Promosi Apa Saja yang Bisa Kamu Buat untuk Bisnis Online? 5 Contoh Ini Bisa Kamu Coba

Cerita Peluang Usaha 9 Jul 2020, By Elna Ayu Pinaringtyas
Promosi Apa Saja yang Bisa Kamu Buat untuk Bisnis Online? 5 Contoh Ini Bisa Kamu Coba Beberapa contoh metode promosi online berikut bisa Anda coba (Koinworks)

Promosi adalah suatu aktivitas komunikasi yang dilakukan sebagai upaya untuk memperkenalkan atau menawarkan suatu produk dengan tujuan menarik calon konsumen untuk menggunakan produk tersebut.

Tanpa adanya promosi, produk sebaik apapun kualitasnya, tidak akan dikenal oleh calon konsumen. Sebaliknya, meski suatu produk memiliki kualitas yang pas-pasan, jika menggunakan metode promosi yang tepat, produk tersebut akan lebih mudah terjual di pasaran. Ini artinya, promosi memegang peranan penting jika Anda ingin meningkatkan penjualan.

Sebagai pedagang online, Anda dituntut kreatif memasarkan produk jualan. Ada banyak metode dan pendekatan yang bisa Anda aplikasikan saat berjualan. Beberapa metode, pendekatan atau strategi promosi yang bisa Anda lakukan di antaranya:

1. Cashback

Cashback adalah penawaran yang memungkinkan konsumen untuk memperoleh pengembalian uang tunai ataupun uang virtual dengan persentase tertentu dan telah memenuhi syarat-syarat tertentu.

Contoh, suatu brand memberikan promo cashback sebesar 10% dengan belanja minimal Rp500.000, dan maksimal jumlah cashback sebesar Rp100.000. Maka, jika Anda hanya belanja sejumlah Rp500.000, maka cashback yang akan diperoleh adalah sebesar Rp50.000 saja. Sedangkan jika Anda ingin memperoleh cashback sebesar Rp100.000, maka Anda harus belanja minimal Rp1.000.000.

Cashback menjadi metode promosi yang cukup populer belakangan ini, terbukti banyak sekali marketplace besar yang menggunakan metode ini. Selain itu, ada pula startup baru seperti Shopback dan Cashback yang menyediakan bonus cashback setiap kali Anda belanja online.

2. Diskon

Diskon atau potongan harga adalah benefit yang bisa diperoleh konsumen ketika mereka melakukan pembelanjaan produk berupa pengurangan harga dengan persentase tertentu. Jika pada cashback uang akan diberikan setelah melakukan belanja, diskon diberikan pada saat itu juga untuk mengurangi harga aslinya.

Contoh, jika suatu brand memberikan diskon 25% untuk produk A yang memiliki harga asli Rp1.000.000, maka untuk membeli produk A tersebut Anda hanya perlu membayar Rp750.000 saja.

Bukan rahasia lagi jika diskon sebenarnya hanyalah permainan harga saja. Sebelum memperoleh diskon, harga suatu barang biasanya sudah dinaikkan terlebih dahulu. Meski demikian, promosi melalui diskon masih cukup efektif untuk dilakukan. Jadi, sebelum membuat harga diskon pada produk Anda, pastikan Anda tidak mengalami kerugian, hanya saja mengambil untung lebih sedikit.

3. Flash Sale

Flash Sale atau penjualan kilat pada dasarnya hampir sama seperti diskon, hanya saja barang yang dijual biasanya tidak banyak dan hanya tersedia dalam waktu yang singkat.

Flash Sale sangat efektif untuk meningkatkan brand awareness. Strategi ini dinilai sangat efektif untuk menarik minat audiens. Cara seperti ini bahkan sudah dilakukan dan diterapkan beberapa brand besar.

4. Buy 1 get 1 free

Promo buy 1 get 1 free atau dalam Bahasa Indonesia beli 1 gratis 1  juga menjadi salah satu alternatif promosi yang bisa Anda terapkan. Bisa dikatakan promo ini adalah nama lain diskon, namun dengan syarat.

Beli 1 gratis 1 sama saja seperti membeli produk yang mendapat diskon 50%, karena yang sebenarnya terjadi adalah konsumen “dipaksa” untuk membeli dua produk.

Promosi ini cukup efektif untuk mempercepat perputaran arus kas bisnis Anda, meski keuntungan yang didapat tidak sebanyak saat harga normal.

5. Gift Box

Gift box adalah hadiah yang sengaja disediakan oleh suatu brand untuk konsumen yang membeli produk mereka. Jadi, ketika konsumen membeli sesuatu, mereka akan mendapatkan produk lain sebagai hadiah atas pembelian yang dilakukan.

Produk hadiah yang disediakan biasanya memiliki keterkaitan dengan produk yang dijual. Contoh, jika Anda menjual produk berupa smartphone, maka hadiah yang bisa diberikan adalah silicon case, tempered glass, ataupun microSD

Demikian pembahasan mengenai 5 contoh promosi yang bisa Anda terapkan untuk bisnis online. Anda juga perlu melakukan berbagai inovasi di berbagai sektor, seperti misalnya dengan memanfaatkan teknologi pembayaran online seperti layanan payment gateway dari berbagai macam aplikasi, yang bisa Anda terapkan untuk website UKM.

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha