Meski Memiliki Usaha Kecil, Anda juga Bisa Investasi Kok

Cerita Peluang Usaha 7 Jul 2020, By Fitri Mariya Amin
Meski Memiliki Usaha Kecil, Anda juga Bisa Investasi Kok Usaha kecil bukan menjadi halangan Anda berinvestasi (HSBC)

Setiap pelaku usaha sudah pasti menginginkan keuntungan. Tidak ada yang berjualan tanpa memikirkan keuntungan. Berbagai cara dan strategi berjualan akan Anda lakukan untuk bisa mendapatkan keuntungan maksimal dari setiap penjualan. Lalu, setelah untung mau bagaimana?

Tak banyak pelaku usaha yang memikirkan pengelolaan untung selain dengan cara ditabung. Setiap keuntungan disimpan dan akan digunakan saat memerlukan uang tambahan atau ingin memberikan reward kepada diri sendiri dan keluarga.

Padahal, keuntungan dari setiap penjualan bisa lebih terkelola dengan baik jika Anda mulai berani untuk berinvestasi. Investasi adalah salah satu langkah yang sering dilakukan oleh pengusaha untuk bisa meningkatkan perekonomian.

Namun, seringkali investasi diidentikan dengan jumlah uang yang banyak dan tentu hanya bagi pengusaha besar. Padahal Anda yang memiliki usaha kecil pun bisa melakukan investasi. Selain itu, Anda kerap kali mendapatkan informasi menakutkan mengenai investasi sehingga Anda menjadi takut.

Investasi bukan hanya persoalan memberikan sejumlah uang kepada pihak ketiga, bukan itu saja. Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk investasi. Namun sebelumnya, mari belajar mengelola keuangan usaha dengan baik terlebih dahulu.

Lakukanlah terlebih dahulu pemisahan keuangan pribadi dengan keuangan usaha. Anda bisa memanfaatkan solusi teknologi dari Youtap Indonesia untuk membantu Anda dalam melakukan pencatatan keuangan. Youtap adalah salah satu aplikasi yang memberikan fitur pencatatan dan pengelolaan alur kas secara terperinci dan detail. Laporan ini akan dikirimkan secara rutin melalui email.

Dari hasil laporan tersebut, Anda tentu bisa melakukan analisis bisnis dan dapat mengelola keuangan dengan baik. Setelah pengelolaan keuangan Anda baik, selanjutnya Anda bisa mulai melakukan beberapa investasi berikut yang tidak membutuhkan modal besar.

Membeli properti untuk disewakan

Jenis investasi pertama yang bisa Anda lakukan adalah membeli properti untuk disewakan kembali. Anda bisa membeli sebuah kedai yang nantinya bisa Anda sewakan dan keuntungannya bisa menjadi income pasif bagi Anda.

Tabungan emas

Investasi emas adalah jenis investasi yang dilakukan oleh banyak orang. Alasannya tentu karena praktis dan mudah dilakukan. Investasi emas bagus untuk Anda yang ingin memiliki tujuan jangka panjang atau menengah. Investasi emas memberikan keunggulan dimana dalam kurun waktu minimal lima tahun Anda dapat mencairkannya dengan mudah, harganya pun cenderung naik, walaupun turun harganya tidak signifikan.

Saat ini pilihan untuk investasi emas ada 2 macam, yaitu membeli secara fisik maupun dengan cara menabung. Membeli secara fisik bisa Anda lakukan di toko atau butik emas dan tentu Anda bisa membawanya pulang secara langsung. Bila memilih cara menabung emas, Anda bisa membeli emas dengan sistem mencicil atau menabung sesuai dengan kemampuan. Kemudian hasil tabungan Anda akan dikonversi ke harga emas per gramnya. Cara ini memungkinkan bagi Anda yang hanya memiliki sedikit uang namun tetap ingin berinvestasi, karena investasi ini tidak memberatkan Anda.

Investasi P2P Lending

Investasi P2P lending atau peer to peer lending adalah investasi yang bisa Anda lakukan dengan modal yang kecil. P2P lending adalah sebuah praktik keuangan di mana Anda memberikan pinjaman uang kepada seseorang atau perusahaan yang membutuhkan pinjaman. Anda bisa melakukan investasi dengan berperan sebagai yang memberikan pinjaman. Saat ini banyak orang yang mengajukan pinjaman melalui P2P lending karena dikenal leih efektif dan lebih cepat dibanding mengajukan pinjaman kepada bank, koperasi, pemerintah, dan instansi lainnya.

Melakukan investasi di bidang P2P lending memberikan beberapa keuntungan bagi Anda. P2P lending sudah resmi diatur oleh OJK lewat peraturan OJK nomor 77/POJK.01/2016 jadi tentu investasi ini bukanlah investasi bodong atau penipuan. Lalu suku bunga yang diberikan juga memiliki nilai yang signifikan sehingga memberikan keuntungan bagi Anda.

Reksadana 

Reksadana bisa menjadi salah satu alternatif investasi bagi Anda yang baru memulai namun tidak memiliki banyak modal. Dengan resiko yang cenderung rendah bisa menjadi salah satu faktor Anda memilih jenis investasi ini. Keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan investasi ini adalah investasi ini tidak memerlukan biaya yang besar. Mudah untuk dibeli dan ditebus, cenderung lebih aman, memiliki banyak pilihan sesuai dengan kebutuhan dan yang terpenting adalah jenis investasi ini juga telah dilindungi oleh OJK.

Semoga dengan beberapa penjelasan diatas Anda bisa mengelola keuangan dengan baik dan bisa melakukan investasi untuk mendapatkan keuntungan meskipun usaha yang Anda jalani terbilang kecil-kecilan.

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha