Pengaruh Persediaan Barang Dagang terhadap Tingkat Kepercayaan Konsumen

Cerita Terkini 27 Mar 2020, By Teman Dagang
Pengaruh Persediaan Barang Dagang terhadap Tingkat Kepercayaan Konsumen Persediaan barang Anda dapat mempengaruhi kepercayaan konsumen (pxhere)

Anda yang menjalankan sebuah usaha pasti memiliki persediaan barang dagang. Persedian barang dagang menjadi penting mengingat permintaan pembeli bisa saja tidak terprediksi. Barang dagang yang disimpan dengan jumlah yang cukup akan membuat usaha Anda terus berjalan baik. Apalagi jika Anda pintar mengelola persediaan barang dagang untuk dijual dan mendapat keuntungan. Kenapa diperlukan pengelolaan yang benar terhadap persediaan barang dagang?

Persediaan barang dagang adalah aset yang menganggur dalam sebuah usaha. Aset tersebut perlu dikelola dengan baik agar uang Anda kembali.

Adapun cara untuk mengatur dan mengelola persediaan barang dagang untuk terus mendapat kepercayaan pembeli tidaklah sulit. Pertama, Anda boleh saja membeli barang dagang dalam jumlah besar. Meski jumlah tersebut melebihi kebutuhan Anda saat ini. Pembelian dalam jumlah besar boleh saja Anda lakukan untuk memanfaatkan potongan harga dan ongkos pengiriman.

Hanya saja, pembelian ini harus dibarengi dengan data tepat. Dalam konteks ini, barang tersebut masuk dalam kriteria barang dagang yang banyak dicari oleh pembeli. Tingginya minat terhadap barang tersebut membuat Anda memutuskan membeli dalam jumlah yang besar. Selain menghemat biaya pengiriman, Anda juga tidak lagi takut persediaan barang habis ketika permintaan sedang tinggi.

Kedua, menghadapi gelombang permintaan yang tidak tetap atau fluktuasi permintaan, Anda juga harus membeli persediaan barang dagang untuk berjaga-jaga. Anda dan pedagang lain tidak akan pernah tau kapan permintaan pasar tiba-tiba melonjak drastis.

Jika Anda gagal memenuhi permintaan pasar dikarenakan persediaan barang dagang yang tidak mencukupi, Anda mengalami rugi besar. Anda juga membuat peluang ditinggalkan oleh pelanggan yang beralih ke penjual lainnya.

Ketiga, sebenarnya Anda bisa meramal kapan lonjakan permintaan pembeli terjadi. Biasanya, pelaku usaha menganalisa dari pola konsumsi masyarakat dalam kurun waktu satu tahun. Contoh sederhananya adalah saat perayaan hari besar. Sehingga, di momen tersebut, Anda harus melakukan pengadaan persediaan barang dagang dalam jumlah yang besar. Anda pun tidak akan kehilangan pelanggan – yang kebutuhannya sudah bisa Anda penuhi.

Bagaimana strategi dan pencatatannya?

Persediaan barang dagang jika tidak diimbangi dengan strategi pencatatan akan tidak baik untuk ke berlangsungan usaha Anda. Untuk itu, Anda perlu melakukan pencatatan persediaan barang dagang dengan benar.

Ada dua model yang bisa Anda gunakan. Cara pertama, dengan pencatatan fisik. Cara ini mengharuskan Anda melakukan perhitungan barang dagang dengan manual, menghitung fisik yang ada di gudang. Perhitungan ini dimaksud agar Anda mengetahui jumlah barang dagang yang masih tersimpan.

Hanya saja, transaksi yang berhubungan dengan persediaan tidak dicatat ke dalam jurnal. Jurnal hanya berisi transaksi saja. Penjelasan sederhananya begini, jika terjadi transaksi pembelian atau penjualan, maka yang dicatat hanyalah transaksi tersebut. Meski jumlah persediaan barang dagang di gudang bertambah ataupun berkurang – pos persediaan tidak perlu dicatat.

Cara berikutnya adalah dengan mencatat atau menjurnal persediaan barang dagang jika terdapat transaksi yang berhubungan dengan persediaan. Sehingga setiap transaksi yang memengaruhi jumlah persediaan, maka rekening persediaan juga dicatat.

Mengapa pencatatan barang dagang begitu penting? Sebab, dengan adanya catatan persediaan barang dagang yang jelas, dibarengi dengan analisa pasar yang tepat, Anda akan mampu menjalankan usaha dengan sehat. Anda bisa memenuhi kebutuhan pasar. Pembeli tidak akan kecewa karena barang yang ia butuhkan telah Anda sediakan.

Selain metode tersebut di atas, saat ini, telah banyak teknologi yang dapat membantu Anda mencatat semua transaksi. Kemudahan tersebut bisa Anda gunakan dalam satu aplikasi yang banyak ditawarkan. Anda hanya perlu memilih satu aplikasi yang cocok dengan usaha Anda.

Aplikasi pencatatan transaksi tersebut memungkinkan Anda untuk membuat catatan dagang lebih cermat dan detail. Anda juga tidak harus repot-repot menghitung manual yang mungkin saja bisa terjadi kesalahan hitung. Dengan bantuan teknologi pencatatan transaksi, Anda juga dapat menghemat waktu pengerjaan pembukuan. Anda bisa segera beristirahat. Kemudian bangun dengan semangat untuk melayani pembeli.

Kepercayaan Konsumen

Keberhasilan membuat konsumen percaya dan merasa senang adalah bagian dari strategi bisnis yang baik. Kenapa demikian? Konsumen yang percaya terhadap dagangan Anda akan secara sukarela mempromosikan kepada orang-orang di sekitarnya. Selain itu, konsumen yang merasa puas terhadap kualitas dan merasa terpenuhi segala keutuhannya, maka mereka akan kembali kepada Anda.

Untuk itu, persediaan barang yang cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumen sangatlah penting. Jangan sampai konsumen kecewa lantaran produk yang ia cari tidak ada atau rusak. Kemudian, Anda perlu melayani konsumen dengan memberikan packaging yang bagus. Jika memungkinkan, Anda bisa menambahkan layanan dengan mengantarkan produk tersebut. Dengan begitu, konsumen akan senang dengan pelayanan Anda.

Semakin baik pelayanan Anda, dan mampu memenuhi kebutuhan mereka, maka semakin besar pula kepercayaan mereka sehingga meningkat pula penjualan Anda.

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha