Solusi Mudah Mengendalikan Biaya Operasional Usaha

Cerita Terkini 13 Agt 2020, By Fitri Mariya Amin
Solusi Mudah Mengendalikan Biaya Operasional Usaha Mengendalikan biaya operasional usaha tidaklah rumit jika Anda mengetahui langkahnya. (Mebiso)

Cara mengatur biaya operasional tidaklah serumit yang Anda bayangkan. Sebelum membahas lebih lanjut, mari simak apa itu biaya operasional.

Biaya operasional biasa diartikan secara umum sebagai pengeluaran uang usaha. Biaya ini sering kali tidak diperhatikan oleh kebanyakan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Mereka beranggapan bahwa usaha itu masih kecil dan berjalan baik-baik saja. Padahal, biaya operasional merupakan suatu biaya yang harus dikendalikan, tidak boleh digunakan asal-asalan. Jika gagal mengendalikan, pelaku usaha harus siap-siap merugi, kemungkinan terburuk usaha akan bangkrut.

Jadi, biaya operasional itu penting untuk diatur dengan benar, baik usaha skala besar ataupun kecil. Kenapa demikian? Sebab, setiap usaha pasti membutuhkan biaya operasional untuk menjalankan usahanya sehingga biaya operasional ini menjadi hal yang krusial, mulai dari pengaturan cash flow hingga budget usaha. Anda harus memperhatikan dan mengendalikan biaya operasional sebaik mungkin. Anda harus memastikan antara pengeluaran dan pemasukan, bisa lebih besar pemasukan. Jangan sampai biaya operasional melebihi apa yang Anda dapatkan. Kecuali ketika bisnis masih dalam proses membangun.

Cara Mudah Mengendalikan Biaya Operasional?

Sudah paham kenapa biaya operasional itu penting untuk dikelola dengan baik? Sekarang mari kita bahas bagaimana cara mengendalikan biaya operasional agar pengeluaran tidak lebih besar dari pemasukan.

  1. Identifikasi Biaya Operasional

Mulai dari sekarang, cobalah meninjau berapa biaya yang sudah Anda keluarkan setiap harinya. Mungkin selama ini Anda tidak pernah mengecek dan sering kali abai untuk pengeluaran harian yang mungkin dirasa masih kecil. Atau Anda justru belum pernah menghitung berapa biaya yang keluar dalam periode satu bulan?

Jika ia, kebiasaan itu tentu masuk dalam kategori pengelolaan usaha yang buruk. Sebab, kebiasaan abai tersebut dapat membuat usaha Anda rugi.

Maka dari itu, Anda harus memiliki catatan khusus untuk mengetahui berapa jumlah biaya yang telah dikeluarkan setiap bulannya. Rajin-rajinlah mengecek biaya operasional Anda minimal setiap tiga bulan sekali.

Di bulan keempat, Anda bisa melihat apakah biaya-biaya yang telah dikeluarkan dapat dibuat perencanaan ulang dengan menekan biaya-biaya lain. Hindari biaya-biaya tak terduga yang bisa saja terjadi kapanpun.

Untuk memudahkan Anda dalam mengidentifikasi biaya operasional, baik harian, mingguan maupun bulanan, Anda dapat menggunakan aplikasi digital yang dapat membuat catatan dengan mudah dan detail. Pilih aplikasi yang tidak merepotkan Anda saat digunakan. Misalnya saja Youtap. Aplikasi ini bisa didownload di semua ponsel android alias smartphone.

Youtap dapat membuat laporan keuangan usaha yang Anda butuhkan. Anda juga memungkinkan melihat arus kas atau cash flow usaha Anda. Bahkan Anda akan semakin semangat berdagang karena Youtap akan mengirimkan laporan keuntungan harian kepada Anda. Dengan Youtap, Anda semakin mudah mengidentifikasi biaya operasional usaha sehingga Anda dapat menekan pengeluaran untuk kategori-kategori tertentu.

Kelebihan lainnya, Youtap dapat merekap semua transaksi yang Anda lakukan. Anda juga dapat menerima apapun metode pembayaran, tunai dan non-tunai.

  1. Jangan Lupa Buat Laporan Laba Rugi

Biaya operasional akan menjadi bagian dalam laporan laba rugi. Sebelumnya, Temandagang.id telah membahas bagaimana membuat laporan laba rugi pada artikel yang berjudul “Atasi Kebangkrutan: Pahami Laporan Laba Rugi dan Manfaatnya bagi Bisnis Kecil Anda”. Dengan laporan tersebut, Anda dapat mengetahui jumlah laba bersih dan kotor dikurangi dengan biaya operasional. Nantinya, pada laporan laba rugi yang dibuat akan terlihat juga biaya operasi.

Biaya operasi ini akan menjadi alat analisis Anda sebagai pemilik usaha. Sehingga Anda bisa memantau berapa jumlah beban usaha dengan penjualan bersih. Jika biaya operasinya cukup rendah, maka hal itu akan semakin baik pada usaha yang Anda miliki.

Setelah mengetahui cara-cara tersebut, Anda sudah bisa mengendalikan biaya operasional usaha dengan benar. Sebagai saran, sebaiknya Anda memanfaatkan kemudahan yang ditawarkan aplikasi Youtap. Sehingga Anda memiliki acuan untuk berdagang pintar di era digital ini.

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha