Mau Untung Berlimpah? Bisa Coba 4 Usaha Bisnis Online Ini!

Cerita Peluang Usaha 7 Jul 2020, By Elna Ayu Pinaringtyas
Mau Untung Berlimpah? Bisa Coba 4 Usaha Bisnis Online Ini! Peluang usaha berikut bisa mendatangkan untung berlimpah (Kompas)

Bisnis online adalah sebuah bisnis yang dijalankan dengan memanfaatkan jaringan internet dalam aktivitas bisnisnya. Bisnis jenis ini bisa dilakukan di mana dan kapan saja selama masih tersedia jaringan internet. Beberapa aktivitas bisnis yang masuk dalam kategori bisnis online, seperti kegiatan jual beli barang atau jasa online.

Sekarang ini bisnis online memang sudah sangat populer di semua kalangan baik remaja maupun dewasa. Hal tersebut bukan tanpa alasan mengingat saat ini hampir semua orang memiliki smartphone canggih yang sudah dilengkapi dengan fitur-fitur menarik.

Bisnis online ini bisa diandalkan karena bisa dilakukan meski memiliki modal minim. Lalu, apa yang harus saya jual?  mungkin sadar betul kalau tidak memiliki produk yang akan dijual. Cara praktis yang dapat  coba adalah dengan memilih produk apa yang ingin dijual.

Berikut beberapa usaha bisnis online yang bisa dilakukan secara simple dan efektif:

Reseller/Dropshipper

Reseller adalah sebuah model bisnis di mana penjual tidak harus mempunyai stok ketika bertransaksi dengan pelanggan. Namun seorang reseller harus sudah bekerja sama dengan pemilik toko apabila ada pesanan datang. Dengan begitu, mereka bakal mendapatkan potongan harga tertentu karena sudah bekerja sama.

Seorang reseller akan membeli produk tersebut dengan harga yang telah ditentukan dan nantinya mereka akan jual lagi kepada pelanggan. Selisih harga tersebut menjadi profit yang menguntungkan bagi seorang reseller karena dia bisa menentukan sendiri berapakah harga produk yang harus diberikan.

Dropship adalah model bisnis di mana pihak ketiga bekerja sama dengan pemilik toko untuk menjualkan produk mereka. Namun, sang dropshipper tidak berhak untuk menentukan harga sebab sang pemilik produk yang akan melakukan pengiriman barang. Dengan kata lain, dropshipper hanya seorang perantara saja.

Keuntungan dropshipper ditentukan oleh sang pemilik toko berdasarkan harga produk. Dengan begitu, profit yang didapatkan mungkin tak sebesar dari reseller (tergantung dari kebijakan pemilik toko).

Keuntungan lain dari menjalankan bisnis dengan cara menjadi dropship ini adalah nyaris tidak butuh modal untuk memulainya, tidak butuh stok, dan bisa dilakukan di mana saja selagi memiliki jaringan internet.

Memilih sebagai dropshipper artinya  sudah siap dengan keuntungan dan kekurangannya. Tapi tak dapat dimungkiri, menjadi dropshipper merupakan cara berjualan online yang mudah dan murah. Syaratnya tentu saja tekun dalam memasarkan produk secara konstan. Media sosial merupakan tempat yang cocok untuk memulai bisnis dropship ini.

Jasa Titip atau Handcarry

Fenomena jasa titip kian menjamur seiring tumbuhnya konsumen kelas menengah yang gemar berbelanja, siapapun bisa membuka layanan jasa titip, mulai remaja hingga Ibu rumah tangga menekuni profesi jastip sebagai pekerjaan. Cara kerja jastip sederhana, pemesan menghubungi jastip, mengirimkan gambar dan berkomunikasi melalui pesan singkat atau telepon, jika sudah setuju pemesan diminta melakukan transfer sejumlah biaya total beserta fee jastip yang beragam mulai 5 sampai 100 ribu, imbalan yang disetujui keduanya. Omsetnya pun tidak main - main mulai dari puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Content Publisher 

Setelah membahas tentang bisnis online di bidang jasa titip kurang lengkap rasanya jika tidak membahas bisnis online lainnya. Tidak kalah dengan bidang jastip, bisnis di bidang pelayanan juga dianggap memiliki prospek bagus untuk masa depan. Salah satu bisnis di bidang pelayanan yang juga sangat populer saat ini adalah membuka jasa pembuatan konten website.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh WPCurve menunjukkan bahwa keberadaan jasa pembuatan konten website sangat dibutuhkan di era globalisasi saat ini. Hasil survei tersebut menunjukkan 89 % dari bisnis startup menggunakan content marketing untuk memasarkan produknya.

Sedangkan 71% perusahaan memilih tidak menggunakan content marketing karena tidak memiliki banyak waktu untuk membuat konten. Jika kamu jeli, tentunya kamu bisa memanfaatkan peluang tersebut untuk membuka bisnis online. Dengan adanya survei yang dilakukan oleh WPCurve tersebut, kamu bisa menghitung seberapa besar potensi pendapat dari bisnis yang satu ini.

Perlu diketahui bahwa content marketing saat ini telah diakui sebagai salah satu metode pemasaran online terbaik dan terpopuler. Jadi tunggu apalagi? Segera memaksimalkan peluang ini dan bangun komunitas kamu untuk pembuatan konten website yang bagus dan berkualitas.

Menjual Jasa Tulis

Bidang lain yang memiliki prospek baik untuk dijual di internet adalah jasa penulisan. Jasa penulisan ini salah satu bidang terbaik yang bisa kamu jual di internet karena marketnya cukup luas terutama jika kamu memiliki kemampuan dalam menulis. Beberapa jasa tulis yang bisa kamu jual adalah sebagai berikut.

Translator, cara yang ini menyediakan jasa untuk pelanggan. Seperti namanya, translator dalam bahasa Indonesia berarti penerjemah. Artinya, kamu menyediakan jasa terjemahan bagi mereka yang membutuhkan. Sudah pasti kamu tidak membutuhkan modal sepeserpun, kecuali komputer atau laptop yang kamu gunakan untuk menerjemahkan tulisan. Cara berbisnis seperti ini pun sangat sederhana dan bisa dilakukan secara mobile.

Kemudian, kamu pun bisa menawarkan jasa membuat konten-konten yang ramai dibutuhkan di internet. kamu bisa mencari-cari website yang membutuhkan penulis konten seperti artikel. Lalu, apabila kamu memiliki keahlian SEO (Search Engine Optimization), membuka jasa konsultan optimasi website adalah pilihan bisnis online menjanjikan.

Pada dasarnya, bisnis online kamu ini akan membantu website pebisnis untuk mendapat peringkat terbaik di mesin pencari. Dengan demikian, akan mendatangkan banyak pengunjung yang berpeluang meningkatkan penjualan produk mereka. Belum banyak yang memiliki keahlian ini, jadi jasa kamu akan sangat dibutuhkan.

Menjual Produk Sendiri  

Menjual produk sendiri adalah salah satu bisnis online yang cukup berpeluang untuk mendatangkan penghasilan yang berlimpah. Terutama apabila produk sendiri tersebut merupakan produk yang kamu buat sendiri alias handmade atau homemade. Caranya mudah, kamu tinggal membuat sistem pre-order (PO) agar kamu tidak begitu merugi apabila produk kamu belum laku.

Sistem PO ini adalah Cara yg dilakukan agar kita dapat menghitung berapa jumlah orderan dan budget yang akan kita buat sebelum menyediakan barang dagangan yg akan kita jual. Biasanya sistem PO ini berhasil untuk pengadaan barang yang sulit didapatkan, usaha online untuk kategori kuliner, dan kategori home industri.

Pemilihan bisnis dengan metode online ini bisa jadi langkah dan tindakan yang tepat untuk mengembangkan potensi bisnis kamu. Tentunya hal ini turut didukung dengan perkembangan e-commerce yang semakin lama semakin berkembang menjadi lebih baik. Jadi, kesimpulannya adalah dengan memanfaatkan internet, ilmu dan pengetahuan yang kamu miliki akan sangat menambah penghasilan.

Naah, cukup mudah, kan. kamu bisa memulai dan  merencanakan bisnis usaha online kamu dari sekarang, tanpa modal besar tapi bisa menghasilkan untung yang diinginkan.

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha