Ingin Mencoba Bisnis Franchise karena Murah? Coba Pahami Ini Dulu

Cerita Peluang Usaha 3 Jul 2020, By Fitri Mariya Amin
Ingin Mencoba Bisnis Franchise karena Murah? Coba Pahami Ini Dulu Kenali ini terlebih dahulu sebelum mencoba bisnis franchise (Lifepal)

Belakangan, bila Anda membuka Instagram atau media sosial lainnya, banyak promosi terkait ajakan untuk melakukan kerja sama menggunakan produk yang sama, atau yang lebih sering dikenal dengan istilah franchise atau waralaba. Penawaran dengan harga yang cukup terjangkau serta adanya benefit yang menggiurkan tentu menarik Anda untuk bergabung.

Namun sebelum memutuskan untuk melakukan bisnis franchise ada beberapa hal yang harus Anda pahami terlebih dahulu, berikut penjelasannya.

Pengertian Bisnis Franchise

Franchise atau dalam bahasa Indonesia adalah waralaba merupakan salah satu jenis bisnis yang terjadi antara dua pihak. Hubungan bisnis yang terjadi antara pemilik merek, nama, produk maupun sistem dalam berbisnis kepada pihak kedua. Dalam kata lain adalah Anda sebagai pihak kedua membeli, atau menyewa produk, nama, lisensi, dan sistem dari toko yang membuka franchise.

Menurut Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia (Permendag RI) No. 71 Tahun 2019 menyebutkan bahwa pengertian dari waralaba adalah hak khusus yang dimiliki oleh orang perseorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis. Dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang atau jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian waralaba.

Pada dasarnya bisnis franchise ada bisnis yang dilakukan antara si franchisor (pihak yang memiliki hak merek, produk dll) dan pihak franchisee (pihak yang membeli atau menyewa hak- hak tersebut).

Perangkat Hukum Bisnis Franchise

Sebelum melakukan bisnis franchise pastikan terlebih dahulu Anda mengetahui tentang peraturan hukum bisnis ini. Jangan sampai Anda menjadi korban penipuan lisensi dan sebagainya.

Di Indonesia peraturan tentang waralaba diatur dalam permendag No.17/2019 tentang penyelenggaraan waralaba. Hal tersebut mengatur pewaralaba dan terwaralaba wajib memiliki Surat Tanda Pendaftaran Waralaba (STPW). STPW merupakan bukti pendaftaran prospektus penawaran dan perjanjian waralaba yang diberikan setelah memenuhi persyaratan yang ditentukan. Anda dapat mengajukan pendaftaran STPW melalui lembaga Online Single Submission (OSS) atau perizinan usaha melalui sistem elektronik terintegrasi.

Tantangan dan Solusi Berbisnis Franchise

Walaupun menjalani bisnis franchise dapat membantu Anda meningkatkan penghasilan dan penjualan, ternyata bisnis ini juga memiliki beberapa tantangan dalam menjalaninya. Namun jangan khawatir karena berikut akan dibahas apa saja tantangannya dan bagaimana solusinya.

Tak ada standarisasi bisnis franchise

Dalam menjalani bisnis franchise seharusnya memiliki standarisasi persyaratan administrasi yang jelas dan ketat untuk menjaga kualitas dan dapat memberikan asistensi pelayanan yang lebih banyak dan mendetail. Namun sayangnya tak banyak bisnis franchise yang memilikinya, sehingga membuat pelaku usaha sulit untuk membedakan secara signifikan antara sistem bisnis franchise dan peluang usaha biasa. Bisnis franchise seharusnya memiliki persyaratan administrasi yang ketat dan memberikan asistensi pelayanan yang lebih banyak, namun jika tidak maka itu hanyalah peluang bisnis biasa. Jadi solusinya adalah Anda sebagai investor atau franchisee yang akan membeli hak suatu brand harus berhati- hati dalam memilih jenis usaha yang akan digeluti. Anda wajib meneliti, mencermati, dan mengkritisi reputasi perusahaan pemilik franchise.

Tumbuh dengan cepat tanpa rencana

Bisnis franchise biasanya memiliki kinerja dimana usaha dapat maju secara cepat karena memang usaha yang dijalankan menjanjikan, didukung oleh modal yang besar, pemasaran yang baik. Namun Anda harus mewaspadai ketika percepatan itu, karena biasanya pertumbuhan yang cepat seringkali tidak dibarengi dengan rencana pengembangan masa depan yang matang. Solusinya adalah, Anda harus mencermati perkembangan bisnis dan mengelola dengan sistematis. Miliki rencana bisnis yang baik, dan Anda juga dapat melakukan komunikasi yang baik terhadap mitra kerja terkait perkembangan bisnis.

Risiko bisnis ditanggung pengelola usaha

Ketika Anda menjalani bisnis franchise, tentu tak ada jaminan bahwa usaha itu akan berjalan baik, ketika terjadi kerugian, risiko itu akan Anda tanggung sendiri. Solusinya adalah Anda harus lebih berhati-hati dalam menjalankan dan mengelola usaha. Terutama dalam mengelola laporan keuangan. Lakukan lah pengelolaan keuangan dengan baik agar usaha Anda dapat berjalan lancar. Bila perlu Anda dapat memanfaatkan teknologi seperti aplikasi Youtap yang dapat membantu Anda dalam melakukan laporan keuangan dengan baik.

Keuntungan dalam menjalankan bisnis franchise

Menjalani bisnis franchise memberikan Anda banyak keuntungan dalam menjalaninya seperti, Manajemen bisnis yang telah terbentuk, Brand sudah dikenal masyarakat, Manajemen keuangan yang lebih baik, kerjasama dengan partner dan tentu Anda mendapat dukungan dari franchisor. Hal ini tentu akan memudahkan Anda dalam menjalani bisnis franchise. Semoga dengan penjelasan diatas dapat membantu Anda sebelum mengambil keputusan untuk menjalani bisnis franchise.

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha