Kemudahan Bertransaksi Langkah Awal Memanjakan Pelanggan

Cerita Peluang Usaha 19 Apr 2020, By Teman Dagang
Kemudahan Bertransaksi Langkah Awal Memanjakan Pelanggan Kemudahan transaksi adalah kunci. (Finmas)

Lazimnya dalam berbisnis, persaingan tentunya tak bisa dihindari. Kalau sudah begini, Anda sebagai pemilik bisnis tentu harus terus memutar otak bagaimana membuat pelanggan selalu kembali ke toko atau restoran Anda.Sebenarnya, banyak cara untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan yang lama. Manjakan pelanggan dengan layanan pembayaran secara online.Bukan tanpa alasan seiring perkembangan waktu, teknologi internet perlahan mengubah kehidupan masyarakat. Termasuk dalam hal transaksi keuangan, pembayaran online menjadi pilihan masyarakat karena mudah, nyaman dan aman.

Tren transaksi secara online atau cashless menunjukkan grafik yang meningkat, artinya masyarakat semakin memanfaatkan transaksi online dalam membeli barang ataupun jasa. Tren ini harus bisa dimanfaatkan para pebisnis, sehingga pelanggan tidak beralih ke pedagang lain.

Ada banyak keuntungan jika pelaku usaha memberikan layanan pembayaran secara online, bagi para pelanggannya.

1. Memberikan kemudahan dan Praktis kepada pelanggan 

Transaksi secara online tentu memudahkan pelanggan. Pelanggan tak perlu repot pergi ke bank atau ATM untuk melakukan pembayaran. Cukup login melalui aplikasi pembayaran, dan memasukkan nominal pembayaran, pelanggan bisa langsung membayar pesannya. Transaksi online bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun selama 24 jam. 

Dengan begitu, segala transaksi akan lebih mudah, praktis, serta menghemat waktu.Kemudahan dan pembayaran yang praktis akan membuat pelanggan betah berbelanja di tempat usaha anda.

Sehingga pelanggan enggan berpindah ke lain hati, karena diberikan layanan maksimal kepada pelanggan.

2. Tidak repot mencari kembalian.

Keuntungan fasilitas transaksi secara online bagi pelaku usaha maupun pelanggan adalah tidak perlu repot mencari uang kembalian, sehingga Efisien waktu, dan mudah.Pelanggan hanya perlu menggunakan smartphone untuk memindai kode QR ataupun memasukkan nominal di aplikasi pembayaran, transaksi sudah selesai. 

Tak perlu susah menghitung uang saat membayar, tak perlu menghitung ulang uang kembalian, atau tak perlu juga repot gesek kartu, karena semua bisa dengan mudah dilakukan melalui smartphone.

3. Pencatatan secara otomatis sudah direkap

Salah satu hal yang wajib untuk dilakukan para pelaku usaha adalah merekap penjualan secara berkala.Langkah ini penting sekaligus melelahkan, sebab transaksi dalam kurun waktu tertentu pasti banyak, sehingga menyita waktu bagi pelaku usaha. 

Nah keuntungan dan kemudahan fasilitas transaksi secara online adalah setiap pembayaran yang masuk akan dideteksi secara instan dan otomatis oleh sistem.

Semua pembayaran yang telah berhasil akan direfleksikan secara real time dan beserta detail transaksinya. 

Seluruh riwayat pembayaran oleh pelanggan ini bisa disesuaikan dengan status dan tanggal transaksi dan di download dalam bentuk laporan.  Hal ini tentu akan memudahkan Anda untuk monitor seluruh pembayaran yang masuk dan melakukan rekonsiliasi keuangan, termasuk untuk memprediksi pasokan barang yang tersedia.

4. Tidak perlu bingung apabila tidak ada uang tunai

Keuntungan dari sistem pembayaran online  bahwa seseorang tidak perlu membawa uang tunai dimanapun yang pada gilirannya mengurangi kemungkinan pencurian dari dompet, mengurangi ketidaknyamanan karena membawa uang tunai apalagi jika jumlahnya banyak, dan memberikan kebebasan jika sewaktu-waktu butuh perubahan (misalnya transaksi lebih dari sekali) saat transaksi dilakukan.

Pelanggan tinggal klik ataupun menempelkannya di hardware, yang anda fasilitasi transaksi sudah dilaksanakan. Tentu lebih nyaman dan cara ini juga dinilai lebih efisien dalam hal waktu dan tenaga.

 5. Lebih aman

Setiap orang pasti pernah merasa was-was ketika membawa uang tunai dalam jumlah besar, risiko seperti kehilangan, kecopetan maupun dirampok. Anda pun juga pernah khawatir uang yang anda terima itu palsu.

Kini kamu nggak perlu lagi merasakan hal tersebut jika anda menggunakan cashless, karena nominal uang anda yang anda miliki sudah tersedia di aplikasi pembayaran.

Soal keamanan pun sudah pasti telah diantisipasi aplikasi, sebab setiap individu dibekali dengan password yang hanya diketahui anda, dan sistem verifikasi yang sistematis, sehingga menimalisir terjadi kecurangan.

Sebagai seorang pebisnis, fasilitas pembayaran transaksi online yang tersedia, anda memberikan kenyamanan sekaligus keamanan bagi pelanggan anda.

6. Lebih bersih

Mungkin banyak dari kita yang tidak sadar kalau benda-benda yang ada di sekitar merupakan sarang kuman dan bakteri penyebab penyakit. Salah satunya adalah uang. Uang tunai maupun koin yang anda terima ,bisa saja ada banyak bakteri yang berkumpul di lembaran atau koin uang.

Menurut penelitian selembar uang kertas yang anda pegang, dihinggapi 3.000 jenis bakteri.   Setiap lembar uang yang anda pegang kebersihan dan kehigienisan belum tentu terjamin.

Namun hal itu tidak akan terjadi ketika anda menggunakan uang digital dalam bertransaksi. Anda yang menggunakan aplikasi transaksi online, anda membantu pelanggan anda untuk terhindar dari bakteri yang berbahaya di selembar uang.

Jadi apakah anda berminat memberikan fasilitas pembayaran secara online?

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha