Mau Tambahan Penghasilan Jelang Idul Adha? 5 Ide Bisnis Ini Bisa Dicoba

Cerita Peluang Usaha 24 Jul 2020, By Teman Dagang
Mau Tambahan Penghasilan Jelang Idul Adha? 5 Ide Bisnis Ini Bisa Dicoba Ide bisnis menjelang Idul Adha berikut bisa Anda coba (infoperbankan)

Keuangan yang tidak stabil atau bahkan sering minus selama masa sulit pandemi virus corona menjadi persoalan finansial banyak orang, khususnya di Indonesia. Kondisi seperti ini tidak akan nyaman dijalani, dan juga bisa menghambat berbagai aktivitas. Apalagi menjelang perayaan hari besar umat Islam: Hari Raya Idul Adha atau biasa dikenal hari raya haji dan qurban.

Meski tahun ini ibadah haji ditiadakan lantaran pemerintah Arab Saudi menutup akses masuk akibat virus corona, tapi perayaan Idul Adha tetap berlangsung seperti biasanya. Pembedanya hanyalah proses. Setiap proses perayaan Idul Adha harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Informasi tersebut disampaikan dalam laporan resmi Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Tingginya kebutuhan menjelang Hari Raya Idul Adha bisa jadi salah satu minusnya keuangan. Namun, alasan apapun itu, Anda harus memiliki cara cerdas untuk mengatasinya. Misalkan saat ini usaha yang tengah Anda jalankan sepi terdampak corona, Anda bisa mencari tambahan penghasilan lain untuk memperbaiki kondisi keuangan.

Anda tidak perlu pesimis akan sulit jika mencari tambahan penghasilan di tengah situasi yang masih mengharuskan orang-orang untuk lebih banyak berada di rumah. Meski beberapa telah menjalani aktivitas saat pemerintah memberlakukan aturan new normal.

Bisnis yang Cocok Menjelang Idul Adha

Tidak terasa memang, dalam hitungan hari lagi umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Adha. Hari raya yang jatuh pada tanggal 31 Juli mendatang memang akan berjalan dengan sedikit perubahan. MUI telah menghimbau apa saja yang harus diterapkan dalam pelaksanaan salat dan pemotongan hewan kurban.

Selain mempersiapkan ibadan dan pemotongan hewan kurban, Anda bisa mencari tambahan penghasilan untuk keuangan Anda yang minus. Anda bisa memulai beberapa usaha yang cocok untuk dijalankan.

  1. Jual hewan kurban

Hari Raya Idul Adha identik dengan pemotongan hewan kurban. Tak heran, jika permintaan hewan kurban seperti sapi, kambing, atau kerbau akan meningkat. Artinya, menjual hewan-hewan tersebut menjelang Hari Raya Idul Adha dapat membuat penjualan Anda melonjak dan mendapatkan untung yang maksimal.

Merujuk laporan Kepala PLT UPTD Pasar Hewan Manonjaya di Kabupaten Tasikmalaya, penjualan hewan kurban pada 2019 mencapai 200 ekor per hari, sebagaimana dilansir dari laman Republik.co.id (22/7). Kondisi ini tentu sebelum adanya pandemi. Namun demikian, tahun ini permintaan masih cukup besar, yakni 90 ekor per hari.

  Jika Anda tidak memiliki hewan milik sendiri atau tidak memiliki peternakan sama sekali, jangan khawatir. Anda bisa mencoba menjadi reseller hewan kurban. Dengan menjadi reseller hewan kurban, Anda tak harus memiliki peternakan sendiri. Cukup bekerja sama dengan pemilik hewan kurban agar mendapatkan harga di bawah harga jual. Kemudian Anda bisa menjualnya. Anda juga bisa memanfaatkan media sosial milik Anda untuk melakukan promosi.

Sebagai catatan, usaha ini sebaiknya Anda mulai satu atau dua bulan sebelum Hari Raya Idul Adha. Alasannya sederhana, orang-orang yang akan berkurban kebanyakan mencari hewan kurban dari jauh hari. Beberapa juga beranggapan membeli hewan kurban jauh sebelum Hari Raya Idul Adha akan mendapatkan harga lebih murah. Poin paling penting saat Anda memilih usaha ini adalah pastikan hewan kurban yang Anda jual sehat dan tidak cacat, ya.

  1. Peralatan BBQ (Barbecue) atau Sate

Sudah tahu kan Hari Raya Idul Adha setiap orang pasti memiliki banyak daging? Biasanya, daging dari hewan kurban yang diperoleh akan dimasak dengan bermacam-macam menu. Contoh sederhana, orang-orang akan mengolah daging menjadi sate atau membuat barbecue agar kebersamaan keluarga menjadi hangat dan menjadi momen berkumpul yang seru.

Dengan begitu, Anda bisa menjual berbagai peralatan barbecue atau sate. Mulai dari, panggangan, tusuk sate, kipas, hingga arang sekalipun. Pasarkan juga produk tersebut di media sosial milik Anda, seperti Facebook atau Instagram. Atau kirim juga ke grup-grup Whatsapp.

  1. Menjual Bumbu Masak Siap Pakai

Sate tentu juga akan dibumbui agar setiap gigitan dagingnya terasa enak dan gurih, bukan? Tapi tahukah Anda bahwa tidak setiap orang mampu dan rajin membuat bumbunya sendiri?

Cobalah menjual bumbu-bumbu siap pakai untuk berbagai olahan daging, tidak hanya sate. Bisa juga rendang, tongseng, gulai, kalio, sop, dan lainnya.

  1. Buka Jasa Masak Daging Kurban

Bakat memasak yang Anda miliki tak boleh disia-siakan. Apalagi, tidak banyak orang yang mau repot memasak daging atau orang-orang yang tidak bisa mengolah daging kurban. Jasa memasak akan sangat berpeluang sukses saat Idul Adha ini.

Anda bisa menawarkan jasa masak daging kurban ke kerabat, tetangga atau promosi di akun media sosial. 

Peluang Usaha Lain untuk Tambahan Penghasilan

Anda mungkin saja tidak menemukan penjual ternak yang bisa diajak bekerja sama. Sementara Anda juga tidak andal dalam hal memasak. Tapi tenang, ada beberapa peluang usaha yang bisa Anda jadikan tambahan penghasilan.

  1. Prelove atau Jual Barang Bekas

Coba sesekali kamu perhatikan barang-barang yang Anda miliki. Banyak bukan? Apakah semua barang itu dipakai? Misalnya saja sepatu, tas atau baju, apakah semuanya Anda pakai?

Cek kembali barang-barang Anda, kemudian pisahkan barang yang masih Anda pakai dan barang layak pakai yang sudah tidak ingin digunakan. Setelah terkumpul, ada dua cara yang bisa Anda lakukan, menjual pribadi dengan menggunakan media sosial dengan informasi a la selebgram “Preloved”. Buatlah promosi yang menarik dengan harga-harga yang telah Anda pikirkan sebelumnya.

Cara lain adalah dengan menjualnya langsung ke aplikasi atau situs jual-beli barang bekas secara online. Sudah banyak macamnya. Anda hanya perlu memilih satu yang sesuai dengan keinginan Anda.

  1. Jadi Guru Les

Di situasi pandemi virus corona ini, banyak sekolah yang masih meliburkan kegiatan di sekolah, menggantinya dengan belajar secara online. Cara ini tentu membuat beberapa siswa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran.

Anda bisa mengambil peluang sebagai guru les jika memang memiliki kemampuan dalam mata pelajaran tertentu. Anda bisa menawarkan les privat secara online. Jika belum bergabung pada aplikasi kursus belajar online, promosikanlah jasa Anda di media sosial. Atau, Anda bisa menawarkan kepada tetangga-tetangga di sekitar tempat tinggal.

  1. Pembuat Undangan Pernikahan Digital

Banyak calon pengantin yang terpaksa menunda rencana baiknya akibat virus corona. Tapi, beberapa tetap melangsungkan akad nikah di rumah tanpa menggelar resepsi. Jumlah undangan pun terbatas -- sesuai dengan imbauan pemerintah.

Peluang ini dapat Anda ambil jika Anda seorang yang memiliki kemampuan di bidang desain grafis. Anda bisa menjual jasa desain kepada mereka yang membutuhkan.

Itulah beberapa ide bisnis untuk tambahan penghasilan yang cocok Anda lakukan menjelang Idul Adha. Semoga bermanfaat.

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha