Pentingnya UMKM Mengenal Ekonomi Digital dan Keterampilan Online

Cerita Peluang Usaha 18 Apr 2020, By Teman Dagang
Pentingnya UMKM Mengenal Ekonomi Digital dan Keterampilan Online Penting untuk pengusaha UMKM untuk mengenal ekonomi digital (trubus.id)

Kemajuan teknologi telah mengubah cara berbelanja masyarakat. Di era ekonomi digital saat ini, pembeli tak perlu berjalan mengunjungi sebuah toko atau warung untuk berbelanja dan tak lagi harus bertatap muka.

Setiap transaksi dan proses jual-beli sudah semakin dimudahkan oleh bantuan teknologi. Pembeli bisa membeli dan membayar barang belanjanya dari rumah.

Untuk itu, pedagang dituntut dapat menyesuaikan diri dengan zaman. Jika tidak, mereka harus siap-siap undur diri dan ditinggal pembeli.

Apa itu Ekonomi Digital

Kerap kali kita mendengar istilah Ekonomi Digital tanpa tahu seberapa besar manfaatnya dalam tumbuh kembang usaha kecil. Jika dilihat dari definisi, ekonomi digital adalah aspek ekonomi berbasis pemanfaatan dan pemberdayaan teknologi informasi dan komunikasi digital. Arti sederhananya, Anda bisa mengoptimalkan smartphone Anda untuk membantu menjalankan usaha dengan lebih baik dan lebih untung.

Pada smartphone, Anda bisa memanfaatkan banyak aplikasi media sosial sebagai partner memasarkan produk. Selain tanpa biaya, cara ini cukup ampuh menarik pelanggan baru. Kehadiran teknologi digital dan internet diharapkan dapat mendorong Anda dan UMKM lainnya untuk tumbuh lebih cepat.

Teknologi digital secara umum memberikan pengaruh cukup besar dalam landscape perekonomian dunia. Anda bisa memanfaatkan perubahan tersebut untuk memperluas akses pasar. Anda harus berani memanfaatkan berbagai platform digital untuk memajukan usaha.

Belajar dari yang Berpengalaman

Desakan yang mengharuskan UMKM berkembang dan dapat memanfaatkan teknologi digital tidak sebanding dengan kondisi pengetahuan pelaku UMKM. Masih banyak yang tidak paham sehingga memilih untuk tidak memulai.

Padahal, tidak sulit untuk akrab dengan teknologi digital. Anda telah dimudahkan dengan banyak platform digital yang memiliki sistem sederhana dan mudah dimengerti. Anda tidak lagi harus pesimistis

Misalnya saja Syarif, seorang pedagang Sate Maranggi rumahan yang kini sukses membuka gerai di salah satu festival makanan di Jakarta. Awalnya, ia berjualan di Perumnas Teluk Jambe, Karawang. Pembeli hanya berdatangan dari daerah tempat ia tinggal.

Akhirnya, ia memutuskan untuk menggunakan platform digital di sektor pesan antar makanan. Syarif memutuskan untuk mendaftar sebagai mitra GoFood dari aplikasi Gojek. Harapannya sederhana, ia dapat menjangkau pembeli lebih luas, tak hanya tetangga, atau orang-orang dalam satu daerah.

Setelah bergabung dengan Gojek, Syarif mengaku pendapatannya meningkat. Apalagi, setelah mendaftar sebagai mitra GoFood, Syarif kemudian membuka gerai di Jakarta – di salah satu festival makanan yang ramai dikunjungi masyarakat ibu kota.

Dua tahun berjualan offline dan online, Syarif merasa penjualannya terus meningkat. Pesanan demi pesanan ia layani, baik yang berkunjung langsung maupun pemesanan online. 

Langkah Awal Berjualan Online

Temandagang memberikan cara mudah agar Anda bisa dan mampu berjualan online. Pertama, mulailah menggunakan media sosial untuk melayani pelanggan Anda. Saat berkunjung ke toko, tawarkan pada pembeli bahwa Anda dapat menerima pesanan melalui chatting atau pesan di smartphone.

Kedua, untuk mendukung layanan pertama, sediakanlah sistem pembayaran digital. Salah satunya dengan transfer melalui rekening bank. Atau Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi pembayaran digital seperti OVO. Metode pembayaran online ini cukup diminati oleh pembeli karena aman dan mudah. 

Ketiga, Anda bisa memanfaatkan platform digital untuk membantu pencatatan transaksi di toko Anda. Salah satu platform digital yang mudah dan serba ada adalah Youtap. Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang dapat membantu pengelolaan usaha anda. Youtap juga aplikasi yang mudah dan gampang digunakan. 

Salah satu keunggulan aplikasi ini, yaitu menyediakan layanan edukasi UMKM. Dengan layanan tersebut, UMKM dimungkinkan mendapat pembelajaran dan pengalaman berdagang pintar. 

Nah, sudah tidak takut berdagang online? Siapa bilang berdagang online itu susah dan ribet. Kesulitan hanya ada jika Anda tidak berani mencoba

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha