Kiat Memilih Pemasok Agar Dagang Bisa Cuan

Cerita Peluang Usaha 27 Mar 2020, By Teman Dagang
Kiat Memilih Pemasok Agar Dagang Bisa Cuan Pemilihan supplier yang tepat bisa membuat bisnis Anda cuan (Findira)

Penyediaan stok barang merupakan bagian utama dalam usaha perdagangan. Ketersediaan stok barang harus tetap stabil agar dapat memastikan lancarnya usaha Anda. Salah satu faktor yang menentukan kestabilan stok barang adalah pemilihan pemasok barang. Apalagi, jika usaha Anda tidak memiliki bahan baku atau memproduksi barang dagangan sendiri.

Kehadiran pemasok barang dalam bisnis sangat berpengaruh dalam jalannya usaha Anda. Sebab, pemasok menyuplai barang yang akan Anda perdagangkan. Modal yang dimiliki pelaku usaha sebagian besar dipergunakan untuk menyediakan barang dagangan. Salah menentukan pemasok barang bisa membuat usaha Anda merugi. Kalaupun mendapat keuntungan, hasil yang diperoleh tidak akan maksimal. Oleh karena itulah sebagai pelaku usaha, Anda perlu memilih dengan tepat pemasok barang untuk usaha Anda.

Pemasok barang akan selalu ada menawarkan produk yang mereka miliki. Banyak di antara mereka gencar memberikan promo sebagaimana pedagang pada umumnya agar produk mereka laku terjual. Di antara banyaknya pilihan itu, tak sedikit juga ditemui pemasok-pemasok yang bermasalah. Seperti mematok harga yang terlalu tinggi, pengantaran barang yang sering terlambat, atau kualitas barang yang di bawah standar. 

Kalau sudah begini, usaha yang Anda jalankan tentu akan terkendala. Kecermatan dan kebijaksanaan diperlukan agar Anda dapat menentukan pemasok yang tepat untuk usaha Anda.

Memilih Pemasok yang Terpercaya

Unsur utama dalam memilih pemasok adalah kepercayaan. Sebab, memilih pemasok sama artinya dengan mempercayakan modal usaha Anda kepada mereka. Maka dari itulah, Anda harus mengenal baik pemasok barang untuk usaha Anda. Tak hanya individunya tapi juga barang yang mereka suplai. Memilih pemasok yang terpercaya tentunya akan membuat Anda lebih merasa aman dan tidak khawatir bekerja sama.

Namun, untuk Anda yang baru memulai usaha tentu tidak gampang untuk menemukan pemasok yang dapat dipercaya. Anda dapat mencari lebih dulu pemasok barang yang akan Anda pilih baik secara luring (offline) maupun daring (online).

Untuk mencari pemasok secara luring, Anda dapat melakukannya dengan bertanya ke orang lain yang menjalankan usaha serupa. Dari mereka Anda bisa mendapatkan testimoni produk dan pelayanan dari bakal calon pemasok Anda. Cara lainnya, Anda dapat datang ke agen pemasoknya langsung. Cara ini dapat memastikan kondisi dan pelayanannya dengan lebih jelas.

Jika tidak ada pemasok barang yang dicari di kota Anda, Anda dapat pula mencari secara daring lewat forum jual-beli di media sosial atau melalui marketplace seperti Shopee, Bukalapak, Lazada, ataupun Tokopedia. Walau terkesan berisiko, namun Anda bisa mengecek kredibilitas calon pemasok lewat kolom komentar di sana. Apakah mendapat banyak testimoni positif yang berisi kepuasan atau lebih banyak keluhannya.

Tentu saja selain kredibilitas, kualitas barang harus tetap menjadi tolok ukur. Kualitas barang yang ditawarkan oleh pemasok adalah kualitas yang Anda tawarkan pula kepada pelanggan Anda nantinya. Jangan tergiur dengan harga yang lebih murah jika kualitasnya buruk. Sebab, hal itu akan menurunkan kepercayaan pelanggan kepada usaha Anda.

Pelanggan hanya akan kembali kembali ke toko Anda jika puas saat pertama kali berbelanja. Jika pembelian pertama sudah merasa puas, tentulah mereka berpeluang akan membeli ke Anda lagi. Maka dari itu, barang dari pemasok Anda mestilah berkualitas baik.

Mempertimbangkan Kapasitas dan Konsistensi Pemasok

Pelaku usaha pastilah membutuhkan stok barang dalam jumlah besar untuk dijual. Maka dari itu, pemasok pun mesti memiliki kesanggupan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Seiring berjalannya usaha, tak jarang didapati beberapa pemasok yang kelabakan dalam memenuhi pesanan. Sehingga, pengantaran barang sering terlambat atau jumlah yang diantarkan menurun dari biasanya. Hal ini bisa jadi lantaran banyaknya pelaku usaha yang suplai barangnya dari satu pemasok yang sama

Setiap pemasok barang memiliki kemampuan berbeda-beda dalam menghasilkan bahan baku atau menyuplai barang. Maka dari itu, Anda mesti hanya memilih pemasok yang dapat bertanggung jawab memenuhi pesanan secara tepat waktu. Jangan ragu untuk mengganti pemasok agar suplai barang Anda tetap stabil.

Anda juga bisa bekerja sama dengan lebih dari satu pemasok. Dengan begitu, seandainya suplai barang dari salah satu pemasok terkendala, suplai barang tetap bisa dipenuhi oleh pemasok lainnya.

Membandingkan Harga antara Para Pemasok

Untuk mendapatkan keuntungan, harga yang Anda tawarkan lebih tinggi daripada harga barang dari pemasok. Maka dari itu, harga dari pemasok sebaiknya juga lebih rendah sehingga Anda dapat menawarkan harga yang lebih baik kepada pelanggan.

Saat memilih pemasok yang ingin diajak bekerja sama, harga menjadi acuan penting. Apabila terdapat dua atau lebih pemasok dengan kualitas barang yang sama tapi memberi penawaran harga yang berbeda, pilihlah pemasok yang harga barangnya lebih murah.

Hanya Suplai Barang Sesuai Kebutuhan Toko Anda

Dalam persaingannya, banyak pemasok yang menawarkan berbagai promo untuk menarik pelaku usaha menyuplai barang dari mereka. Cermatilah setiap tawaran yang diberikan oleh para pemasok agar Anda tidak cepat tergiur oleh promo-promo yang diberikan.

Apalagi, jika promonya memberi penawaran barang dalam jumlah besar. Para pemasok tentu ingin barangnya cepat laku agar tidak terus berada di gudang. Anda harus jeli agar membeli hanya sesuai kebutuhan toko Anda saja. Jika tidak, justru barang-barang tersebut akan menumpuk di toko Anda dalam waktu yang lama.

Promo dari pemasok barang memang sering kali menggoda para pelaku usaha untuk memasok barang lebih banyak. Namun Anda perlu ingat bahwa Anda melakukan usaha terus-menerus untuk waktu yang lama. Maka, penentuan kebijakan usaha mestilah untuk strategi jangka panjang pula.

Jumlah kebutuhan barang di toko Anda perlu disesuaikan dengan modal serta kapasitas gudang Anda. Di samping, juga memperhatikan ketahanan seberapa lama barang tersebut bisa disimpan. Maka dari itu, tata kelola gudang Anda juga perlu dibenahi agar tidak terjadi penumpukan atau kekurangan stok barang. Dengan begitu, gudang Anda bisa digunakan secara lebih optimal. 

Lancar tidaknya suplai barang toko Anda ditentukan dari pemilihan pemasok Anda. Apabila pemasok dapat bekerja sama dengan baik, tentulah akan melancarkan usaha Anda secara berkelanjutan.

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha