Pelaku Usaha Harus Kenali Tipe Konsumen untuk Terus Survive Berbisnis Online

Cerita Peluang Usaha 18 Apr 2020, By Teman Dagang
Pelaku Usaha Harus Kenali Tipe Konsumen untuk Terus Survive Berbisnis Online Kenali tipe konsumen berikut agar terus bertahan (kreditgogo)

Di era new normal ini, pelaku bisnis online shop mesti pintar-pintar dalam berjualan untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Sebagai pelaku bisnis khususnya pemilik toko online, Anda wajib untuk mempelajari target pasar dan juga pelanggan Anda. 

Setiap pelanggan tentunya memiliki perilaku dan tujuan yang berbeda-beda dalam melakukan transaksi. Di samping itu, pun memiliki selera atau cara berbelanja yang bervariasi pula. Tugas Anda sebagai pelaku bisnis adalah memahami karakter dari para pembeli ini.

Memahami tipe-tipe konsumen juga merupakan hal yang sebaiknya dipahami oleh para pebisnis online. Banyak pakar bisnis online yang menduga bahwa salah satu alasan strategi marketing yang baik tidak dapat bekerja sesuai harapan karena penjual tidak mengenali tipe konsumennya sendiri. 

Mengetahui lebih dalam kebiasaan serta karakteristik konsumen di dunia online bisa memudahkan Anda untuk memetakan strategi bisnis seperti apa yang akan diterapkan..

Konsumen Setia 

Konsumen online tipe ini biasanya memiliki karakter yang berbeda namun tujuan yang sama ketika mengunjungi online shop. Kebiasaannya adalah mengunjungi suatu online shop untuk mencari produk-produk yang mereka butuhkan. Konsumen tipe ini dapat melakukan observasi ke beberapa online shop untuk membanding harga dan kualitas masing-masing online shop. Apabila merasa sudah cocok dengan suatu produk, maka kemungkinan besar transaksi pembelian akan berhasil.

Untuk mendapatkan perhatian dan loyalitasnya, pemilik online shop hanya perlu untuk meningkatkan daya saingnya dengan memberikan harga yang relatif murah. Di samping itu, usahakan untuk tetap berada di urutan teratas mesin pencarian. Dengan begitu maka online shop Anda akan mudah ditemukan oleh calon konsumen. Sebagai pelaku bisnis online shop, Anda tidak perlu memikirkan tipe konsumen satu itu. Sebab, tugas utama Anda adalah konsisten dalam menentukan harga dan memberikan produk yang terbaik. Apabila sudah begitu, pembeli tipe ini pasti akan berlangganan tanpa perlu diyakinkan lagi.

Konsumen Banyak Tanya

Konsumen tipe pemburu harga murah biasanya adalah konsumen yang suka sekali berselancar di media sosial, marketplace, atau e-commerce untuk melakukan perbandingan harga dan kualitas produk antara online shop yang satu dengan  yang lain. Biasanya, konsumen tipe ini terfokus pada harga jual suatu produk dan belum paham betul mengenai spesifikasi produk yang sedang dicarinya sehingga akan ada kemungkinan pembeli tipe ini sedikit bawel dalam berkomunikasi.

Tugas Anda cukup menjelaskan dengan detail dan sabar mengenai produk yang ditawarkan. Berikanlah edukasi yang baik kepada konsumen tipe ini, karena langkah inilah yang dapat meyakinkannya untuk membeli produk yang Anda jual. 

Konsumen Pencari Diskon

Tipe konsumen dalam bisnis online yang satu ini biasanya sangat gemar berburu diskon di online shop. Konsumen ini dapat berlomba-lomba mencari online shop yang sedang menawarkan promosi dan diskon besar-besaran. Strategi yang bisa diterapkan untuk mempertahankan konsumen tipe ini adalah dengan memberikan penawaran diskon dan promosi yang menarik. Anda bisa menawarkan promo “buy one get one” atau gratis ongkos kirim setiap pembelian dengan minimum order tertentu.

Tipe konsumen pencari diskon mungkin adalah konsumen yang paling mudah ditarik perhatiannya. Tapi, kekurangannya adalah konsumen tipe ini justru tidak terlalu memberikan keuntungan yang besar dalam jangka waktu pendek, berbeda. Anda harus bekerja keras untuk menghimpun banyak konsumen tipe ini untuk tetap mendapat keuntungan yang menggiurkan.

Konsumen Tipe Window Shopper

Konsumen tipe biasanya hanya sekedar iseng dalam melihat-lihat online shop. Seringkali malah tanpa tujuan untuk membeli suatu produk. Tapi, di sisi lain, konsumen tipe ini bisa lho tiba-tiba memutuskan ingin membeli suatu produk apabila ia benar-benar tertarik pada produk tersebut. Salah satu trik yang bisa dilakukan untuk menarik perhatiannya adalah dengan membuat tampilan halaman utama online shop Anda semenarik mungkin.

Tipe konsumen window shopper alias melihat-lihat saja ini sangat banyak sekali di Indonesia, walaupun tak banyak dari mereka yang akhirnya melakukan transaksi pembelian, setidaknya pengunjung online shop yang bertambah akan membuat toko online Anda semakin populer.

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha