Peluang Usaha dari Bibit Tanaman dan Cara Mudah Memasarkan Secara Online

Cerita Peluang Usaha 24 Jul 2020, By Teman Dagang
Peluang Usaha dari Bibit Tanaman dan Cara Mudah Memasarkan Secara Online Usaha bibit tanaman juga dapat Anda jadikan peluang usaha online (RMOL Jateng)

Berawal dari keterbatasan akses berkegiatan di luar rumah, berkebun menjadi hobi baru yang banyak diminati masyarakat Indonesia. Tercatat, dalam laporan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya misalnya, permintaan bibit tanaman mencapai 80ribu pada Juli 2020. Angka ini cukup tinggi jika dibandingkan pada tahun sebelumnya, yaitu sebanyak 100ribu terhitung dari Januari hingga Desember.

Tren berkebun dapat menjadi peluang usaha baru untuk Anda yang mungkin terkena dampak pandemi virus corona. Sebagaimana dilansir dari laman Katadata.co,id (22/7), budidaya pangan atau urban farming di perkotaan menjadi tren baru yang diminati saat pandemi virus corona. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal, antara lain masyarakat banyak beraktivitas di rumah, pekerja banyak dirumahkan, dan beberapa bahkan di PHK (pemutusan hubungan kerja).

Solusi yang dapat kembali memperbaiki keuangan adalah berkebun. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan dengan bibit tanaman untuk mendapatkan penghasilan baru.

Peluang Usaha dari Bibit Tanaman

Untuk Anda yang sedang bingung bagaimana mendapatkan penghasilan di masa sulit ini, ada beberapa peluang usaha yang bisa Anda coba:

  1. Menjadi Reseller Bibit

Anda bisa mulai dengan menjual bibit dengan sistem reseller jika tidak memiliki persediaan bibit siap jual. Ada banyak petani dan penjual bibit yang bisa Anda ajak bekerja sama. Carilah petani yang memiliki kualitas bibit unggul agar hasilnya tidak mengecewakan.

Jika tidak menemukan petani di sekitar Anda, cobalah mencari di e-commerce, seperti Shopee, Tokopedia atau lainnya. Di sana biasanya banyak pilihan penjual bibit tanaman yang bisa Anda pilih. Pembelian dalam jumlah besar biasanya akan mendapatkan harga khusus grosir. Tapi, jika Anda menjual bibit tanaman dengan sistem reseller, Anda hanya perlu memesan produk sesuai dengan pesanan pembeli Anda.Kemudian mintalah penjual mengirim pesanan tersebut dengan nama Toko Anda. Jika di Shopee, biasanya Anda hanya mengaktifkan tombol dropshipper, pesanan akan dikirim dengan nama Toko Anda.

 

  1. Menanam, Panen, dan Jual

Peluang usaha berikutnya adalah dengan berkebun sendiri. Anda perlu mendapatkan benih tanaman unggul dari pemasok terpercaya. Jenis benih yang bisa Anda coba beli antara lain cabai, tomat, buah-buahan, dan sayur-sayuran. Benih tersebut kemudian Anda semai hingga menjadi bibit.

Setelah menjadi bibit, Anda bisa jual dengan orang-orang terdekat atau tetangga di sekitar tempat tinggal. Untuk meningkatkan penjualan, cobalah melakukan promosi di media sosial pribadi Anda. Lakukan promosi dengan menyertakan informasi lengkap soal produk bibit yang Anda jual. Tambahkan kata-kata promosi yang dapat menarik minat pembeli dalam setiap unggahan foto bibit Anda.

Cara lain yang bisa membuat Anda mendapatkan penghasilan adalah menjual hasil panen. Rawatlah bibit-bibit itu dengan baik hingga menghasilkan hasil panen yang berkualitas. Hasil panen bisa Anda jual dengan cara yang sama dengan penjualan bibit.

Atau, Anda bisa bekerja sama dengan marketplace yang akan menghubungkan Anda dengan pembeli, seperti warung makan, restoran, dan usaha katering.

Cara Mudah Memasarkan dengan Marketplace

Anda yang ingin mendapatkan penghasilan atau tambahan penghasilan dari bibit tanaman tak ada salahnya bekerja sama dengan marketplace. Cara ini menjadi solusi memasarkan produk hasil panen ke konsumen individu atau korporasi.

Salah satu platform yang bisa Anda coba untuk melakukan kerja sama adalah Tanihub. Platform ini telah bekerja sama dengan 30 ribu petani. Petani-petani ini dihubungkan dengan lebih dari 50 ribu pelanggan bisnis, mulai dari UKM, hotel, restoran, dan katering.

Dalam laporan mereka, penjualan selama pandemi virus corona melonjak tajam. Salah satunya adalah jenis tanaman herbal yang meningkat hingga 20 persen. Transaksi mereka juga tumbuh tiga kali lipat setiap tahun seperti dilansir dari laman Katadata.co.id (22/7).

Dapat Uang, Dapat Sehat

Tak hanya menjadi peluang usaha bagus untuk Anda, nyatanya memanfaatkan bibit tanaman dan berkebun menjadikan Anda lebih sehat. Pasalnya, dengan berkebun, Anda bisa menurunkan tingkat stress atau tekanan pikiran akibat pandemi virus corona yang berkepanjangan, meski hari ini pemerintah Indonesia telah memberlakukan era new normal.

Berkebun juga membuat tubuh Anda bergerak dan mendapatkan sinar matahari pagi yang konon baik untuk tubuh. Jadi, selama berkebun dan berjualan, jangan lupa terus jaga kesehatan tubuh, ya. Jangan lupa untuk mengonsumsi hasil kebun sendiri agar asupan makanan yang masuk ke tubuh juga bagus.

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha