Kembangkan Bisnis Toko Kelontong dengan Kemitraan Youtap, Yuk

Cerita Teknologi 14 Jul 2020, By Elna Ayu Pinaringtyas
Kembangkan Bisnis Toko Kelontong dengan Kemitraan Youtap, Yuk Bisnis kelontong Anda juga dapat berkembang dengan kemitraan Youtap (BeritaSatu)

Di era digital saat ini marak dengan berbagai macam bisnis online. Apapun jenis bisnisnya bila dimulai dengan konsep dan target market yang jelas serta terencana dan konsisten dengan konten yang dibuat, pasti akan bisa berkembang.

Tak terkecuali toko kelontong. Bisnis toko kelontong sekarang juga bisa berkembang memanfaatkan perkembangan teknologi. Apalagi, toko kelontong dari dulu dikenal sebagai tempat berbelanja yang nyaman karena memiliki kedekatan relasi dengan penjualnya. Pengalaman berbelanja yang tak mungkin diperoleh saat berbelanja di minimarket atau swalayan.

Jika melihat ke belakang, toko kelontong sempat mengalami fase terbawah karena minimnya digitalisasi, seperti penggunaan uang elektronik yang populer sebagai metode pembayaran. Untuk itu, tak ada salahnya Anda yang memiliki usaha toko kelontong untuk membuka diri dan memanfaatkan teknologi sebagai sarana memperluas jangkauan pasar. Sebab, teknologi terus berkembang seiring perubahan zaman dan mempengaruhi hampir ke semua sektor kehidupan.

Anda bukan diminta untuk menutup operasi toko fisik, melainkan mencoba menawarkan produk dagangan secara online. Toko fisik tetap bisa melayani pelanggan yang membeli secara langsung.

Adapun teknologi-teknologi yang dapat membantu toko kelontong Anda untuk berkembang di antaranya:

Media sosial sebagai media promosi

Hal pertama yang dapat membantu Anda mengembangkan usaha toko kelontong adalah dengan mengenal dan memanfaatkan media sosial. Media sosial merupakan bagian dari media baru di mana para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, menciptakan isi yang meliputi, blog, forum daring, jejaring sosial, wiki, dan dunia virtual.

Media sosial merupakan alat promosi bisnis yang efektif karena dapat diakses oleh siapa saja sehingga jaringan promosi bisa lebih luas. Media sosial menjadi bagian yang sangat diperlukan oleh pemasaran bagi toko kelontong Anda. Media sosial juga merupakan salah satu cara terbaik untuk dapat menjangkau luasnya pasar ataupun pelanggan.

Berikut adalah peran dan fungsi yang akan membandingkan antara media sosial dengan media konvensional yaitu sebagai berikut:

Lebih Sederhana

Media sosial adalah cara sederhana memasarkan produk toko kelontong Anda. Anda tak perlu menyebar pamflet jika ada promo atau memasang iklan di media cetak yang harus menyediakan uang promosi.

Dengan media sosial, memungkinkan Anda untuk berdagang kapanpun Anda mau. Di sela sepinya pengunjung toko, Anda bisa saja mengambil foto produk kemudian mengunggahnya pada akun media sosial Anda. Kapanpun dan dimanapun Anda ingin mengunggahnya bisa selagi terhubung dengan jangkauan internet. Dari sana, Anda mungkin akan mendapatkan pelanggan baru yang ingin memesan produk Anda secara online.

Lalu bagaimana produk bisa sampai ke pelanggan. Cukup sederhana, Anda bisa mengantarnya langsung jika toko memiliki tenaga kurir atau menggunakan jasa ojek online untuk mengantarkannya.

Membangun Hubungan

Media sosial dapat memungkinkan Anda berinteraksi secara cepat dengan konsumen Anda. Pada media ini Anda bisa mendapatkan feedback langsung dari konsumen sehingga jika ada kesalahan dalam produk Anda bisa dengan cepat memperbaikinya, hal ini sangat berbeda dengan media konvensional yang hanya melakukan komunikasi satu arah saja.

Jangkauan Global

Media konvensional memang dapat menjangkau secara global dan cepat, akan tetapi tentunya hal ini membuat biaya yang dikeluarkan untuk promosi pastilah mahal agar dapat menjangkau secara luas dengan bekerja sama dengan berbagai media konvensional seperti Media televisi yang tidak cukup hanya satu media televisi jika ingin menjangkau secara global, hal ini justru berbeda dengan media sosial.

Media sosial dapat menjangkau lebih luas lagi dari yang bisa dilakukan oleh media konvensional. Selain itu media ini juga dapat mengkomunikasikan hal apapun hanya dalam waktu sekejap. Dalam waktu sekejap saja ketika anda mulai menyebarkan informasi maka di saat itu pula mereka dapat menerima pesan Anda bagaimanapun kondisi geografis mereka.

Sosial Platform sebagai Data Center Pelanggan

Mengutip dari pernyataan Group Digital Director  Dentsu Aegis Network Indonesia, Grace Amelia pada laman Kontan.id (7/7), ada empat platform yang menjadi acuan, yaitu Youtube, Facebook, Google Search, dan Instagram. Dalam laporannya menyatakan bajwa Youtube mulai menggeser dominasi Facebook dalam hal digunakan publik untuk mencari sesuatu secara online.

Grace juga mengungkapkan Instagram masuk sebagai platform yang bisa menarik perhatian banyak orang. Apalagi sejak merilis fitur story layakya Snapchat yang dianggap inovatif. Adanya fitur tersebut membuat pengguna Instagram lebih sering mengonsumsi story daripada unggahan foto di feed. Nah, jika Anda menggunakan Instagram sebagai media promosi toko kelontong, cobalah memanfaatkan fitur story untuk mendeskripsikan produk yang Anda jual.

Sebelum masuk ke strategi memasarkan produk lewat media sosial, Anda juga sebaiknya melakukan riset kecil-kecilan. Jika melansir dari data WeAreSocial, pengguna terbanyak media sosial ada di rentang usia 24-25 tahun. Untuk total pengguna media sosial, WeAreSocial menyebutkan ada 160 juta orang Indonesia yang aktif.

Hal yang perlu diingat adalah bahwa 99 persen akses media sosial dilakukan dengan perangkat mobile alias handphone. Jadi, tugas Anda adalah menyesuaikan konten promosi agar mobile friendly.

Mulailah Menggunakan Mesin Kasir

Anda mungkin berpikir apa pentingnya menggunakan mesin kasir selama Anda mampu melakukannya secara manual. Padahal, dengan menghitung secara mandiri, Anda seringkali tidak mengetahui total transaksi yang terjadi dalam satu hari. Alhasil, Anda kerap kali mencampur uang usaha dengan uang untuk kebutuhan lainnya.

Jika Anda ingin toko kelontong Anda berkembang, cobalah menggunakan mesin kasir untuk membantu Anda melakukan transaksi dengan pelanggan. Selain cepat, juga meminimalisir terjadinya kesalahan hitung.

Salah satu mesin kasir yang mungkin cocok untuk digunakan pada toko kelontong Anda adalah Youtap. Kasir online dari Youtap Indonesia ini berbentuk aplikasi yang bisa Anda download pada gawai atau ponsel android. Menariknya, aplikasi Youtap tak hanya membantu Anda mengelola transaksi atau keuangan usaha, tapi juga dapat membantu Anda mengelola stok barang dagang. Sehingga Anda tahu, barang mana yang akan habis atau barang dengan kategori paling laku.

Aplikasi Youtap juga bisa menerima berbagai metode pembayaran, tunai maupun non-tunai. Youtap juga bisa menerima hampir semua pembayaran online, debit ataupun scan barcode. Mudah bukan? Jadi Anda tak perlu repot dan bingung ketika harus melayani pelanggan yang berkunjung atau yang membeli secara online. Semua transaksi dapat dicatat dengan rapi hanya dengan satu aplikasi.

Aplikasi ini juga akan mengirimkan Anda email harian di mana Anda dapat melihat bagaimana transaksi yang terjadi dalam satu hari. Anda bisa melihat keuntungan yang Anda dapatkan hari ini. Mengetahui usaha untung tentu menambah motivasi berdagang, bukan?

Hal menarik lain yang bisa Anda dapatkan adalah Anda akan dibimbing dalam menggunakan aplikasi Youtap setelah menjalankan toko kelontong sebagai mitra. Ana tak perlu khawatir akan kesulitan menggunakan aplikasi ini karena tidak terbiasa. Anda akan dibimbing dengan sabar oleh pihak aplikasi hingga Anda benar-benar bisa mengoperasikannya. Belum lagi pelatihan-pelatihan yang kerap diadakan Youtap Indonesia dengan mitra-mitranya.

Memang, salah satu strategi sukses berjualan online adalah dengan menjalin kemitraan. Salah satunya dengan kasir online yang dapat membantu Anda mengelola toko kelontong dengan baik dan benar.

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha