Resolusi Bisnis 2020: Bikin Pembukuan Jadi Online dengan Youtap Indonesia

Cerita Teknologi 23 Jul 2020, By Teman Dagang
Resolusi Bisnis 2020: Bikin Pembukuan Jadi Online dengan Youtap Indonesia Pembukuan jadi mudah dengan Youtap Indonesia (Youtap)

UMKM merupakan sektor penting yang saat ini menopang pertumbuhan ekonomi nasional. Meski perkembangannya belum optimal, pemerintah terus melakukan upaya-upaya terbaik untuk mendorong geliat UMKM, salah satunya adalah mendorong para pelaku UMKM ini untuk bisa memanfaatkan internet, seperti aplikasi digital, dalam mengembangkan bisnis. Melalui pembinaan yang tepat, produk-produk UMKM lokal ini akan bisa bersaing di pasar global. 

Saat ini, jumlah UMKM yang sudah go digital terbilang relatif sedikit dibandingkan dengan jumlah keseluruhannya. Data terbaru dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, dari total sekitar 60 juta UMKM di Indonesia, ada sekitar 9.4 juta UMKM yang sudah go digital. Demi menumbuhkan jumlah pelaku UMKM yang berselancar di dunia digital, Kemenkop UMKM dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menggaet para pelaku e-commerce dan menggagas program bertajuk 8 Juta UMKM Go Online. Lewat kerja sama ini, pemerintah juga berharap dapat mempercepat transformasi UMKM di Indonesia menuju digital.

Target pemerintah ini harus dimanfaatkan oleh pelaku UMKM dengan segera meresolusi cara berjualannya ke dalam bentuk digital, seperti memanfaatkan media sosial, marketplace, e-commerce, atau bahkan website sendiri. Di samping itu, pelaku UMKM pun mesti beradaptasi dalam melakukan pembukuannya. Apabila pelaku UMKM biasanya mengelola pembukuan secara manual, sudah saatnya untuk mengubahnya ke dalam pencatatan digital. 

Manfaat Pembukuan Keuangan Usaha dan Peluang Sukses UMKM

Tanpa disadari, di era digital ini banyak sekali peluang untuk kemajuan UMKM Indonesia. Hanya saja, seberapa mampukah mereka dapat menjalankan dan mengembangkan bisnis secara profesional di tengah persaingan yang semakin ketat?

Sebuah bisnis dapat berkembang dengan baik diawali dengan manajemen usaha yang baik pula. Pengelolaan keuangan usaha misalnya, Anda sebagai pelaku usaha harus mengetahui setiap pergerakan arus kas. Selain itu juga dapat mengontrol pengeluaran uang agar usaha Anda tidak mengalami kerugian. Bagaimana caranya?

Anda hanya perlu rajin mencatat setiap transaksi keuangan, baik penjualan, pembelanjaan modal, pelanggan yang berhutang maupun pembayaran tempat sewa. Tapi kebanyakan pelaku usaha abai akan hal ini. Banyak pelaku usaha yang belum melakukan karena menganggap ini tidak mudah untuk dijalankan. Apalagi jika dilakukan secara manual, tidak sistematis dan tidak terintegrasi.

Solusinya adalah memanfaatkan aplikasi digital sebagai teman berdagang yang dapat membantu pembukuan dan pengelolaan usaha Anda. Penggunaan aplikasi digital dapat memudahkan Anda dalam melakukan pembukuan UMKM.

Saat ini ada banyak sekali aplikasi digital yang dapat membantu pelaku UMKM dalam melakukan pengelolaan pembukuan lebih rapi tanpa meninggalkan detil-detilnya. Pencatatan laporan pembukuan ini dapat memberikan dampak yang besar bagi bisnis, di antaranya sebagai berikut.

Sebagai perencanaan 

Pembukuan sangat penting untuk memotori suatu usaha. Pembukuan yang baik dapat mengoptimalkan biaya yang dimiliki dan juga sebagai sarana perencanaan. Saat melakukan pencatatan untuk usaha, dapat melihat jalannya usaha melalui pencatatan yang telah dilakukan.

Dapat mengetahui kondisi keuangan

Pembukuan yang tepat juga dapat memberikan pebisnis memahami kondisi keuangannya. Semua arus keuangan akan tercatat secara lengkap seperti jumlah modal yang sudah terpakai, modal yang belum digunakan, dan jumlah utang.

Sebagai penjamin pinjaman di bank

Pencatatan laporan keuangan dapat mempermudah  pebisnis mengajukan pinjaman di bank untuk penambahan modal. Saat mengajukan pinjaman melalui bank, salah satu persyaratannya adalah laporan keuangan yang lengkap. Hal ini cukup penting, mengingat bank perlu mengetahui arus keuangan dari jalannya suatu usaha.

Penting sekali bagi UMKM untuk melakukan pembukuan secara digital, agar hal-hal yang tak diinginkan dapat terhindarkan. UMKM harus mengerti bahwa perlunya mencatat setiap transaksi keuangan seoptimal mungkin. 

Solusi Digital dari Youtap Indonesia

Salah satu aplikasi yang secara lengkap memberikan bantuan terhadap pembukuan dan lainnya adalah aplikasi Youtap milik Youtap Indonesia. Dengan menawarkan berbagai inovasi untuk efisiensi, efektivitas, dan produktivitas, Youtap dapat membantu pengembangan bisnis terutama para UMKM kecil seperti warung dan toko kelontong. Sebab, menurut situsnya, Youtap Indonesia menawarkan ragam solusi dalam tiga jenis layanan untuk para pelaku usaha: Aplikasi dagang, sistem pembayaran, dan pembuatan laporan.

Youtap menawarkan solusi bisnis dan fokus untuk membantu pelaku usaha dalam setiap layanan yang diberikan. Fitur yang ditawarkan Youtap memudahkan pelaku UMKM dalam menjalankan bisnis, mulai dari pengelolaan usaha secara digital, pembukuan hingga mekanisme transaksi non-tunai ada di satu aplikasi. Youtap telah menyediakan pencatatan pesanan, persediaan barang, hingga penyusunan laporan keuangan. Platform bisnis berbasis digital ini siap membantu pebisnis dalam mengembangkan usaha. 

Layanan dan teknologi yang ditawarkan Youtap sangat lengkap, teknologinya sendiri mencakup layanan pembayaran baik tunai maupun non tunai, layanan kasir, pengelolaan inventori, laporan, analisa, customer loyalty hingga insight. Layanan Youtap saat ini sudah diujicobakan mulai dari pelaku usaha skala besar dan mikro dan kini bisa didapat dengan mengunduh di Playstore atau Appstore. 

Untuk diketahui, Youtap Indonesia merupakan platform yang dikenal sebagai aplikasi teman dagang yang menawarkan berbagai solusi pelaku usaha, seperti Poin of Sales, pembayaran, dan pencatatan. Sebagai informasi tambahan, Youtap Indonesia merupakan join venture Salim Group dan Youtap Global, sebuah perusahaan teknologi yang berasal dari Selandia Baru yang menyediakan pemrosesan pembayaran e-money real-time dan pasar pembayaran digital di pasar UKM. Pasar ini merupakan salah satu pasar paling menarik, karena jika merujuk dari data BPS, jumlah UKM di Indonesia mencapai 60 juta buah dan menyumbang 61 persen PDB negara.

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha