Intip Seberapa Efektif Menggunakan Influencer dalam Bisnis Online

Cerita Terkini 2 Jul 2020, By Reky Arfal
Intip Seberapa Efektif Menggunakan Influencer dalam Bisnis Online Menggunakan influencer dalam berbisnis online juga (The Jakarta Post)

Beriklan melalui media sosial, khususnya lewat influencer atau selebriti memang sedang menjadi tren di dalam dunia pemasaran digital saat ini. Beberapa mengaku ada peningkatan penjualan ketika melakukan promosi melalui influencer. Namun, ada pula yang mengatakan sulit untuk menghitung berapa persen penjualan melalui influencer. 

Influencer adalah seseorang yang bisa memberikan pengaruh di masyarakat di media digital terutama. Mereka bisa merupakan selebritis, youtuber, ataupun seorang public figure yang dapat memberikan suara dan diperhatikan oleh banyak orang. Biasanya, influencer memiliki banyak follower di media sosial

Hal paling penting yang harus Anda ketahui, jangan sampai salah dalam memilih influencer untuk mempromosikan produk Anda. Harus ada riset khusus untuk melihat target pasar Anda, apakah influencer yang ingin Anda gunakan jasanya itu punya basis followers yang membutuhkan produk Anda. 

Seperti yang dialami oleh PT Egogohub, Parvez Ghoman selaku Digital Communication Specialist mengatakan dengan menggunakan jasa influencer makro, produk sport yang dijual PT Egogohub mengalami peningkatan mencapai Rp5 jutaan. 

Karena hal di ataslah banyak pemilik bisnis di dunia digital menggandeng influencer untuk mempromosikan produk berkat pengaruh para influencer yang luar biasa tersebut. Ada 4 jenis influencer yang akan Anda temukan di media sosial seperti Instagram, Facebook atau bahkan Youtube.

1. Influencer Mikro

Influencer mikro memiliki jumlah follower yang tidak terlalu banyak, kadang berkisar 10 ribu followers saja, atau bahkan kurang. Akan tetapi, influencer mikro ini memiliki engagement yang kuat dengan followersnya. Sebuah studi menunjukkan bahwa kemungkinan konsumen membeli produk dari rekomendasi influencer mikro mencapai 82%!

2. Influencer Makro 

Influencer makro memiliki jumlah follower yang lebih banyak, biasanya berkisar 100 ribuan follower. Dengan jumlah follower yang lumayan banyak, influencer makro berpotensi untuk mempromosikan produk ke lebih banyak orang. Selain itu, menggunakan influencer makro bisa membuat produk dan bisnis Anda terlihat eksklusif.

3. Influencer Top 

Influencer top merupakan influencer dengan jumlah follower paling banyak yang bisa memiliki satu juta follower atau lebih. Meski kemungkinan pembelian produk dari rekomendasi influencer tidak sebesar influencer lain, namun tetap saja menjanjikan. Hal ini dikarenakan terlalu banyaknya jumlah follower sehingga untuk mendapat engagement yang tinggi secara persentase pun akan cukup sulit. Namun demikian, influencer top ini cukup direkomendasikan jika Anda mempunyai produk yang digunakan untuk orang umum. 

Apakah menggunakan influencer untuk mempromosikan produk usaha Anda akan efektif? Hal ini tentu saja sangat relatif. Anda harus meriset influencer yang ingin Anda ajak kerja sama terlebih dahulu. Cari tahu apa yang dibutuhkan followersnya, apakah sesuai dengan produk yang Anda jual. 

Inilah yang membuat banyak bisnis digital mengalami kerugian, karena sering kali para pelaku bisnis yang mempromosikan produk dagangannya kepada influencer tidak melakukan riset terhadap influencer tersebut. Untuk itu, Anda perlu melakukan langkah-langkah berikut ini agar tujuan Anda untuk promosi tidak membuat Anda rugi.

Engagement Instagram Tinggi

Engagement antara influencer dengan followernya adalah hal yang harus Anda ketahui, jika perlu Anda tanyakan kepada influencer tersebut. Sebab, hal itu bisa menjadi patokan penting agar langkah untuk  mempromosikan produk Anda dapat menyentuh followersnya. Jangan sampai, Anda hanya melihat dari sisi jumlah followersnya yang banyak, padahal belum tentu influencer tersebut akrab dengan followersnya.

Memiliki Reputasi Baik 

Pilihlah influencer yang memiliki reputasi yang baik, entah di kehidupan nyatanya, maupun konten-konten digitalnya. Hal ini sangat menentukan apakah ke depan promosi yang dilakukannya untuk produk Anda akan tepat sasaran. Influencer yang memiliki reputasi yang baik pasti akan ditunggu oleh para followersnya. Dan biasanya, influencer tipe ini akan sering berinteraksi dengan followers sehingga ada keterikatan yang intim antara ia dan pengikutnya. 

Sesuai dengan Budget Iklan Anda 

Langkah kedua agar promosi Anda tidak membuat Anda rugi adalah harus sesuai dengan budget iklan Anda. Jangan memaksakan diri untuk menggunakan jasa influencer yang harganya jauh dari batas kemampuan Anda, karena hasilnya pun belum tentu maksimal. Apabila Anda tidak memiliki budget yang tinggi, gunakanlah jasa influencer mikro yang lebih murah. 

Cocokkan dengan Target Pasar Produk Anda

Target pasar berguna untuk mengetahui kelompok konsumen Anda sehingga bisa menerapkan langkah promosi yang tepat sasaran. Mencari influencer yang memiliki basis follower yang membutuhkan produk Anda juga sangat penting. Jangan sampai salah menggunakan jasa influencer, ya. Sebab, kebanyakan pelaku bisnis pasti mengalami hal ini. Biasanya karena tergiur dengan harga murah atau jumlah followers yang tinggi, padahal belum tentu followers influencer tersebut membutuhkan produk Anda.

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha