Penerapan Teknologi Keuangan Bantu Meningkatkan Omzet Dagang

Cerita Teknologi 26 Mar 2020, By Teman Dagang
Penerapan Teknologi Keuangan Bantu Meningkatkan Omzet Dagang Ilustrasi Aplikasi Kasir (Google Source)

Pemanfaatan teknologi digital di era Revolusi Industri 4.0 terus berkembang mencakup ke semua kegiatan manusia. Termasuk dalam kegiatan ekonomi sehari-hari. Pengaruh pemanfaatan teknologi ini dapat kita lihat dari berubahnya pola belanja masyarakat yang kini cenderung serba daring (online).

Untuk itu, pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) perlu mengadopsi teknologi agar mampu bertahan di era digital. Anda bisa memanfaatkan teknologi keuangan untuk mengelola usaha yang lebih terarah.

Sebagai contoh, dengan adanya teknologi keuangan, Anda tak lagi harus antre untuk mengirim uang di bank atau atm terdekat. Selain boros waktu dan tenaga, Anda juga direpotkan dengan perjalanan ke tempat tersebut. Kini, semuanya bisa Anda lakukan dengan menggunakan layanan pengiriman uang online di smartphone.

Kehadiran teknologi keuangan juga dapat membantu Anda menambah modal usaha dengan cara memanfaatkan pinjaman online. Saat ini cukup banyak penyedia layanan teknologi keuangan yang menawarkan pinjaman modal usaha dengan bunga rendah. Namanya peer to peer lending. Layanan ini akan membantu menemukan calon investor yang akan meminjamkan uang mereka untuk usaha Anda.

Selain itu, ada juga teknologi keuangan manajemen risiko dan investasi. Teknologi keuangan ini berfungsi memantau kondisi keuangan Anda. Dengan memanfaatkan teknologi ini, Anda dapat membuat perencanaan keuangan dengan cara mudah dan praktiis. Teknologi keuangan ini biasanya hadir dalam bentuk aplikasi.

Untuk itu, tak bisa dimungkiri, teknologi keuangan sudah menjadi kebutuhan pokok bagi pelaku usaha. Anda membutuhkan teknologi keuangan untuk dapat terus tumbuh di antara ramainya persaingan pasar.

Teknologi Membantu Pengelolaan Stok Dagang

Stok yang banyak akan membuat Anda kesulitan dalam pengelolaannya. Apalagi jika hanya mengandalkan pulpen dan kertas. Belum lagi kesalahan pencatatan akibat human error. Cara manual juga akan merepotkan Anda jika kertas berisi catatan tersebut rusak atau hilang.

Menghindari risiko yang mungkin terjadi itu, gunakanlah aplikasi teknologi yang dapat membantu mengatur stok barang dagang Anda. Dengan bantuan aplikasi tersebut, Anda akan dengan mudah melakukan pencatatan keluar-masuk barang, pengecekan barang, dan pemindahan barang dagang. Bahkan, Anda dapat melihat jumlah stok yang mulai habis atau berlebih. Ini jelas akan membantu Anda untuk dapat mengelola keuangan dengan baik pula.

Mengelola Keuangan Usaha

Mengelola keuangan usaha bukan hanya mencatat untung dan rugi saja. Tapi, juga dapat membantu mengelola kekayaan agar menghasilkan keuntungan dan memanfaatkan sumber-sumber modal agar usaha tetap berjalan.

Jika Anda kewalahan dalam mengelola sendiri keuangan usaha tersebut, Anda bisa memanfaatkan jasa pihak ketiga. Misalnya saja, Anda bisa memanfaatkan Point of Sales Software atau aplikasi POS. Aplikasi ini dirancang untuk mendukung transaksi jual beli sehingga semua transaksi terdata dengan jelas.

Nama lain aplikasi POS adalah aplikasi kasir. Aplikasi ini berfungsi sebagai efisiensi menangani penjualan produk kepada konsumen. Aplikasi ini akan mendata secara detail setiap transaksi, menyediakan laporan ringkas dalam satu periode, melakukan pengecekan terhadap stok , memberikan laporan langsung keadaan di lapangan, dan mempersingkat proses transaksi dengan konsumen.

Salah satu aplikasi POS yang mudah dan efisien adalah YouTap. Aplikasi ini boleh Anda coba aplikasikan ke dalam sistem usaha Anda. Selain beberapa manfaat di atas, Youtap juga menyediakan fitur lain yang membuat kontrol terhadap usaha dagang Anda, seperti mengirimkan laporan harian ke email Anda. YouTap juga memiliki keunggulan lain, yaitu mampu menerima semua metode transaksi pembayaran, baik tunai maupun non-tunai. Sehingga semua transaksi akan tercatat dengan rapi. Anda dapat dengan mudah mengetahui pemasukan dan pengeluaran serta informasi lengkap lainnya, seperti transaksi, waktu, produk atau layanan paling diminati, yang kemudian dijadikan landasan untuk merencanakan bisnis ke depannya. Dengan menggunakan Youtap, Anda akan diberikan layanan secara menyeluruh. Youtap akan melakukan pendampingan semua mitranya dalam menggunakan teknologi tersebut. Hal ini memungkinkan Anda tak hanya mendapatkan kemudahan bertransaksi, tapi juga pengalaman dan pemahaman bisnis yang lebih baik.

Kesalahan pelaku UMKM hari ini adalah enggan membuka diri terhadap kemajuan zaman. Kemudian terus mengandalkan cara-cara lama yang tidak efisien, baik waktu maupun tenaga. Jika terus nyaman dengan kondisi tersebut, dikhawatirkan UMKM akan terus tertinggal. UMKM, mau tidak mau, suka tidak suka, harus mulai terbuka dengan ekonomi digital dan perlahan memanfaatkan teknologi untuk membantu membuat pola usaha yang baik dan sehat dalam berdagang. Untuk itu, jika Anda ingin terus untung dalam usaha, mulailah melakukan perubahan dan inovasi. Dengan mengadopsi layanan teknologi, pengelolaan usaha kecil Anda akan terukur dan terarah. Yuk mulai dagang pintar untuk hasil yang maksimal.

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha