Menerapkan Teknologi Secara Tepat dapat Membuat Pedagang Naik Kelas

Panduan Dagang 26 Mar 2020, By Teman Dagang
Menerapkan Teknologi Secara Tepat dapat Membuat Pedagang Naik Kelas Ilustrasi (Google)

Perkembangan teknologi yang kian pesat mampu memudahkan seluruh kegiatan kita. Tak terkecuali dalam kegiatan berdagang atau menjalankan usaha. Menggunakan teknologi dalam aktivitas dagang dan usaha dapat meningkatkan daya saing kita sebagai pelaku usaha. Menerapkan teknologi secara tepat dapat membuat pelaku usaha naik kelas.

Akan tetapi, masih banyak pelaku usaha yang enggan mengenal teknologi untuk mengembangkan usaha. Kebanyakan dari mereka masih betah dengan aktivitas usaha yang tidak melibatkan teknologi terkini. Misalnya saja pada pencatatan inventaris, transaksi, hingga pengiriman barang. Padahal, dengan memanfaatkan teknologi aktivitas usaha akan jadi lebih mudah. Baik bagi pelaku usaha, distributor, maupun konsumen.

Mempelajari teknologi terkini untuk keperluan usaha sebenarnya bukanlah perkara sulit. Selagi pelaku usaha punya kemauan kuat untuk mengembangkan usahanya, semua bisa dengan mudah dipelajari. Dengan meluangkan waktu mempelajari teknologi terbaru, pelaku usaha akan mampu untuk terus bersaing di era global ini.

Misalnya dalam kegiatan pembukuan keuangan yang meliputi pembukuan kas, pembukuan persediaan barang, pembukuan inventaris, dan lain sebagainya. Sebagian pelaku usaha sudah ada yang mulai melakukan pencatatan keuangan tersebut dengan sistem komputer. Namun tak sedikit pula yang masih menggunakan cara manual dengan buku catatan fisik. Melakukan pembukuan keuangan dengan catatan fisik tentunya kurang efisien dan memiliki berbagai kekurangan lainnya, seperti rawan salah perhitungan dan tidak memiliki cadangan jika hilang atau rusak.

Pencatatan pembukuan keuangan dapat dilakukan dengan komputer yang telah terhubung dengan sistem penyimpanan cloud. Selain pembukuan keuangan jadi lebih rapi, cara inipun juga lebih efektif dan tidak perlu khawatir jika misal komputernya hilang sekalipun karena sistem penyimpananya terhubung secara online dan memiliki cadangan data.

Membantu Pelaku Usaha dan Pedagang Mencatat Transaksi

Selanjutnya, terkait kegiatan transaksi mulai dari sistem transaksi hingga pencatatan transaksi. Sejak semakin¬berkembangnya bisnis jual-beli online di Indonesia, sistem transaksi pun mengalami perkembangan. Sistem pembayaran telah berkembang menuju ke era cashless di mana pembeli tak lagi membayar dengan uang tunai. Pembayaran non-tunai ini bisa berupa kartu kredit, transfer antarbank hingga penggunaan dompet virtual. Pelaku usaha dapat menambah metode-metode pembayaran non-tunai ini agar semakin mudah menjangkau serta memudahkan para konsumen untuk berbelanja.

Untuk pencatatan transaksi, pelaku usaha dapat menggunakan cara yang sama seperti pada pencatatan inventaris yang menggunakan sistem cloud pada komputer. Hal ini agar setiap transaksi dapat tercatat dengan detail dan dapat meminimalisir risiko salah hitung. Sudah banyak aplikasi pencatatan transaksi yang ditawarkan untuk membantu para pelaku usaha. Anda hanya harus memilih salah satu yang dianggap paling efisien, mudah, serta akurat.

Pengiriman Barang Jadi Mudah dengan Teknologi Daring

Pemanfaatan teknologi juga dapat digunakan dalam pengiriman barang oleh pelaku usaha. Dengan bergesernya kebiasaan belanja masyarakat yang mulai serba daring sehingga tidak terjadi pertemuan langsung antara konsumen dengan pelaku usaha, pelaku usaha mesti cermat mengakali hal tersebut dengan menyediakan jasa pengiriman. Bisa dengan menyediakan jasa antar barang sendiri, via jasa kurir, maupun dengan bekerja sama dengan pihak ojek daring untuk mengantarkan barang ke konsumen.

Sederet contoh di atas hanyalah langkah awal bagi pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya melalui pemanfaatan teknologi terkini. Dengan memanfaatkan teknologi terbaru, tentunya kegiatan usaha akan berlangsung dengan efisien secara efektif sehingga mampu menghemat tak hanya uang tapi juga waktu yang dimiliki pelaku usaha. Jika sudah begitu, pelaku usaha akan mampu naik level dengan cara membuka cabang usaha baru, memperluas jangkauan konsumen, hingga merambah ke bisnis lainnya.

Teknologi untuk Mengelola Stok Barang

Kemudahan yang ditawarkan teknologi juga menyasar pada fasilitas pengelolaan stok barang bagi pedagang. Pengaturan operasional yang ditawarkan teknologi ini memungkinkan Anda untuk berdagang lebih praktis dan efektif.

Dengan mengadopsi teknologi dalam pengelolaan barang dagang, Anda dapat bekerja lebih cepat. Anda tak lagi harus memasukkan banyak data dan angka pada berbagai spreadsheet atau mencatat manual pada buku. Anda tak lagi harus melakukan sinkronisasi data secara berkala. Waktu Anda menjadi cukup singkat dalam melakukan semua hal tersebut.

Belum lagi jika penjualan Anda terus meningkat. Pengelolaan stok barang dagang secara manual akan semakin repot. Untuk itu, mulailah untuk menggunakan aplikasi stok barang. Ini merupakan kebutuhan mendasar bagi para pedagang.

Adanya aplikasi pengelolaan stok barang dagang akan menghindarkan Anda dari beberapa kesalahan, seperti menjual barang dagang melebihi stok yang ada atau overselling. Anda juga tidak lagi khawatir akan kehabisan stok atau kelebihan stok. Sebab, dengan sistem manajemen stok pada aplikasi, Anda dapat melacak tingkat persediaan yang rendah. Anda juga dapat mengatur pemesanan ulang secara otomatis untuk setiap produk.

Kemudahan lainnya, Anda dapat mengatur pemesanan ulang atau re-order sembari menganalisis pola permintaan produk. Hal tersebut akan berdampak pada minimnya risiko adanyana stok yang lebih banyak dari kebutuhan dagang.

Menerima Semua Metode Pembayaran

Demi memberikan kenyamanan dan keamanan berbelanja kepada pelanggan, pedagang sudah harus menerima semua metode pembayaran yang berlaku saat ini. Seperti diketahui, era digital saat ini, gaya hidup terus berubah, termasuk dalam bertransaksi. Pembeli sudah tak lagi terbiasa membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak.

Oleh sebab itu, sebagai pedagang Anda harus menyediakan pilihan pembayaran yang beragam, Beberapa metode pembayaran tersebut di antaranya kartu berbentuk fisik dan perangkat seluler,

Perangkat seluler yang jamak digunakan antara lain, GoPay, Ovo, Dana, dan lainnya. Aplikasi pembayaran tersebut menggantikan fungsi dompet dan pasti lebih aman dalam berbelanja.

Kenyamanan dan keamanan berbelanja dengan adanya teknologi bukan hanya berlaku pada pembeli. Anda pun dapat menerima manfaatnya. Anda tak perlu takut dengan banyaknya metode pembayaran tersebut. Semua metode pembayaran tersebut akan terekam dan menyimpan data yang lengkap.

Saat ini, juga telah banyak produk teknologi yang dapat membantu pedagang dalam pencatatan keuangan. Anda bisa memilih salah satu yang cocok untuk usaha Anda.

Beberapa teknologi yang bisa membantu Anda, seperti Moca, Qasir, dan Youtap. Aplikasi-aplikasi ini dapat membantu Anda dalam mengelola keuangan usaha sehingga Anda tidak perlu pusing dengan pencatatan transaksi dengan banyak metode pembayaran.

Youtap misalnya, Aplikasi ini memungkin Anda untuk menerima semua metode pembayaran, baik tunai maupun non-tunai. Kemudian, aplikasi Youtap dapat membantu Anda dalam pengelolaan inventori, layanan kasir, laporan, dan analisis penjualan.

Beberapa penjelasan di atas semoga bisa dijadikan pertimbangan untuk Anda dalam mengelola usaha lebih baik lagi. Pilihlah teknologi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan usaha Anda. Kemudian kelola dengan baik keuangan Anda saat ini juga dengan lebih mudah dan nyaman. Yuk, dagang pintar untuk usaha lebih sehat.

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha