Pedagang Tetap Harus Sehat Demi Usaha yang Kuat

Cerita Peluang Usaha 10 Apr 2020, By Teman Dagang
Pedagang Tetap Harus Sehat Demi Usaha yang Kuat Ilustrasi menggunakan masker (Pixabay)

Di tengah masifnya penyebaran virus corona, masih banyak pedagang yang tetap menjalankan usahanya. Baik itu yang memiliki toko kelontong, membuka lapak di pasar, ataupun pedagang keliling yang berjualan dari perumahan ke perumahan. Padahal, di banyak negara lain, wabah virus corona telah menghentikan keseluruhan aktivitas luar ruangan warganya, termasuk kegiatan jual beli.

Pemerintah Indonesia sendiri telah mendorong untuk pemberlakuan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home kepada masyarakat. Tak hanya untuk bekerja, pemerintah pun meminta masyarakat melakukan physical distancing atau menjaga jarak fisik apabila harus berada di luar.

Menjalankan usaha berdagang saat pandemi virus corona melanda tentu saja sangat berisiko. Keuntungan yang semakin tak menentu serta ancaman tertular virus corona kerap membayang-bayangi setiap saat. Meski demikian, pedagang masih bisa berjualan dengan sehat dan aman sekalipun di tengah masa wabah virus seperti saat ini. Dengan memperhatikan hal-hal yang perlu dilakukan, resiko dapat diminimalisir, dan dengan menerapkan cara berdagang sehat, para pedagang tidak harus sampai membahayakan kesehatan diri dan keluarganya, ataupun pembeli saat berjualan.

Menjaga Kesehatan dan Kebersihan Diri

Covid-19 memiliki kecepatan penyebaran yang cukup tinggi. Hal ini dikarenakan virus corona menyebar lewat droplet (percikan cairan tubuh) melalui interaksi fisik manusia seperti bersalaman. Meski begitu, penularan virus ini dapat dicegah apabila Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik.

Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, Anda dapat memperbanyak mengonsumsi makanan bergizi. Selain itu, Anda juga perlu menjaga asupan air dalam tubuh dengan minum sekurang-kurangnya 8 gelas air per hari. Asupan air yang lancar mencegah tubuh Anda dehidrasi serta melancarkan metabolisme sehingga tidak gampang sakit.

Jam tidur yang cukup juga penting untuk menjaga daya tahan tubuh Anda, terlebih di saat wabah seperti ini. Gunakanlah waktu tidur Anda sebaik mungkin agar tetap bugar saat menjalankan aktivitas berdagang setiap harinya.

Tentu saja, meningkatkan imunitas tubuh Anda dalam melawan penyakit sangat penting supaya Anda, tidak hanya terhindar dari virus tetapi juga terhindar menjadi carrier si virus tersebut. Walau demikian, tetap melakukan tindakan preventif lainnya juga tak kalah penting agar Anda tak semata-mata mengandalkan daya tahan tubuh saja. Apabila dirasa perlu, anda bisa menambahkan vitamin ke dalam konsumsi rutin anda agar kesehatan tubuh semakin prima.

Tidak lupa, rajinlah mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer selama beraktivitas. Tingkat interaksi yang tinggi dengan orang lain sebagai pedagang tentunya perlu dibarengi dengan kewaspadaan yang lebih tinggi pula. Apalagi jika aktivitas berdagang yang Anda lakukan berada di pasar yang sangat ramai oleh manusia. Karena itu rajin-rajinlah anda mencuci tangan sehabis melakukan transaksi, kenakan masker kain serta hindari memegang atau menyentuh muka.

Menjaga Kebersihan Barang Dagangan

Anda pastilah tidak ingin menularkan apalagi sampai tertular oleh virus corona. Selain meningkatkan daya tahan tubuh dan memelihara kebersihan diri, Anda juga perlu menjaga kebersihan barang dagangan Anda.
Barang dagangan yang steril dan bebas dari virus tentunya akan memberikan kenyamanan bagi pelanggan Anda untuk bertransaksi. Jalankan prosedur sanitasi yang ketat terhadap barang dagangan Anda, apalagi jika usaha Anda menjual produk makanan dan minuman. Lakukan pembersihan setiap permukaan di tempat anda berjualan dengan cairan pembersih sebelum melakukan kegiatan, pada saat tidak ada pembeli dan di penghujung hari, lakukan pembersihan besar agar lingkungan tempat anda berjualan kembali bersih.

Komitmen Anda dalam menjaga produk tetap steril adalah jaminan yang dibutuhkan pelanggan dalam berbelanja. Sehingga, pembeli anda tidak perlu khawatir akan tertular virus setelah menerima barang dari Anda.Situasi ekonomi global memang terpuruk akibat virus corona. Akan tetapi, hal itu jangan sampai jadi batu sandungan yang menghentikan Anda mencari nafkah. Menerapkan pola hidup yang bersih dan sehat akan membantu Anda berdagang secara aman dan nyaman selama pandemi virus masih melanda.

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha