Pengaruh Pembelian Like pada Instagram sebagai Strategi Pemasaran

Cerita Peluang Usaha 17 Jun 2020, By Reky Arfal
Pengaruh Pembelian Like pada Instagram sebagai Strategi Pemasaran Jumlah like pada post Instagram terkadang berpengaruh, namun apakah Anda harus beli? (Hootsuite)

Instagram merupakan salah satu media sosial digital yang tengah populer menjadi sarana baru untuk berjualan online. Saat ini bahkan Instagram telah memiliki 700 juta pengguna dan setiap harinya sekitar 60 juta foto dibagikan dan dapat memberikan 1,6 milyar likes. Instagram merupakan aplikasi paling populer yang berguna untuk berbagi foto dan video. Ini menjadi salah satu alasan mengapa Instagram memiliki berbagai manfaat untuk pelaku usaha untuk mengembangkan bisnis. Terlebih, saat ini Instagram telah memberikan banyak fitur yang mendukung usaha-usaha para pedagang online. 

Hanya saja, Instagram kerap memiliki algoritma yang berubah-ubah. Anda mesti mencari tahu kapan dan bagaimana orang-orang bisa melihat postingan Anda. Selain jam-jam ramai, Anda juga perlu memperhatikan fitur-fitur pada Instagram, seperti like. 

Like merupakan fitur dari Instagram yang berguna untuk mengetahui seberapa banyak pengguna Instagram yang menyukai postingan Anda. Hal ini biasanya dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan orang terhadap suatu barang yang ditawarkan. Di samping itu, fitur like ini juga dapat membuat postingan Anda berpeluang naik ke dalam kolom pencarian hashtag atau kata kunci. 

Hal ini sering dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis, bahkan sering kali melakukan cara-cara yang agak culas untuk menaikkan jumlah like pada postingan akun bisnisnya. Misalkan, dengan membeli like secara ilegal untuk membuat postingannya naik di kolom pencarian. Tapi, apakah pembelian bot like ini betul-betul akan berpengaruh untuk menjangkau lebih banyak pengguna Instagram?

Apakah Membeli Like akan Berpengaruh untuk Postingan Instagram 

Di satu sisi, tak bisa dipungkiri juga bahwa jumlah like yang besar akan meningkatkan reach postingan Instagram Anda. Akan tetapi, membeli like untuk memperbesar jangkauan postingan akun bisnis Anda juga tidak direkomendasikan. Hal ini cukup riskan mengingat Instagram juga memiliki tim khusus yang akan mendeteksi pelanggaran-pelanggaran salah satunya seperti pembelian fitur like ini. Dampaknya cukup mengerikan, yaitu akun bisnis Anda bisa terkena shadowban, bahkan bisa diblokir secara permanen oleh Instagram.

Lebih parahnya lagi, biasanya para pelaku bisnis yang sudah pernah membeli like ini akan sedikit ketergantungan dan akan terus berlangganan. Bisa dibayangkan akun bisnis yang telah Anda kembangkan dari kecil tersebut akan terkena masalah karena like yang sering Anda beli. 

Cara Mengembangkan Akun Instagram Tanpa Harus Beli Like

Ada banyak sekali cara yang bisa Anda maksimalkan untuk membuat akun bisnis Anda berkembang. Tak harus membeli like, ada banyak fitur lain yang telah dipersiapkan oleh Instagram untuk membantu para pelaku usaha online. Fitur-fitur tersebut tentunya diciptakan untuk membuat akun bisnis Anda mendapatkan insight yang sesuai dengan yang Anda inginkan.  Beberapa fitur yang bisa Anda manfaatkan dari Instagram adalah fitur promote Instagram ads. 

Meskipun fitur Instagram ads ini berbayar, Anda tidak perlu pusing karena biayanya cukup murah, dimulai dengan Rp 20.000 saja, Anda sudah bisa mengiklankan produk Anda di Instagram. Hebatnya lagi, fitur ini bisa Anda sesuaikan target pasarnya. Anda bisa menargetkan orang-orang yang akan melihat postingan yang Anda iklankan. 

Fitur lain yang bisa Anda maksimalkan untuk mengoptimalkan akun bisnis Anda adalah menggunakan hashtag dan instastory. Dua fitur ini juga akan membantu postingan Anda dilihat oleh banyak orang, dan cara ini didukung oleh Instagram. Apalagi, algoritma IG akhir-akhir ini memfokuskan penggunanya untuk lebih berinteraksi dengan sesama melalui postingan di instastory-nya. 

Dengan memanfaatkan fitur-fitur yang telah disediakan Instagram secara maksimal, Anda hanya perlu melakukannya dengan konsistensi dan ritme yang baik agar akun bisnis dan postingan Anda dapat bersaing dengan akun-akun lainnya. Misalkan, dengan memposting produk atau konten-konten kreatif Anda di waktu yang tepat. Untuk mengetahui waktu yang tepat untuk memposting, Anda ini bisa memantaunya pada fitur insight akun bisnis yang Anda punya.

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha