akan ditampilkan.

Namun sebesar apapun rasa penasaran Anda membuncah, Anda tetap bersabar menunggunya, karena Anda menyadari jika memang sudah waktunya terbit, majalah itu akan sampai juga ke tangan Anda.

Bayangkan jika media sosial bisnis Anda layaknya majalah favorit tersebut. Banyak orang menantikan konten yang Anda buat, banyak orang yang penasaran dengan postingan media sosial bisnis Anda selanjutnya.

Pada era baru media sosial seperti sekarang ini, tidak cukup hanya membuat konten yang baik, namun juga wajib membagikannya di media sosial. Intinya adalah, Anda harus mengoptimalkan semua platform media sosial yang ada.

Platform sosial media yang sedang trend saat ini

Instagram

Instagram adalah tempat berbagi unggahan foto dan video kepada para pengikut atau followers kita di Instagram.

Platform ini memungkinkan kita memanjakan visual para penikmat konten dan pengikut kita melalui foto atau video yang dapat kita sinergikan dengan kata-kata yang mendukung unggahan tersebut.

Selalu buat konten promosi bisnis yang menarik dan kreatif. Selalu ingat untuk menggunakan tagar, dengan cara kerja yang mirip seperti tagar pada Google+, akan membuat kita meraih semakin banyak pengikut.

Linkedin

Linkedin utamanya digunakan oleh jaringan bisnis profesional, platform media sosial ini memungkinkan para penggunanya untuk berbagi tautan dan informasi kepada rekan profesionalnya.

Walaupun memang Linkedin termasuk susah untuk memasarkan suatu produk atau layanan tertentu, namun Linkedin sangat bagus jika kita ingin melebarkan sayap atau networking bisnis kita, karena platform ini memungkinkan kita untuk dapat mengenal para pebisnis lain yang berkecimpung dalam dunia usaha yang sama.

Twitter

Twitter adalah salah satu platform media sosial yang sangat terbuka, layaknya sebuah blog namun terbatas hanya 280 karakter. Walaupun utamanya postingan di Twitter berupa teks, namun tidak menutup kemungkinan untuk membagikan foto dan video.

Kelebihan dari Twitter adalah Anda dapat berinteraksi secara langsung dengan pengguna lainnya, dan dapat menautkan setiap postingan dengan platform media sosial lain yang berkaitan dengan bisnis Anda.

Sedikit tips untuk menghasilkan konten yang berkualitas adalah, buat tagar yang menarik, caption yang sederhana namun mengundang rasa penasaran orang. Hal ini akan sangat berguna apabila dijadikan acuan dalam mengembangkan konten marketing kita di Twitter.

Facebook

Facebook adalah tempat membagikan bermacam hal tentang kehidupan, tautan berita, foto, dan video. Optimalkan Facebook sebagai tempat berinteraksi dengan para pelanggan. Facebook juga memungkinkan kita untuk membuat “Facebook Fanpage” yang biasanya tempat untuk berbagi segala hal yang berkaitan dengan bisnis.

Sebenarnya banyak orang yang beranggapan bahwa Facebook Fanpage lebih dikhususkan untuk membangun citra suatu perusahaan dibandingkan citra dari produk atau jasa yang dihasilkan, namun pendapat ini sedikit buyar dengan hadirnya Facebook Ads.

Facebook ads merupakan solusi untuk Anda yang ingin mempromosikan tentang suatu produk atau jasa yang telah Anda buat, menyebarluaskan propaganda Anda, bahkan target berdasarkan usia, demografis, dan kriteria lain dapat dengan mudah Anda masukkan ke dalam target marketing Facebook Ads Anda, hal ini untuk mencegah iklan yang Anda tayangkan salah sasaran.

Tumblr

Tumblr adalah sebuah platform media sosial  tempat berbagi segala sesuatu, mulai dari foto, tulisan, video, dan musik. Pengguna bisa membuat laman, memposting ulang blog atau karya milik orang lain ke dalam laman pribadi, pengguna dapat menggabungkan semua konten itu dengan konten miliknya sendiri.

Youtube

Youtube adalah platform khusus untuk berbagi video. Youtube sangat menarik, jika digunakan sebagai tambahan untuk memperkenalkan tentang bisnis dan produk/layanan, ceritakan tentang kelebihan bisnis dan produk/layanan tersebut. Gunakan tagar untuk menjangkau lebih banyak lagi pelanggan dan memperluas pangsa pasar. Simak pula panduan dan tips membuat vlog untuk pemula.

Jika Anda tergolong baru dalam hal menjajaki media sosial  dalam usaha mempercepat perkembangan bisnis, memposting banyak hal dalam satu waktu di semua platform media sosial  yang Anda miliki, mungkin akan sangat melelahkan dan menyita waktu. Anda membutuhkan sesuatu yang dapat membantu untuk memposting sekaligus di sekian banyak media sosial bisnis Anda, dengan jadwal yang rapi dan terkoordinir dengan baik.

Mempelajari waktu dan cara promosi yang tepat untuk promosi di sosmednya

Dalam dunia sosial media, timing adalah faktor yang sangat penting. Anda ingin bisa mengirim pesan atau memposting sesuatu pada saat banyak orang yang sedang online sehingga bisa melihat konten Anda tersebut. Semakin banyak orang yang tersedia saat Anda mengupload sesuatu, maka semakin besar pula kesempatan Anda untuk bisa melibatkan mereka dalam perkembangan bisnis Anda.

Salah satu yang harus Anda lakukan terlebih dulu adalah mengenal audiens atau follower Anda, apa yang mereka inginkan dan sosial media apa yang mereka gunakan.

Selain itu anda juga bisa memperhatikan hal-hal berikut

  1. Pentingnya lokasi wilayah di mana tempat bisnis Anda dilakukan
  2. Gunakan tools yang tepat
  3. Pastikan Anda terlibat langsung di media sosial
  4. Pilihan waktu yang tepat untuk mempromosikan usaha bisnis anda, misalnya pada saat prime time atau after office hour.5. Lakukan postingan promosi dagangan dengan konsisten dan berulang di sosmed
  5. Tandai beberapa teman anda di sosmed pada saat melakukan postingan promosi
  6. Buat foto dan caption yang menarik

Jadi, kapan waktu yang tepat untuk mengupload sesuatu di sosial media bisnis Anda? 

Mulailah sekarang juga.

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha