Merintis Bisnis Online dengan Tablet Lebih Mudah, Ini Caranya

Cerita Teknologi 18 Agt 2020, By Teman Dagang
Merintis Bisnis Online dengan Tablet Lebih Mudah, Ini Caranya Jika Anda memiliki tablet, merintis bisnis bisa menjadi lebih mudah (gsmarena)

Mungkin Anda adalah salah satu orang yang ingin merintis bisnis online dan sedang mencari tahu cara menjalankannya meski dengan modal minim atau bahkan nol rupiah. Sebenarnya, merintis bisnis online bukanlah hal yang susah. Dalam artikel kali ini, Temandagang akan membantu Anda dengan beberapa cara mudah merintis bisnis online.

Memang, pandemi Covid-19 membuat banyak orang banting stir: Pedagang konvensional menjadi online, karyawan menjadi usaha kuliner online, dan lainnya yang juga menjual apapun dengan sistem online. Tidak cukupnya penghasilan atau kehilangan penghasilan menjadi motivasi utama mereka membuka usaha online.

Apalagi, di tengah pandemi Covid-19 masyarakat Indonesia makin doyan belanja online. Ini merupakan kesempatan emas buat Anda yang akan membuka usaha online.

Seperti dilansir dari laman Tribunnews.com (29/7), dalam laporan survei Navigating Indonesia's E-Commerce dari penyedia solusi e-commerce Sirclo, pertumbuhan e-commerce pada 2020 diperkirakan bakal mencapai 91 persen. Artinya, selama pandemi berlangsung, e-commerce Indonesia diperkirakan mencapai 12 juta pengguna baru. Ini adalah calon pelanggan Anda.

Jika dalam kondisi normal, angka sebesar itu biasanya baru diperoleh dalam jangka waktu 1,5 hingga 2 tahun. Anda juga tidak perlu khawatir akan kehilangan pelanggan jika pandemi telah berakhir. Sebab, sebanyak 40 persen pengguna baru menyatakan akan tetap memakai layanan e-commerce meski keadaan sudah kembali normal. Kondisi ini tentu saja merupakan peluang bisnis untuk menambah pemasukan lewat wirausaha secara online, bukan?

Merintis Bisnis Online Lewat Tablet

Sudah sewajarnya, jika ingin memulai bisnis online, Anda memerlukan perangkat yang memadai. Salah satu perangkat yang bisa digunakan adalah komputer tablet. Lalu, bagaimana cara memanfaatkan tablet untuk mendukung pelaku usaha dalam menjalankan bisnisnya?

Kali ini Temandagang.id akan memberikan tips dari Samsung untuk memaksimalkan penggunaan tablet dalam merintis bisnis online Anda.

  1. Pilih target pasar dan jeli melihat peluang

Memulai bisnis online, Anda harus menentukan mau berjualan apa. Anda bisa mulai dengan mencari informasi mengenai perilaku dan preferensi konsumen pasar untuk ditargetkan. Mulailah mencari tahu di media sosial yang banyak digunakan orang-orang.

Media sosial dapat membantu Anda mengulas layanan atau produk yang bisa digunakan sebagai referensi dalam melihat peluang bisnis. Anda juga dimungkinkan  menganalisis kompetitor. Jadi, melalui media sosial, Anda bisa melakukan riset pasar untuk menentukan karakteristik pembeli produk.

Riset sederhana itu bisa Anda lakukan dengan kemudahan dan kelancaran berselancar di media sosial dengan Tablet Samsung Galaxy Tab S6 Lite yang dirilis beberapa waktu lalu. Tablet ini bisa menampilkan beberapa aplikasi sekaligus di layar dengan ukuran jendela yang bisa disesuaikan. Browsing pun bisa dilakukan sambil menelusuri informasi di media sosial atau membalas e-mail. Seru, kan?

  1. Perbanyak referensi dan berani berpikir "out of the box"

Untuk jadi pelaku usaha yang sukses, Anda memang punya tantangan sendiri. Anda dituntut untuk dapat berpikir kreatif. Ini dilakukan agar bisnis Anda dapat berkembang dengan optimal.

Anda harus mulai terbiasa berpikir “out of the box” dalam segala hal dalam bisnis, mulai dari jenis produk yang akan dijual, pengiriman barang ke tangan konsumen hingga promosi dan pemasaran.

Mencari ide-ide kreatif seperti itu bukan tidak membutuhkan referensi. Caranya mudah, Anda bisa menonton banyak video di Youtube ataupun media sosial, seperti Instagram.

Tablet seperti Galaxy Tab S6 Lite juga cocok untuk Anda yang ingin mencari ide-ide segar di Youtube. Tablet ini memiliki layar 10,4 inci dan baterai 7.040 mAh bisa menemani Anda menelusuri aneka jenis tontonan.

Saat mendapat inspirasi atau ide untuk pengembangan bisnis, Anda bisa langsung menulis di layar dengan bantuan stylus S Pen yang mampu mengubah tulisan tangan menjadi teks digital.

Langkah Benar Memulai Bisnis Online dari Nol

Saat memutuskan memulai bisnis online dari nol, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, di antaranya:

  1. Jangan berharap cepat kaya

Langkah pertama yang perlu Anda ketahui adalah membangun pola pikir: Bisnis online bisa bikin cepat kaya”. Jalani saja dan nikmati proses yang ada dalam memulai bisnis online ini. Anda harus fokus bagaimana cara dan strategi berjualan. Strategi-strategi ini sudah dibahas Temandagang.id pada artikel sebelumnya.

Percayalah, apa yang Anda bangun dan apa yang Anda lakukan saat ini di bisnis online perlu waktu dan proses untuk mendapatkan hasil penjualan yang maksimal.

  1. Rezeki tidak mungkin tertukar

Selain sandal di masjid, tidak akan ada yang tertukar. Apalagi rezeki yang memang sudah ada yang mengaturnya. Besar atau kecil hasil usaha yang didapatkan setiap orang tentu berbeda.

Sebagai contoh, cerita dari Wientor Rah Mada yang dikutip dari laman kirim.email. Ia pernah melakukan riset kecil-kecilan.

Wientor menjalankan iklan Facebook Ads bersama temannya dalam waktu yang bersamaan, objective iklannya sama, targeting iklannya sama, produk gambar, dan ads copy-nya juga sama, bahkan budgetnya pun sama.

Namun yang terjadi, meski semua variabel dibuat sama, tetap saja hasil yang diperoleh berbeda antara ia dan temannya. Itu membuktikan bahwa rezeki itu sudah diatur dan tidak mungkin tertukar.

Jadi ketika Anda sudah memulai bisnis online dan mendapatkan hasil yang tidak sesuai harapan, maka berpikirlah positif, mungkin rezeki Anda memang seperti itu. Jangan patah semangat, terus berdoa, dan terus berusaha.

  1. Mencari model bisnis yang tepat

Langkah selanjutnya adalah mencari model bisnis yang tepat dan menguntungkan. Jadi, meski Anda menjual produk yang sama dengan kebanyakan orang, Anda bisa menjualnya dengan cara yang berbeda.

Contoh sederhananya begini, misalkan saja Anda ingin memulai bisnis baju wanita. Jika Anda memiliki modal yang cukup, Anda tentu bisa menyetok produk baju tersebut kemudian menjualnya melalui website atau marketplace.

Namun, jika tidak, Anda bisa bekerja sama dengan supplier baju wanita, lalu menjualnya dengan sistem dropship. Sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan stok produk dan inventory.

Intinya, apapun pilihan model bisnisnya, Anda perlu menyiapkan hal-hal teknis untuk menjalankan bisnis online secara optimal.

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha