Kunci Sukses Tom Liwafa, sang Crazy Rich Surabaya

Cerita Peluang Usaha 25 Mei 2020, By Fitri Mariya Amin
Kunci Sukses Tom Liwafa, sang Crazy Rich Surabaya Tom Liwafa juga pernah mengalami naik-turun bisnisnya (Detik News)

Tom Liwafa adalah seorang pengusaha sukses berasal dari kota Surabaya. Karena kesuksesannya di dunia bisnis ia dijuluki sebagai “Crazy Rich Surabaya”. Saat ini Tom memiliki 12 lini usaha di berbagai bidang seperti fashion, food & beverage, dan juga entertain. Namun dibalik kesuksesannya ini Tom mengaku bahwa ia memulai semuanya dari nol. Tom mulai berjualan pada tahun 2008 dengan menjual stiker distro, barang second dan apa saja yang dianggapnya cocok untuk mengisi waktunya setelah selesai kuliah.

Tahun 2010 Tom merintis usaha di bidang fashion bersama istrinya. Mereka membuka usaha tas dan sepatu. Usaha ini mereka kembangkan menjadi usaha ritel karena mereka melihat peluang pasar berdasarkan karakter perempuan yang suka berganti tas dan sepatu. Kini usaha mereka telah memiliki brand sendiri yaitu Handmadeshoesby dan Delvation Store di Surabaya. Tom mengatakan bahwa ia juga sudah menjalankan bisnisnya secara online dari tahun 2010. Setelah sukses menjalankan bisnis pada tas dan sepatu selanjutnya Tom bersama istri juga memulai bisnis Food % Beverage yang juga ia dirikan di Surabaya.

Dalam menjalani bisnisnya Tom mengatakan bahwa pasti akan ada tantangan dan kendala yang harus dihadapi. Tantangan yang dihadapi bisa saja berasal dari restu orang tua, kompetitor atau pesaing, dan juga dari diri sendiri. Namun Tom juga memberikan tips untuk mengatasi masalah ini. Bila terkait dengan restu orang tua yang menurutnya sangat ia butuhkan dalam menjalankan usaha, ia akan mencari waktu yang tepat seperti ketika mood orang tuanya sedang bagus. Jika sudah begitu dia akan mencoba untuk meyakinkan orang tuanya.

Ketika menghadapi kendala dari para pesaing yang mungkin telah lebih dulu memulai, ia mengatakan bahwa kuncinya adalah dengan menampilkan keunggulan yang dimiliki apakah itu dari segi produk, pelayanan terhadap pelanggan, dan juga variasi produk yang dimiliki. Bila masalah datang dari diri sendiri ia mengatakan bahwa kedisiplinan dan rasa tanggung jawab adalah kuncinya untuk sukses menjalani bisnis.

Sukses tak Menghilangkan Kepeduliannya terhadap Sesama

Memiliki banyak bisnis dan sukses tak membuat Tom Liwafa lupa akan daratan. Tom tetap memiliki sikap empati yang tinggi dan kepedulian terhadap sesama. Ditengah wabah corona yang sedang menyerang dunia dan Indonesia, Tom menunjukkan sikap kepeduliannya dengan memberikan donasi berupa uang tunai, beras, dan mie instan kepada masyarakat Surabaya yang membutuhkan. Menurutnya berbagi itu indah, ketika berbagi tidak perlu memikirkan apa yang kita peroleh, biarlah Allah yang menentukan apa yang terbaik untuk kita, dari Tom Liwafa mantan orang susah, kata- kata ini diungkapkannya dalam sebuah postingannya di instagram saat memberikan donasi untuk masyarakat Surabaya.

Kepeduliannya terhadap sesama juga tak sampai disitu. Wabah virus corona saat ini diakui sangat memukul sektor usahanya. Tak mudah baginya untuk meneruskan usaha tas dan sepatunya. Melihat peluang pasar akhirnya Tom mengalihkan produksinya untuk membuat baju hamzad dan masker non medis. Langkah ini diambilnya agar karyawannya tetap bisa bekerja. Ia mengaku bahwa ia menjual murah produk tersebut karena menurutnya itu ia lakukan agar ia juga bisa berdonasi. Jadi tidak hanya memikirkan keuntungan semata.

Selain usaha tas dan sepatunya yang terkena imbas, Tom mengakui bahwa bisnis kulinernya pun mengalami dampak dari virus corona. Kini Tom mengusahakan bisnisnya untuk tetap berjalan secara online. Karena saat ini belanja secara online dilihatnya sangat berkembang pesat karena adanya anjuran pemerintah untuk tetap berada di rumah. Tom juga menegaskan bahwa dalam kondisi seperti ini sikap adaptif adalah langkah yang harus diambil agar bisnisnya tetap berjalan.

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha