Manfaatkan Ponsel Pintar Anda untuk Berdagang Secara Pintar

Cerita Teknologi 27 Mar 2020, By Teman Dagang
Manfaatkan Ponsel Pintar Anda untuk Berdagang Secara Pintar Ponsel pintar Anda dapat dimaanfaatkan untuk membantu penjualan Anda. (pikrepo)

Salah satu produk teknologi masa kini yang bisa Anda gunakan sebagai langkah awal memajukan usaha adalah ponsel pintar (smartphone). Alat komunikasi ini sangat lekat dengan keseharian kita. Kecanggihan teknologi Smartphone yang semakin berkembang dari hari ke hari menjadikannya perangkat yang wajib dimiliki. Berbagai fitur terbaru terus dihadirkan guna mempermudah aktivitas, dan semua kemudahan itu berada di dalam genggaman tangan.

Segala kemudahan yang dihadirkan smartphone hendaknya digunakan secara pintar. Sebagai pelaku usaha, penting bagi Anda untuk terus menjalankan usaha secara pintar demi mempertahankan jalannya usaha.

Maksimalkan Penggunaan Media Sosial

Pemanfaatan smartphone untuk berdagang dapat Anda lakukan dengan memaksimalkan penggunaan media sosial yang Anda miliki. Mulai dari promosi barang, membentuk branding, transaksi, menggaet pelanggan, hingga untuk berjejaring dengan sesama pelaku usaha. 

Media sosial memiliki beberapa kelebihan yang sangat cocok untuk digunakan dalam usaha. Pertama, Anda dapat berkomunikasi dan melakukan transaksi dengan pelanggan tanpa harus bertatap muka. Selanjutnya, Anda dapat menyimpan kontak pelanggan sehingga bisa digunakan sebagai database. Bila sewaktu-waktu Anda memiliki penawaran terbaru, Anda bisa langsung mengontak pelanggan Anda melalui kontak tersebut. Selain itu, sistem pembayaran pun juga dapat dilakukan hanya dari smartphone. Melalui transfer antarbank lewat aplikasi m-banking ataupun melalui dompet-dompet digital untuk semakin memudahkan transaksi. 

Memanfaatkan media sosial untuk berdagang saat ini gampang-gampang susah. Selain harus berhadapan dengan pelaku usaha lainnya yang juga berjualan lewat media sosial, Anda juga mesti menjaga kepercayaan para pelanggan di tengah maraknya fake seller atau pedagang-pedagang palsu yang suka menipu pembeli.

Ada banyak  pilihan media sosial yang bisa Anda gunakan untuk berdagang. Mulai dari Whatsapp, Facebook, Instagram, YouTube, Twitter, dan masih banyak lagi. Setiap media sosial tersebut tentunya punya keunggulan tersendiri yang mesti Anda perhatikan agar dapat memaksimalkannya menjangkau konsumen. 

Lakukanlah pengamatan cermat terkait media sosial apa yang akan Anda gunakan untuk menentukan mana yang lebih memungkinkan dijangkau oleh target pelanggan Anda. Pelajari pula pola interaksi pembeli di tiap-tiap media sosial agar dapat menggunakan pendekatan yang tepat. Anda bisa memanfaatkan semua media sosial yang ada untuk memperoleh hasil maksimal. Namun, perlu diingat, bahwa Anda harus tetap sigap dan cepat tanggap di semua media sosial tersebut. Sebab, konsumen tentunya lebih menyukai pedagang yang merespons pembeli dengan cepat.

Menentukan Target Penjualan

Sebagai pedagang, cobalah menyesuaikan target pelanggan dengan produk yang Anda jual. Baik itu berdasarkan jenis kelamin, usia, pekerjaan, hobi, atau faktor-faktor lainnya. Hal ini dikarenakan tidak semua orang bisa menerima penawaran produk tertentu. Sebagian orang hanya memiliki ketertarikan kepada produk spesifik yang dibutuhkan atau digemari mereka saja. Dengan menentukan target pelanggan, promosi yang Anda lakukan dapat berjalan dengan lancar.

Melakukan promosi di media sosial terhitung murah dan efektif mengingat aktivitas masyarakat cukup tinggi di media sosial sehingga peluang untuk produk Anda dikenal pembeli lebih besar. Walau begitu, jangan sampai kebablasan dengan terus-menerus promosi sampai membuat pelanggan jenuh. Jangan pula sampai akun media sosial Anda jadi sekadar katalog produk yang pasif.

Strategi promosi sebaiknya juga dibarengi dengan pembentukan branding produk Anda agar semakin melekat di ingatan pelanggan. Branding produk sangat diperlukan sebagai ciri khas dari produk Anda. Menggunakan cara ini, pelanggan akan memiliki keterikatan dengan produk yang Anda tawarkan.

Sebagai pelaku usaha, Anda pastinya mengerti bahwa pelanggan setia adalah hal yang sangat penting bagi jalannya usaha Anda. Selain menarik perhatian pelanggan lewat branding produk, tingkatkanlah interaksi Anda dengan pelanggan. Interaksi yang baik antara pelaku usaha dengan pelanggan akan membentuk keterikatan yang tak hanya sebatas penjual dan pembeli, tetapi juga layaknya teman. 

Setelah memahami strategi-strategi di atas, Anda harus konsisten dan fokus dalam menjalaninya. Strategi yang baik jika tidak dieksekusi dengan sama baiknya tentu tidak akan memberi hasil yang sesuai dengan yang kita inginkan. Susunlah targetan-targetan Anda untuk memastikan strategi sebelumnya terlaksana dengan baik. Dengan memanfaatkan smartphone secara maksimal, Anda bisa berdagang secara pintar untuk mendapat hasil yang juga maksimal.

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha