Pandemi Covid-19 Membuat Penjualan Tidak Stabil, Yuk Simak 5 Tips Kelola Keuangan Usaha Anda

Cerita Terkini 6 Jun 2020, By Delviadry Ruvi
Pandemi Covid-19 Membuat Penjualan Tidak Stabil, Yuk Simak 5 Tips Kelola Keuangan Usaha Anda Anda harus kelola keuangan Anda dengan tepat untuk menghadapi penjualan yang tidak stabil. (Liputan6)

Cara berjualan di masa pandemi memang akan lebih sulit dari biasanya. Mau tak mau, Anda mesti beralih ke berjualan secara online. Sebab, mayoritas masyarakat Indonesia pun telah mengubah pola berbelanjanya menjadi serba online untuk mengurangi aktivitas di luar rumah untuk memutus rantai penyebaran virus, dan sebagai pelaku bisnis yang ingin bertahan, Anda wajib untuk mengikuti tren perkembangan ini. 

Di sisi lain, Anda masih sangat awam dan belum paham bagaimana cara berjualan online yang baik dan benar sehingga penjualan pun akan merosot dan menukik tajam. Imbasnya, Anda bisa kehilangan mata pencaharian. Namun jangan khawatir, sebab tentu saja ada banyak sekali solusi yang dapat Anda terapkan, beberapa di antaranya sebagai berikut.

Ketahui Kondisi Keuangan Usaha Anda

Di masa pandemi ini, pelaku usaha sudah pasti merasakan efek samping yang cukup kuat. Ada banyak sekali pelaku usaha yang terpaksa menutup tokonya ketika pandemi ini, dan mungkin Anda termasuk salah satunya. Tentu saja, hal ini cukup membuat repot usaha Anda dan dapat membuat pendapatan Anda hilang. 

Untuk itu, Anda perlu mengetahui bagaimana kondisi keuangan usaha yang Anda jalankan. Anda mesti benar-benar mengetahui kondisi kas usaha Anda untuk dapat bertahan di tengah pandemi ini. Dengan mengetahui kondisis keuangan usaha, Anda pun dapat menentukan strategi apa yang mesti Anda ambil ke depannya. 

Membuat Pengaturan Budget Bulanan

Penjualan tidak stabil yang Anda rasakan di tengah pandemi ini membuat Anda harus dan wajib membuat pengaturan budget bulanan. Dengan kata lain, Anda mesti lebih detail dalam membuat pengaturan budget bulanan bisnis Anda agar tetap survive di musim paceklik ini. Sebab, penjualan yang tidak stabil bisa saja membuat bisnis Anda mengalami defisit anggaran. Sehingga, efek buruknya, bisnis Anda bisa jatuh dan tak bisa bangkit lagi. 

Karena itulah, Anda mesti memanajemen budget Anda per bulan secara rinci. Harus ada penanganan khusus untuk menutupi krisis yang sedang menghantui bisnis Anda. Dengan manajemen budget yang baik, Anda dapat memperhitungkan langkah-langkah ke depan. Tak hanya itu, Anda pun juga dapat beradaptasi dengan situasi yang sulit ini.

Aktif Mencatat Jumlah Pengeluaran

Salah satu hal paling umum dan penting dari dunia bisnis adalah mencatat jumlah pengeluaran Anda secara konsisten. Catatan laporan tersebut bisa Anda jadikan bahan tinjauan untuk menjalankan bisnis Anda ke depan. Jika pengeluaran dan pendapatan tersusun rapi, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk bertindak dan menggerakkan bisnis, sekalipun di masa yang sulit.

Optimalkan Untung Penjualan Ramadan untuk Tujuan Finansial Jangka Panjang

Tips berikutnya yang dapat Anda terapkan adalah mengoptimalkan untung penjualan di bulan ramadhan untuk tujuan finansial dalam jangka panjang. Bisa dibilang, bulan ramadhan lalu adalah momen yang pas bagi Anda untuk menaikkan penjualan secara besar-besaran. Sebab, kebutuhan orang-orang naik dan sangat tinggi di bulan ramadhan. Keuntungan yang Anda dapatkan dari penjualan itu bisa Anda simpan atau Anda manfaatkan untuk menutup kerugian-kerugian yang Anda derita di tengah pandemi covid ini. 

Lebih Bijak dalam Mengeluarkan Uang

Tips terakhir dan sangat penting juga adalah Anda mesti lebih bijak dalam mengeluarkan uang. Perlu analisis yang mendalam dalam mengeluarkan budget. Di samping itu, Anda pun mesti memangkas pengeluaran-pengeluaran yang rasanya tidak begitu penting. Untuk itu, ada salah satu cara yang efektif supaya Anda bisa mengukur pengeluaran Anda, yaitu dengan memikirkan apakah pengeluaran yang ingin Anda salurkan tersebut dapat membantu bisnis Anda berjalan atau dapat menambah nilai bisnis Anda. Jika tidak, lebih baik urungkan saja pengeluaran tersebut.

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha