Panduan Memilih Produk Dagang Online yang Tepat untuk Dapatkan Untung yang Berlipat

Cerita Terkini 14 Jul 2020, By Teman Dagang
Panduan Memilih Produk Dagang Online yang Tepat untuk Dapatkan Untung yang Berlipat Memilih produk yang tepat untuk berjualan online juga berpengaruh terhadap untung (Detik Finance)

Tiga bulan terakhir, aktivitas masyarakat Indonesia mengalami banyak perubahan. Tak hanya mengurangi aktivitas di luar rumah dan menjaga kebersihan serta kesehatan saja, tapi mereka juga mengubah gaya berbelanja. Jika sebelumnya masyarakat Indonesia banyak berbelanja secara offline, kini sebagian besar telah beralih online. Hal tersebut berbanding lurus dengan banyaknya pelaku usaha yang akhirnya memutuskan memasarkan produk secara online.

Dalam laporan rapyd.net sebagaimana dikutip dari laman Katadata.co.id (13/7), peningkatan tren belanja online masyarakat terbanyak ada pada produk  pakaian, baju, dan aksesoris. Kemudian disusul produk kecantikan, kosmetik, dan kesehatan sebanyak 62 persen. Terakhir makanan dibawa pulang berada di peringkat ketiga sebesar 55 persen.

Survei tersebut melibatkan 3.500 konsumer online yang tersebar di Indonesia, India, Jepang, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Thailand. Adapun jumlah responden masing-masing negara sebanyak 500. Survei ini dilaksanakan pada Maret dan April 2020.

Hal senada juga disampaikan Senior Key Account Manager Consumer Goods Blibli Priscilia Chyntia sebagaimana disitat dari Liputan6.com (13/7). Menurutnya, peningkatan terlihat pada produk sanitasi, makanan ringan serta makanan instan. Ia menyebutkan bahwa masyarakat Indonesia selama pandemi virus corona beralih ke berbagai produk makanan segar seperti sayur, buah-buahan, makanan beku, multivitamin, dan produk-produk sembako, seperti minyak goreng dan beras.

Dari data di atas, jika Anda seorang pelaku usaha yang baru akan memulai usaha online, Anda harus pintar memilih produk yang akan dijual. Salah memilih produk, bukan tidak mungkin membuat Anda rugi.

Untuk itu, pilihlah produk yang tepat agar Anda bisa untung berlipat. Jika Anda masih bingung ingin berdagang apa, coba simak penjelasan berikut ini..

Kriteria Produk yang Cocok Dijual Online dan Cepat Laku

Memang tak mudah untuk memulai sebuah usaha online. Smartphone bukanlah satu-satunya yang bisa diandalkan untuk sukses berdagang online. Anda perlu mengatur pengelolaan usaha dengan benar, tidak asal-asalan. Sebab, persaingan bisnis online sangat ketat. Lalu, seperti apa kriteria produk yang cocok dijual secara online?

Sebaiknya Anda memahami beberapa kriteria produk yang cocok dijual secara online berikut ini. Sehingga proses promosi, pemesanan, dan pengiriman produk senantiasa lancar.

Ukurannya Tidak Terlalu Besar

Kriteria pertama yang harus Anda perhatikan saat ingin berdagang online adalah ukuran produk. Pilihlah produk atau barang yang tidak terlalu besar. Kenapa?

Jika Anda menjual produk secara online, Anda harus memikirkan mengenai pengiriman produk tersebut sampai ke tangan pembeli. Ukuran produk yang terlalu besar akan menyulitkan proses pengiriman. Selain itu, biaya pengiriman yang harus disiapkan pelanggan juga jadi semakin besar. Imbasnya, pelanggan enggan membeli produk tersebut karena beban biaya pengiriman yang mahal.

Jadi, pilihlah produk yang memiliki ukuran yang tidak terlalu besar.Jika tetap ingin menjual produk ukuran besar, cobalah mencari metode pengiriman terbaik: Aman dan hemat biaya. Meskipun itu sulit, tetapi jika produk Anda merupakan produk yang banyak peminatnya itu adalah hal yang bisa Anda coba.

Warna, Bentuk, Atau Penampilannya Menarik

Kriteria kedua, pilihlah produk yang memiliki warna, bentuk atau penampilan menarik. Sebab, berdagang secara online memiliki keterbatasan interaksi antara pembeli dan produk yang ingin dibeli. Mereka tidak dapat menyentuh dan melihat langsung produk tersebut seperti halnya berbelanja offline. Warna, bentuk, atau penampilan produk yang menarik akan mempermudah Anda ketika merepresentasikannya.

Selain itu, jika produk memiliki warna, bentuk, atau penampilan yang menarik, Anda dengan mudah dapat membuat konten visual atau audio visual yang istimewa untuk mempromosikan produk tersebut. Ketiga komponen tersebut dapat menghasilkan effort lebih pada foto maupun video. Biasanya tampilan produk yang menarik akan menggugah keinginan calon pelanggan untuk membelinya.  

Teksturnya Tak Mudah Pecah

Jenis barang pecah belah memang memiliki tantangan sendiri jika dijual secara online. Tapi bukan berarti tidak bisa, lho. Produk atau barang yang teksturnya agak rentan pecah bisa disiasati dengan menggunakan bubble wrap sebagai pembungkus.

Tapi, sebaiknya Anda memikirkan kembali jika ingin menjual produk mudah pecah. Sebab, meski telah menggunakan bubble wrap, resiko barang rusak selama proses pengiriman tetap besar. Apa Anda sudah siap menerima komplain pelanggan dan terpaksa ganti rugi bila produk pesanan pelanggan rusak? Itulah sebabnya barang yang tak mudah pecah merupakan pilihan terbaik bagi bisnis online Anda.

Produk Tahan Lama Dan Mudah Disimpan

Kriteria selanjutnya yang perlu Anda perhatikan saat ingin berdagang online adalah produk harus tahan lama dan mudah disimpan. Kelola produk dengan baik. Jangan terlalu banyak menimbun produk agar kualitasnya tetap terjaga.

Alangkah bagusnya Anda memilih produk yang tahan lama dan mudah disimpan seperti pakaian, buku, dan aksesori. Atau jika ingin berdagang makanan, pilihlah jenis makanan kering. Daya tahan produk tersebut lebih lama dibandingkan makanan segar yang hanya bisa disimpan beberapa hari.

Siklus Pemakaiannya Cepat

Nah, kriteria terakhir dan penting Anda ketahui adalah produk dengan siklus pemakaian yang cepat. Sebagai contoh, Anda bisa menjual makanan dan perlengkapan kebersihan pribadi. Kebutuhan ini memungkinkan pelanggan Anda lebih sering memesan sehingga omzet bisnis dapat stabil.

Hal yang juga perlu Anda perhatikan jika ingin berdagang online adalah memperhatikan sejumlah bisnis online sukses lainnya. Mereka dapat menjadi acuan bagi Anda untuk menjadi pelaku usaha online yang juga sukses.

Sekarang, mulailah tentukan produk yang ingin Anda jual. Perencanaan bisnis yang tepat, pengelolaan yang matang, produk yang pas, dan pengaturan sistem keuangan yang sistematis merupakan pondasi kuat untuk menjadi pebisnis online yang sukses.

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha