Peluang Usaha Kemasan Makanan yang Tak Kalah Menguntungkan di Pasar Digital

Cerita Peluang Usaha 19 Agt 2020, By Teman Dagang
Peluang Usaha Kemasan Makanan yang Tak Kalah Menguntungkan di Pasar Digital Peluang usaha pun dapat ditemukan melalui usaha kemasan makanan (Uprint)

Mencari peluang usaha online yang laris manis di 2020 memang bukan hal yang mudah. Tantangannya adalah pandemi virus corona (COVID-19). Mau tidak mau, Anda harus memikirkan dengan matang jenis usaha apa yang cocok dan bisa membawa Anda pada keuntungan maksimal.

Jika salah mengambil langkah dan tidak pula punya strategi penjualan online, Anda mungkin saja akan cepat bangkrut. Apalagi saat ini banyak usaha online yang laris saat belum ada pandemi mendadak omzetnya anjlok atau parahnya hingga memutuskan untuk tutup.

Saat ini, tren kuliner masih memiliki potensi besar sebagai sektor yang bisa survive selama kenormalan baru ini. Hanya saja, trennya sedikit bergeser menjadi makanan beku atau frozen food. Atau jika pun makanan lainnya, konsumen sudah beralih dengan membeli online daripada makan di tempat.

Dengan perubahan-perubahan tersebut, pelaku usaha kuliner harus menyediakan  pembungkus atau makanan untuk sistem take away atau diantarkan ke konsumen melalui ojek online.

Peluang Usaha Kemasan Makanan

Kemasan menjadi pendukung tingkat penjualan sebuah usaha kuliner. Kemasan menjadi peluang usaha yang dapat membawa keuntungan di tengah pertumbuhan usaha kuliner online. Prospek ke depannya juga tetap bagus mengingat pemerintah giat mengampanyekan UMKM go digital.

Kemasan pada makanan tak hanya berfungsi sebagai pembungkus saja. Tapi bisa mengangkat citra produk usaha kuliner. Di setiap kemasan, pelaku usaha kuliner bisa mencantumkan banyak informasi, bahkan mampu menjadi media promosi yang efektif.

Peluang usaha kemasan ini bisa Anda coba. Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini setiap  orang peduli akan gaya hidup sehat. Artinya, setiap membeli satu produk makanan, mereka akan melihat kemasan yang digunakan penjual. Kemasan jangan sampai menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan mereka.

Melihat potensi yang cukup besar ini, tak ada salahnya jika Anda memulai untuk membuat dan menjual kemasan makanan.

Jenis Kemasan Makanan

Ada banyak jenis kemasan yang dapat Anda jadikan sebagai bisnis baru. Tim temandagang.id merangkum beberapa jenis kemasan makanan yang bisa Anda jadikan referensi bisnis kemasan:

  1. Kemasan food grade dan non-food grade

Kemasan ini dikenal dengan kertas bahan baku kemasan yang tidak tembus air dan minyak, misal karton putih dan ivory. Hanya saja, biasanya konsumen akan meminta pelapis lain agar makanan yang disimpan dalam kemasan tidak rusak atau menghindari kebocoran kemasan.

Kemasan non-food grade  biasanya ditandai dengan warna putih pada bagian luar dan abu-abu di dalamnya. Kemasan ini sering digunakan pengusaha kuliner martabak, yang biasanya akan ditambah lapisan plastik, daun, atau kertas sebelum mewadahi produk makanannya.

Harga jual untuk kemasan jenis food grade sedikit lebih mahal 30 persen dari harga kemasan lainnya. Kemasan ini biasanya dibanderol Rp1.000 per lembarnya. Tergantung ukuran, jumlah order, dan ketebalan kertas.

  1. Packing box (kardus)

Kemasan selanjutnya yang bisa menjadi bisnis Anda adalah jenis packing box atau kardus dengan ukuran mini. Jenis kemasan ini sepertinya sedang hits dan banyak digunakan para pelaku usaha kuliner. Menjadikan kemasan ini sebagai bisnis tentu akan menjadikan Anda untung dan kebanjiran pesanan, karena jualan online packing box saat ini sangat dibutuhkan untuk mereka – mereka pelaku usaha Indonesia yang menjalankan bisnis di bidang kuliner.

  1. Kotak makanan mika

Pilihan bisnis kemasan makanan selanjutnya adalah kotak makanan mika. Jenis kemasan ini juga termasuk kategori paling dicari pelaku usaha kuliner.

Kotak makanan berbentuk mika biasanya digunakan sebagai tempat langsung kontak fisik dengan makanan yang dijual oleh pelaku usaha kuliner. Jenis kemasan ini berkualitas baik dan dapat menjaga makanan yang dijual.

Anda tentu tidak mungkin menjadi pembuat langsung kemasan mika ini, bukan? Jadi, Anda bisa memulai dengan menjadi reseller dari tangan pertama kemasan mika. Pastikan pabrik atau produsen dari kemasan makanan mika itu berstandar baik dan teruji kualitasnya. Dengan menjadi penjual ulang tangan pertama, keuntungan yang kalian dapatkan juga akan lebih tinggi sehingga jualan online kalian yang laris akan bisa bertahan di masa pandemi.

Bagaimana, sudah tahu mau memulai bisnis kemasan makanan yang mana?

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha