Lady Malino dan Cara-cara Kreatif untuk Jadi Pengusaha Sukses

Cerita Sukses 20 Jun 2020, By Delviadry Ruvi
Lady Malino dan Cara-cara Kreatif untuk Jadi Pengusaha Sukses Berawal dari hobi pergi ke spa, Lady Malino kini memiliki usaha spa-nya sendiri yang sudah beromset hinggal 20 juta per bulannya. (daya.id)

Sosok Lady Malino menjadi inspirasi baru bagi pelaku usaha yang tengah berjuang menjalankan bisnis. Ia merupakan salah satu pemilik salon ternama di Jakarta yang memulai bisnis dari bawah. Tak mudah bagi Lady untuk mencapai posisinya seperti saat ini. 

Kisah sukses Lady Malino berawal dari hobinya menghabiskan waktu di spa. Dari sanalah ia bersama rekannya Ike Suharjo berinisiatif membuka usaha dengan menggandeng franchise terkemuka. Berbekal modal cukup besar, bisnis yang mulai ditekuninya itu mulanya berjalan sesuai dengan keinginannya. Pendapatan yang dihasilkan spa milik Lady cukup tinggi, menembus angka Rp 18-20 juta tiap bulannya.

Dalam berbisnis, tentu saja ada banyak rintangan yang akan dihadapi, terutama bagi para perintis mula. Lady bersama rekan bisnisnya pun mengalami hal serupa. Meski demikian jalannya, sebagai pelaku usaha, Anda tak boleh menyerah begitu saja, malah harus berpikir lebih keras untuk memecah kebuntuan tersebut, sebagaimana yang dilakukan oleh Lady Malino, salah satu pemilik Diarra Queen Spa yang sukses besar.

Tahun Pertama Bisnis Lady Berjalan Terseok-seok

Bisa dibilang bahwa tahun pertama usahanya berjalan cukup 'terseok' dan mengalami kerugian yang cukup besar. Di tengah berkembangnya usaha, sebagaimana pebisnis lain, Lady juga terlibat cukup banyak masalah. Seperti kendala dari pihak vendor, karyawan yang keluar-masuk hingga masalah dengan aturan sistem yang diberikan oleh franchisor. Salah satu yang cukup mengganggu adalah keberatan para karyawan Lady Malino yang tidak kuat dengan sistem franchise pusat terhadap penetapan tidak adanya gaji pokok. Di titik ini, Lady sampai harus nombok gaji pegawai dan harus mengalami defisit omzet yang cukup besar.

Akhirnya, Lady bersama rekan bisnisnya pun memutuskan kerja sama dengan franchise dan mulai mematangkan konsepnya secara mandiri. Lady membuka kembali spa-nya dengan nama Diarra Queen Spa. Lady Malino beroperasi dengan SDM yang minim. 1 admin, 2 terapis wanita dan 1 terapis pria. Mengutamakan pelayanan yang baik dan promosi dari mulut ke mulut membuat Diarra Spa semakin berkembang. 

Titik Balik Diarra Queen Spa

Untuk mengangkat bisnisnya, Lady memanfaatkan koneksinya dengan mengundang rekan sesama presenter, blogger, artis, hingga pejabat untuk mencoba perawatan di Diarra dan mengunggahnya ke media sosial. Selain itu, ia juga tidak berhenti berinovasi dengan promo menarik yang ditawarkan kepada para pelanggan setianya. Lady mengembangkan spanya dengan menambah perawatan pewarnaan rambut, facial, slimming, pencerahan kulit, waxing, manicure-pedicure, eyelash extension, serta pijat hamil. Diarra Queen Spa bekerja sama dengan salah satu vendor dan menerapkan konsep bagi hasil. 

Di sisi manajemen usaha, Lady bersama rekan bisnisnya, Ike Suharjo memutuskan untuk langsung turun tangan dalam memanajemen keuangan dan pengembangan promosi di media sosial. Pembagian tugas ini bertujuan agar Diarra Queen Spa dapat berkembang dan mempertahankan kualitasnya secara lebih stabil dan terukur. Dengan memonitori pergerakan bisnis secara langsung pun, sebetulnya akan lebih mudah bagi para pelaku usaha untuk menentukan langkah dan strategi marketing ke depan.

Keseriusan Lady dan rekan bisnisnya dalam mengembangkan Diarra Queen Spa ini bahkan sampai  memberikan pelatihan khusus kepada para karyawannya untuk mmengembangkan keahliannya. Saat ini, Diarra Queen Spa telah memiliki satu cabang dan membuka bisnis waralaba spa-nya sendiri.

Untuk mengembangkan sebuah usaha, Anda tidak bisa melakukannya dengan setengah niat. Terlepas dari alasan mengapa Anda membuka usaha tersebut, ketika sudah menjalankannya Anda mesti punya komitmen dan mental yang kuat. Sebab, Anda tidak pernah tahu rintangan apa yang akan Anda hadapi. Apabila Anda komit dan punya mental pebisnis, maka Anda pasti akan menemukan jalannya sendiri untuk keluar dari masalah tersebut, sebagaimana yang telah dilakukan Lady Malino ketika mengembangkan Diarra Queen Spa miliknya.

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha