Strategi Sukses UMKM Melek Digital dalam Era New Normal

Cerita Terkini 6 Jul 2020, By Fitri Mariya Amin
Strategi Sukses UMKM Melek Digital dalam Era New Normal UMKM kembali bangkit di era New Normal ini. Berikut adalah strategi sukses UMKM melek digital di era seperti ini. (Okezone)

Di masa new normal seluruh aspek ekonomi kembali berbenah untuk dapat membantu perkembangan ekonomi yang terdampak pandemi. Tak terkecuali sektor UMKM.

UMKM, sebagai penyumbang 60,3 % terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia perlu mendapat perhatian khusus untuk terus bangkit di masa sulit. Sebab, sejauh ini, UMKM merupakan salah satu sektor yang memiliki andil cukup terbesar dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Dengan diberlakukannya kebijakan new normall, UMKM diharapkan dapat terus survive, meski banyak tantangan yang akan dihadapi. UMKM perlu berbenah dan mencari strategi baru agar dapat kembali meningkatkan penjualan. Apa saja strategi itu? Berikut penjelasannya.

Fokus terhadap produk yang dijual

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah fokus terhadap produk yang akan Anda jual. Anda harus bisa melihat apa kebutuhan konsumen sehingga Anda juga dapat menentukan produk apa yang akan Anda jual. Tingkatkan kualitas produk, lakukan inovasi sehingga konsumen akan puas dengan produk yang Anda jual.

Tentukan harga jual yang bersaing

Setelah menentukan produk apa yang Anda jual, langkah selanjutnya adalah menentukan harga jual. Pastikan sebelum menentukan harga, Anda telah melakukan riset terhadap harga yang beredar di pasaran. Kemudian, tentukanlah harga jual produk yang dapat menguntungkan usaha Anda.

Jangan sampai hanya karena ingin harga yang bersaing malah akan menyebabkan kerugian. Anda juga harus memperhatikan harga bahan baku dan harga penunjang lainnya.

Kelola promosi dengan benar

Langkah selanjutnya adalah pemasaran atau promosi. Tanpa adanya pemasaran dan promosi yang benar walau sebagus apapun produk yang Anda jual tetap takkan mendapat keuntungan karena orang- orang tidak mengetahuinya. Temukan strategi pemasaran yang baik. Anda bisa melakukan pemasaran secara online melalui media sosial, dan secara offline dengan menyebar pamflet, brosur dan lain sebagainya.

Dalam melakukan promosi yang harus Anda perhatikan adalah konten dari promosi tersebut. Cobalah untuk membuat konten yang kreatif dan menarik sehingga banyak orang yang penasaran dan menarik untuk membeli produk Anda.

Tetap melek teknologi

Dalam menjalankan usaha, Anda sebagai pelaku UMKM harus tetap membuka mata terhadap perkembangan teknologi. Saat ini teknologi berkembang sangat pesat dan sangat membantu Anda dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Dalam menjalankan usaha juga banyak sekali teknologi yang dapat Anda manfaatkan.

Banyak aplikasi yang terbuat guna memudahkan Anda dalam menjalankan bisnis. Teknologi yang dapat Anda gunakan bisa seperti kasir online, di mana manfaatnya sangat banyak, seperti kemudahan bertransaksi baik secara tunai maupun non tunai.

Adanya pencatatan alur kas yang rapi dan tersistem sungguh dapat membantu Anda menjalankan usaha. Meskipun usaha yang Anda jalankan terbilang kecil, tak ada salahnya Anda tetap memanfaatkan teknologi demi kelancaran usaha Anda.

Maksimalkan penggunaan media sosial

Di era new normal ini, Anda dapat memaksimalkan penggunaan media sosial untuk meningkatkan penjualan. Di mana yang kita ketahui bahwa saat ini tren belanja masyarakat telah berubah dari konvensional menjadi online.

Masyarakat membeli keperluan mereka secara online melalui berbagai media sosial, seperti Instagram, Facebook, Twitter, Line, Whatsapp, dan masih banyak lagi. Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan bila dapat memaksimalkan penggunaan media sosial, seperti berkurangnya hambatan mengenai jarak,ruang, waktu, dan harga juga dapat terminimalisir. Dan tentu saja Anda juga tidak membutuhkan ruang yang besar untuk memajang produk yang Anda jual.

Manfaat media sosial lainnya adalah Anda dapat meningkatkan brand awareness atau pengetahuan tentang brand Anda kepada masyarakat, lalu Anda juga dapat menjalin hubungan baik dengan pembeli serta memberikan solusi bagi pembeli. Namun untuk itu Anda harus dapat berpikir kreatif dalam memanfaatkan media sosial.

Manfaatkan Tren

Inovasi tentu menjadi salah satu langkah yang harus Anda lakukan agar usaha Anda berjalan dengan baik. Anda harus terus meningkatkan kualitas produk Anda. manfaatkan perkembangan tren untuk memberi Anda ide-ide baru terkait produk, cara promosi, dan yang terpenting adalah tentang keinginan dari pembeli. 

Menjalin kerja sama dengan reseller online

Bila Anda ingin produk dagangan Anda lebih dikenal banyak orang, tak ada salahnya Anda menjalin kerjasama dengan para reseller secara online. Tentu hal ini akan meningkatkan penjualan Anda, dan makin banyak orang yang mengetahui produk Anda. jalin kerjasama yang dapat menguntungkan satu sama lain. Sebelum menjalin kerja sama Anda harus menentukan peraturan dan sistem untuk menjadi reseller Anda sehingga tak ada kerugian dari kedua belah pihak.

Manfaatkan E-commerce

Langkah terakhir adalah Anda dapat bergabung dengan e-commerce. Saat ini menjalankan bisnis online rasanya terasa kurang bila tidak terdaftar di e-commerce. Banyak manfaat yang Anda dapatkan ketika Anda memutuskan untuk bergabung di sebuah e-commerce, seperti semakin luasnya pasar yang dapat dijangkau, bahkan bisa mencapai tingkat pemasaran luar negeri. Kemudahan berkomunikasi dengan pembeli dan tentu sistem yang telah teruji baik dan benar.

E-commerce di Indonesia diketahui banyak memberikan manfaat kepada pelaku UMKM meningkatkan penjualan. Jadi tidak salahnya Anda juga memanfaatkan e-commerce untuk usaha Anda.

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha