Persediaan Barang Dagang dan Efeknya Bagi Usaha Anda

Cerita Terkini 27 Mar 2020, By Teman Dagang
Persediaan Barang Dagang dan Efeknya Bagi Usaha Anda Persediaan barang menjadi hal yang penting bagi bisnis Anda (Kompasiana)

Dalam dunia usaha, persediaan barang adalah salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan oleh pelaku usaha. Apalagi, jika usaha Anda bergerak di bidang perdagangan. Memastikan barang dagangan tetap tersedia setiap saat mesti menjadi prioritas. Tata kelola persediaan barang yang baik akan memastikan kelancaran jalannya usaha Anda.

Persediaan barang dagang adalah aset yang dibeli dan disimpan untuk selanjutnya dijual kembali. Persediaan barang dagang bisa pula disebut sebagai aset tak bergerak yang menunggu untuk dijual.

Pengelolaan penyediaan barang dagangan, tidak hanya sekedar menyediakan barang untuk siap dijual. Namun juga, memastikan ketersedian sebelum barang di toko habis. Untuk itu perlu persiapan matang dan penjadwalan yang terperinci dalam pelaksanaannya.

Pentingnya persediaan barang juga demi memenuhi permintaan pasar serta kebutuhan konsumen. Maka dari itulah, ketersediaan barang dagang juga harus berbanding lurus dengan tren permintaan konsumen.

Manfaat Pengelolaan Persediaan Barang Dagang

Persediaan barang dagang hendaknya dikontrol dengan baik dengan tetap memperhatikan permintaan pasar. Hal ini demi menjaga agar tidak terjadi penumpukan barang di gudang. Jika persediaan barang terlalu lama disimpan tentunya akan mempengaruhi kualitas barang dagangan Anda. Dengan begitu, barang yang dijual nantinya tetap terjaga kualitasnya sampai ke tangan pelanggan.

Selain menjaga kualitas dari barang dagangan, pengelolaan persediaan yang baik dapat mempertahankan kelancaran usaha Anda apabila sewaktu-waktu terjadi masalah dengan pihak penyuplai. Anda tidak perlu khawatir jika penyuplai terlambat memasok stok barang karena persediaan barang Anda masih cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Ketersediaan barang dagang di gudang penyimpanan juga dapat dimanfaatkan untuk menghadapi lonjakan permintaan yang tiba-tiba. Jika terjadi peningkatan permintaan terhadap barang, maka pelaku usaha dapat menyesuaikan kenaikan permintaan tersebut dengan persediaan yang ada. Dengan begitu, kebutuhan pelanggan tetap terpenuhi sehingga menumbuhkan loyalitas mereka terhadap usaha Anda.

Bayangkan bila Anda tidak memiliki persediaan barang dagangan yang mencukupi untuk menghadapi lonjakan permintaan pasar. Pelanggan Anda pasti kebingungan sehingga berujung mencari pelaku usaha lain yang memiliki persediaan barang yang mereka inginkan. Jika ini terjadi maka Anda tak hanya kehilangan kesempatan untuk memperoleh keuntungan tapi juga kehilangan pelanggan Anda.

Mencatat Persediaan Barang Dagang

Demi tetap memenuhi permintaan pasar, maka pelaku usaha harus memiliki catatan mengenai persediaan barang dagang. Dengan adanya catatan persediaan barang dagang, Anda akan mengetahui tidak hanya jumlah stok barang yang Anda miliki tetapi juga kondisi barang dagangan. Mengetahui jumlah dan kondisi barang dagangan akan membantu Anda menentukan strategi penjualan untuk menghadapi dinamika pasar.

Ada beberapa metode yang dapat Anda lakukan dalam mencatat persediaan barang dagang. Metode yang paling umum dilakukan ialah metode periodik atau metode fisik. Seperti namanya, metode periodik ini melakukan pencatatan secara berkala. Pencatatan yang dilakukan meliputi keluar-masuknya barang. Meski dilakukan secara berkala, metode ini memiliki kelemahan karena hanya mencatat saat persediaan dibeli dan barang dijual saja. Sehingga, jumlah stok barang yang tersedia tidak dapat diketahui secara tepat. Walau begitu sistem ini cocok untuk pelaku usaha yang hanya menjual barang dengan harga relatif murah dengan frekuensi transaksi yang sering.

Metode selanjutnya adalah perpetual system atau yang disebut juga dengan metode permanen. Metode permanen melakukan pencatatan secara terus-menerus. Persediaan barang dagang dicatat secara terperinci sesering mungkin untuk menghindari kesalahan. Dengan cara ini, persediaan barang dagang, baik di gudang maupun di toko dapat diketahui kapan saja.

Rincian pencatatan metode ini juga sangat kompleks karena pencatatannya yang sangat banyak, meliputi: data kualitas dan harga setiap barang, harga pokok barang dagang, catatan transaksi penyediaan barang dan ongkos distribusi, serta transaksi penjualan barang. Karena itulah, metode ini membutuhkan tenaga dan waktu ekstra untuk menjalankan. Namun, hal ini sepadan dengan hasilnya yang rinci dalam mengetahui persediaan barang.

Anda dapat melakukan pencatatan persediaan barang dagang dengan memanfaatkan teknologi terkini. Pencatatan tersebut tentunya akan lebih aman dengan penghitungan yang akurat pula. Pencatatan yang akurat akan berguna untuk menyiapkan strategi usaha Anda agar mendapatkan keuntungan yang maksimal.

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha