Ketakutan Berjualan Online Itu Wajar, Begini Cara Mengatasinya

Cerita Terkini 3 Jul 2020, By Reky Arfal
Ketakutan Berjualan Online Itu Wajar, Begini Cara Mengatasinya Ketakutan berjualan online itu adalah hal yang wajar. (Brillio)

Memulai usaha online memang menjadi kekhawatiran sendiri bagi pedagang yang selama ini hanya mengandalkan penjualan konvensional atau toko fisik. Tapi, itu tidak boleh dijadikan ketakutan berlebih sehingga menghambat tumbuh kembang usaha Anda. Untuk dapat tetap bertahan, Anda harus mengikuti perkembangan zaman untuk mendukung kemajuan bisnis Anda.

Sebab itulah penting kiranya untuk melebarkan bisnis Anda ke dunia digital. Di internet, bisnis Anda berpeluang dilihat oleh lebih banyak pengguna media digital. Anda bisa memanfaatkan platform media sosial yang saat ini menjamur dan digunakan banyak orang Indonesia. Meski demikian, jangan pula meninggalkan toko fisik atau konvensional, ya. Alangkah bagusnya apabila penjualan offline dan penjualan online ini berjalan beriringan.

Miliki pola pikir positif

Biasanya, yang membuat banyak pelaku usaha tidak berani memulai berjualan online adalah tidak punya pengalaman sehingga ia takut memulainya. Padahal, perdagangan digital saat ini benar-benar digandrungi banyak orang sehingga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan Anda. 

Sangat wajar apabila Anda tidak memiliki kemampuan yang memadai dalam dunia digital, akan tetapi hal itu tidak harus menghalangi langkah Anda untuk berkembang. Karena itulah, milikilah pola pikir yang positif untuk dapat membantu Anda dalam beradaptasi, belajar, dan mengembangkan toko Anda.  

Nikmati prosesnya

Tentu saja, saat-saat beradaptasi dari konvensional menjadi digital bisa jadi adalah saat-saat tersulit Anda dalam berbisnis (karena banyak sekali yang mesti dipelajari). Untuk itu, Anda perlu menikmati proses tersebut dan teruskan perjuangan Anda dalam mengembangkan bisnis Anda ke dalam dunia digital.

Dengan menikmati setiap proses yang Anda alami itu, Anda akan merasa lebih enjoy dan santai dalam menghadapi kesulitan yang ada. Membentuk mindset ingin belajar sangat penting di sini. Anda harus mau menerima sesuatu yang baru, seperti pengetahuan dan ilmu-ilmu yang belum pernah Anda ketahui. Dengan menikmati setiap proses, Anda akan lebih mudah dalam memahaminya.

Berkumpullah dengan orang yang sudah sukses

Setelah baku-hantam dengan dunia digital, hal yang terpenting setelah itu adalah berkumpul dengan orang-orang yang sudah sukses, orang yang tingkatnya sudah di atas Anda. Berkumpul dengan orang-orang yang expert (berpengalaman) dengan dunia digital sangat dianjurkan untuk meningkatkan motivasi Anda dalam mengembangkan bisnis. 

Anda akan merasakan energi positif yang sangat besar apabila Anda berada di antara orang-orang hebat, dalam bidang apapun itu. Energi positif itulah yang bakal menguatkan Anda dalam mengarungi perjalanan Anda merintis bisnis.

Di samping itu, usahakan untuk terus melakukan diskusi berbagi pengetahuan, pengalaman, kisah-kisah yang sulit, serta apapun yang dapat dibagi. Dengan pengalaman-pengalaman itulah Anda akan berjalan dengan baik, apabila Anda amalkan semaksimal mungkin.

Buatlah perencanaan usaha yang matang

Pengalaman sukses orang-orang yang Anda coba amalkan tidak akan berfungsi apabila Anda tidak membuat perencanaan usaha yang matang untuk bisnis Anda sendiri. Penting untuk diketahui, bahwa cerita-cerita sukses, pengalaman-pengalaman yang luar biasa yang dimiliki orang itu, adalah pedoman yang tidak bisa seutuhnya Anda tiru, karena yang berhasil bagi orang lain belum tentu berhasil untuk Anda.

Untuk itu, Anda perlu mengevaluasi apa yang Anda temukan di luar. Ambil yang baik, buang yang buruk. Buatlah perencanaan yang sesuai dengan jenis bisnis Anda & kondisi yang dihadapi bisnis Anda. Dengan perencanaan yang matang & sesuai dengan bisnis Anda, maka dapat dipastikan bisnis Anda akan terus berjalan sesuai keinginan Anda.

Bangun jaringan kemitraan untuk kelangsungan usaha

Untuk tetap bertahan dan bahkan mengembangkan usaha dalam dunia digital, Anda bisa membangun jaringan kemitraan bisnis Anda. Di dunia digital, membangun kemitraan ini cukup mudah dilakukan. Salah satunya, Anda bisa membuat pengumuman atau penawaran kepada orang-orang yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjual produk yang Anda punya. 

Saat ini, banyak sekali pelaku dagang seperti reseller dan dropshipper yang memanfaatkan media digital untuk mencari keuntungan. Anda bisa memanfaatkan mereka untuk meningkatkan profit bisnis Anda. 

Jangan pikirkan omongan orang lain

Hal terakhir adalah tetap fokus dan jangan pernah memikirkan omongan orang lain yang ingin menjatuhkan Anda. Memang, ada kalanya menerima kritik dari orang dapat membangun dan mengevaluasi bisnis yang Anda punya, akan tetapi, tidak semua omongan orang memiliki arti dan tujuan yang baik. Terutama dalam berbisnis, Anda harus hati-hati dalam mendengarkan sesuatu, jangan sampai menyulut emosi Anda. Filterlah omongan-omongan yang membicarakan Anda agar Anda dapat fokus dalam mengembangkan bisnis Anda. So, selamat mencoba!

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha