Dropshipper Ini Sukses Raih Omset Rp181 Juta per Bulan, Apa Rahasianya?

Cerita Sukses 6 Agt 2020, By Teman Dagang
Dropshipper Ini Sukses Raih Omset Rp181 Juta per Bulan, Apa Rahasianya? Dropshipper pun juga dapat meraih untung besar (Kompas)

Berbisnis saat ini tidak melalui berbicara tentang modal yang besar. Di era digital, ada banyak sekali kesempatan untuk menghasilkan pendapatan dengan modal yang sangat kecil, bahkan tanpa biaya. Hanya saja, Anda perlu menelusuri prospek bisnis tersebut, seperti yang dilakukan oleh salah satu mahasiswa Universitas di Bandung, Ridwan Saputra.

Ridwan Saputra satu dari sekian banyak pelaku usaha online yang berhasil. Lewat sistem dropship, ia menggunakan keahliannya di bidang craft tanpa modal sepeserpun. Dengan semangat juang yang tinggi, Ridwan pun sukses dan berhasil meraih omset mencapai Rp 181 juta per bulan. 

Rahasia Sukses a la Ridwan Saputra

Meski dapat dikatakan bahwa sistem dropship dalam berjualan online merupakan sistem yang telah lama dikenal, namun demikian agak sulit dalam menjalankannya.  Ada upaya dan tekad yang kuat ketika akan memulai berjualan secara dropship ini. Pasalnya, dalam berjualan online, hal paling penting yang harus dikembangkan adalah relasi alias jaringan. 

Dalam hal ini, Ridwan benar-benar tunak melakukan promosi. Selama satu tahun penuh, ia berusaha untuk terus mempromosikan usahanya lewat media digital. Pelan-pelan, orderan pun berdatangan satu per satu. Dengan pelayanan dan hasil kerja yang memuaskan, usahanya pun tumbuh dan berkembang. 

Lambat laun, informasi bahwa Ridwan mempunyai usaha dalam bidang digital printing ini pun diketahui oleh kerabat-kerabatnya, bahkan dosen di kampus tempat ia menuntut ilmu. Ridwan pun mendapatkan semangat dan usulan mendirikan perusahaan, dan mulai membangun perusahaannya sendiri, KaryaQU, startup yang bergerak di bidang digital printing dan service untuk kebutuhan korporat, seperti gift, merchandise, dan lainnya.

Naik Turun Bisnis Ridwan Saputra

Meski dalam waktu 1,5 tahun, Ridwan berhasil membeli mesin rakitan seharga 16 juta. Tak lantas membuat bisnis yang dirintis Ridwan dari nol ini langsung berkembang secara pesat. Ia pun mengalami beberapa masalah dari investor yang masuk. Para investor yang terkejut dengan harga mesin yang baru menolak untuk bertahan dan pergi. 

Tetapi, pengusaha muda ini tetap bergerak. Ridwan mencoba memaksimalkan bisnisnya dengan membuat semacam kelompok kecil dan memberikan edukasi seputar digital printing. Cara Ridwan menggandeng komunitas, reseller, bahkan konsumennya ini membuat usahanya makin berkembang, bahkan dari sini, Ridwan mendapatkan banyak repeat order dari para pelanggannya.

Ridwan Saputra Cukup Aktif di Komunitas

Keaktifan Ridwan di lingkungan sekitar serta komunitas-komunitas bisnis membuat bisnisnya melambung lebih tinggi. Pada semester akhir perkuliahannya, ia bahkan terpilih sebagai CEO Business Initiative Movement yang merupakan komunitas bisnis yang beranggotakan 1.300 entrepreneur digital dan non-digital yang tersebar di 9 kota/kabupaten Jawa Barat.

Bisa dibilang bahwa, figur Ridwan yang dekat dengan lingkungan itu juga membantu usahanya sedikit demi sedikit. Usahanya yang dimulainya tanpa biaya dan bermodalkan keahlian dalam bidang digital printing itu telah menghasilkan omzet Rp 181 juta per bulannya. Ia pun telah membangun ruko untuk kepentingan bisnis dan keluarganya. 

Menjadi Dropshipper yang Cerdas

Seperti yang dibahas sebelumnya bahwa, menjadi dropshipper itu gampang-gampang susah. Perlu usaha dan tekad yang kuat untuk bersaing, mencari distributor yang murah, mempromosikan produk kepada target pembeli, dan lain sebagainya. Anda harus benar-benar menelusuri segala sesuatunya, apakah produk yang Anda jual memiliki niche market yang besar, atau apakah distributor yang menjual produk tersebut telah tepat.

Di sisi lain, kreativitas dalam berjualan pun mesti tinggi. Di era digital ini, pelaku dropshipper harus cerdas dalam menampilkan produk yang Anda jual. Anda harus pintar menarik perhatian para pengguna media sosial. Bagaimana cara membuat foto produk yang Anda jual dilirik oleh calon konsumen, atau bagaimana teknik promosi yang bisa membuat calon konsumen melihat akun dagangan Anda.

Misalkan, Anda membuat konten-konten informatif seperti yang dilakukan oleh Ridwan Saputra, hanya saja melalui postingan di akun dagangan Anda. Buatlah hal-hal yang edukatif sehingga akun dagangan Anda juga memiliki nilai positif selain etalase berjualan.

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha