Ini Alasan Kenapa Anda Harus Pintar Manajemen Keuangan Usaha dengan Baik

Cerita Teknologi 18 Jun 2020, By Delviadry Ruvi
Ini Alasan Kenapa Anda Harus Pintar Manajemen Keuangan Usaha dengan Baik Anda harus pintar dalam manajemen keuangan usaha (harmony)

Mungkin Anda yang merasa hanya sebagai pelaku usaha kecil beranggapan bahwa menjalankan usaha hanya mencari keuntungan semata dan mengabaikan aspek-aspek penting lainnya. Seperti memelihara aset, melakukan pencatatan laporan jual-beli secara detail, dan lainnya. Padahal, setiap usaha, baik besar maupun kecil, perlu dikelola dengan baik. Terutama dalam memanajemen keuangan usaha. 

Sebab manajemen finansial merupakan salah satu unsur penting dalam mencapai tujuan bisnis. Tanpa pengelolaan keuangan yang benar, bisnis Anda akan mengalami kekacauan. Manajemen keuangan adalah pengelolaan fungsi-fungsi keuangan untuk mencapai tujuan bisnis. 

Fungsi utama manajemen keuangan ini antara lain perencanaan arus kas, penganggaran pendapatan dan belanja, pengendalian sistem keuangan, pemeriksaan keuangan serta pelaporan analisis keuangan. Dengan menjalankan fungsi manajemen tersebut, usaha Anda akan lebih terbantu dalam mengukur kondisi perusahaan.

Mencermati Pengeluaran Modal

Hal pertama yang harus Anda pikirkan adalah cermat dalam mengeluarkan biaya. Ketika Anda ingin membeli aset yang menurut Anda akan bermanfaat untuk usaha Anda, pastikan aset tersebut akan menghasilkan keuntungan. Kurangilah ego atau untuk membeli aset-aset yang kurang penting hanya untuk sesuatu yang nantinya tidak menghasilkan pendapatan yang berarti.

Anda perlu memanajemen keuangan usaha Anda dengan baik untuk mencermati setiap pengeluaran modal Anda. Selain itu, juga mesti mempertimbangkan apakah modal yang dikeluarkan untuk membeli aset tersebut akan sebanding dengan yang akan Anda hasilkan darinya.

Mengatur Arus Kas

Dengan manajemen keuangan yang baik, Anda dapat mengatur arus kas operasional bisnis Anda. Manajemen keuangan yang rapi dapat membuat Anda mudah mengambil tindakan kedepannya, seperti membandingkan utang dan piutang yang akan jatuh tempo. Di sisi lain, Anda akan lebih mudah mengatur kelancaran kas masuk dan keluar.

Jadi, jangan berharap kas perusahaan Anda sehat apabila manajemen keuangan Anda kacau. Padahal, mengatur arus kas untuk tetap stabil adalah kunci utama untuk tetap bertahan, sebab kas perusahaan sama halnya dengan jantung yang harus memiliki ritme stabil. 

Menekan Biaya

Untuk mengembangkan usaha, maka Anda harus cerdik dalam menekan biaya operasional. Dengan memanajemen keuangan dapat membantu Anda menekan biaya pengeluaran. Menekan biaya pada satu titik ini merupakan cara yang jitu untuk tetap mengangkat usaha Anda pada masa-masa krisis. Misalkan dengan mengurangi pengeluaran yang tidak penting, mengurangi jumlah karyawan yang membengkak, atau mencari vendor yang mau memberi harga yang lebih rendah, dan sebagainya. Dengan demikian, Anda bisa menghemat pengeluaran untuk kepentingan lainnya. 

Memanfaatkan Aplikasi Digital

Tentu saja, apabila Anda mampu memanajemen keuangan usaha dengan baik, usaha Anda jadi lebih sehat dan dapat beroperasi dengan optimal. Anda akan lebih leluasa untuk bergerak dan menentukan strategi perusahaan Anda. Karena Anda tidak lagi memikirkan urusan dapur perusahaan Anda. 

Saat ini, sangat banyak cara yang dapat membantu usaha Anda berkembang, terutama dalam bidang teknologi digital. Teknologi digital selain dapat menghubungkan Anda dengan banyak orang, juga punya banyak inovasi-inovasi dalam sektor bisnis. Ada banyak aplikasi-aplikasi yang bisa membantu Anda untuk mengembangkan bisnis, salah satunya adalah Youtap. Aplikasi Youtap dapat membantu Anda merapikan pembukuan, cash flow maupun pembukuan lainnya. Layanan dan teknologi yang diberikan Youtap sangat lengkap dan terintegrasi, dimulai dari teknologi penerimaan pembayaran tunai maupun nontunai, layanan kasir, pengelolaan inventori, laporan dan analisis penjualan, customer loyalty hingga insights.

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha