Pentingnya Fasilitas Antar Jemput Pesanan sebagai Penunjang Penjualan Usaha

Cerita Terkini 27 Mar 2020, By Teman Dagang
Pentingnya Fasilitas Antar Jemput Pesanan sebagai Penunjang Penjualan Usaha Jasa pengiriman sebagai penunjang penjualan Anda (Marketeers)

Saat ini kehadiran fasilitas pengiriman barang itu penting. Banyak pilihan jasa pengiriman yang bisa dimanfaatkan para pelaku usaha untuk melayani pelanggannya. Harga yang ditawarkan juga tidak memberatkan penjual jika dibanding harus membayar kurir khusus atau menyewakan kendaraan lain.

Banyak usaha kecil yang mulai khawatir ditinggal pembeli. Bahkan beberapa memilih tutup lantaran menurunnya jumlah pembeli. Pemilik warung tradisional beranggapan, matinya usaha kecil mereka dipicu kehadiran supermarket yang semakin banyak. Pembeli berbondong-bondong belanja di supermarket dan meninggalkan warung tradisional. Meski jaraknya cukup jauh dari rumah.

Dalam konteks ini, tak ada yang keliru jika pembeli beralih membeli barang kebutuhan mereka di supermarket atau minimarket waralaba. Kemudahan dan murahnya harga menjadi alasan pembeli meninggalkan warung tradisional. Belum lagi fasilitas yang ditawarkan berupa ruangan yang dingin, bersih, rapi, dan memiliki keranjang belanja. Fasilitas-fasilitas yang memang diabaikan oleh pemilik warung tradisional. 

Namun, hal tersebut tak seharusnya dijadikan alasan untuk menutup usaha kecil Anda. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menarik kembali pembeli. Usaha kecil Anda yang telah lama dijalankan tidak boleh tutup begitu saja.

Pedagang juga Perlu Berinovasi

Langkah awal yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan kejayaan warung tradisional Anda adalah dengan melakukan inovasi kecil yang memberi dampak besar. Sebagai contoh, Anda bisa mulai dengan memperbaiki segi pelayanan. Jika selama ini Anda cenderung cuek dan tidak komunikatif dengan pembeli, mulailah belajar melayani dengan ramah dan santai.

Anda juga bisa menambahkan fasilitas lain, seperti layanan mengantarkan belanjaan pembeli.  Layanan ini cukup ampuh mengingat pembeli bisa saja memiliki belanjaan yang banyak sehingga sulit jika harus membawanya sendiri, apalagi jika harus mengendarai motor seorang diri.

Layanan antar jemput pesanan ini menjadi poin tambahan bagi warung Anda dibanding supermarket. Anda bisa menarik kembali pelanggan untuk berbelanja di warung. Untuk layanan pengantaran belanjaan, Anda bisa mengandalkan kendaraan keluarga dan tenaga dari keluarga Anda. Tapi, bagaimana jika tidak memiliki kendaraan dan sedang menjaga warung sendiri?

Layanan pengantaran belanjaan tetap bisa Anda berikan kepada pembeli. Caranya, dengan memanfaatkan pihak ketiga yang memang memiliki usaha layanan pengantaran. Tapi, sebelum menggunakan jasa mereka di warung, Anda harus cermat dan menghitung biayanya terlebih dahulu.

Anda mungkin bisa saja menyewa kendaraan dan pengemudi. Tapi, Anda juga harus membayar dengan harga yang tidak murah. Harga yang terlalu mahal untuk satu layanan pengantaran tidak cocok untuk Anda gunakan. Jika tetap memaksa, Anda bisa saja tidak lagi sanggup membeli isi warung karena kekurangan modal.

Untuk itu, Anda bisa mulai mencari di internet menggunakan ponsel jasa kurir yang cocok untuk usaha Anda. Jangan sampai niat melayani pembeli justru mematikan usaha Anda.

Manfaatkan Jasa Kurir

Ada banyak jasa kurir yang bisa Anda gunakan untuk membantu mengembalikan kejayaan warung Anda. Harganya juga bervariasi. Anda bisa mulai mencarinya dengan memanfaatkan internet dan ponsel Anda. Misalnya saja untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya, ada jasa pengiriman Warung Sembako Delivery (WSD). Jasa pengiriman ini bisa dihubungi dengan cara menelpon ke nomor yang tersedia.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan jasa Deliveree. Layanan ini merupakan layanan pesan harian yang memudahkan Anda melakukan pengiriman dan pembayaran. Deliveree hadir dalam bentuk aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mengantarkan pesanan pembeli. Aplikasi ini mudah digunakan. Cocok untuk Anda yang baru akan mencoba menggunakannya. Pengemudi pada layanan ini juga dikenal ramah dan profesional. Jadi, Anda juga tidak perlu khawatir pesanan pembeli akan rusak atau hilang.

Bila Anda ingin usaha yang sudah lama Anda bangun tetap bertahan di era digitalisasi, mulailah membuka diri untuk belajar lebih banyak. Anda tidak perlu takut dengan laju kemodernan yang cukup pesat saat ini. Tidak perlu takut dengan menjamurnya usaha yang lebih besar dan mapan. Anda hanya harus melakukan sedikit inovasi dan penyegaran yang dapat mengakomodasi kenyamanan pembeli. Ya, salah satunya menghadirkan aplikasi modern.

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha