Tidak Bisa Meninggalkan Toko Tapi Stok Barang Menipis? Ini Solusinya

Cerita Terkini 27 Mar 2020, By Teman Dagang
Tidak Bisa Meninggalkan Toko Tapi Stok Barang Menipis? Ini Solusinya Stok barang seringkali berada di lokasi yang berbeda dengan toko (SimplyDOTS)

Tata kelola usaha yang baik tak hanya memperhatikan alur keuangan yang keluar-masuk saja. Melainkan juga memperhatikan ketersediaan stok barang jualan. Pengelolaan stok barang yang baik akan menjaga kestabilan usaha Anda. Penjadwalan penyediaan kembali stok barang penting dilakukan agar persediaan barang dagangan tetap teratur. Dengan teraturnya stok kesediaan barang, usaha Anda akan tetap berjalan dengan lancar tanpa hambatan.

Oleh karena itu, kehabisan stok adalah kondisi yang harus dihindari oleh para pelaku usaha. Tidak hanya akan menyebabkan kacaunya penjualan, kehabisan stok barang juga bisa menurunkan tingkat kepuasan pelanggan. Pelanggan akan merasa sangat kecewa jika tidak bisa mendapatkan barang yang mereka cari karena kehabisan stok. Jika sudah begini, akan sulit mendapat kepercayaan serta loyalitas kembali dari para pelanggan Anda yang telah terlanjur kecewa.

Mempertimbangkan hal tersebut, maka sudah sepantasnya Anda mengelola penyediaan barang dengan baik agar tidak mengecewakan pelanggan serta menyebabkan terhambatnya jalan usaha Anda.

Faktor Penyebab Buruknya Pengelolaan Stok

Ada banyak masalah yang bisa menyebabkan buruknya pengelolaan stok barang sehingga stok barang bisa habis tanpa sempat disediakan ulang. Salah satunya ialah pembengkakan biaya operasional untuk pengantaran stok dagangan dari penyuplai barang. Hal ini berkaitan pula dengan masalah tata kelola keuangan yang semrawut sehingga menyebabkan pembengkakan biaya tersebut. Sementara, jika menjemput stok barang dagangan langsung ke penyuplai akan memakan waktu lebih lama lagi. Tidak mungkin untuk menutup toko Anda sementara hanya untuk menyediakan kembali stok barang. Dan lagi, usaha harus tetap berjalan agar alur keuangan tetap lancar.

Manfaatkan Jasa Kurir Online

Untungnya, ada solusi untuk menghindari permasalahan ini. Selain melakukan tindakan preventif lain lewat pembukuan keuangan yang lebih rapi, Anda dapat menggunakan jasa kurir online yang biayanya lebih terjangkau untuk mengantarkan stok barang dagangan dari tempat penyuplai barang.

Untuk menggunakan jasa pengiriman barang online, Anda harus memperhatikan terlebih dahulu barang yang akan diantarkan serta jarak tempuh dari penyuplai barang dengan lokasi usaha Anda. Beberapa jasa pengiriman barang online memiliki pilihan pengantaran dengan berbagai armada tergantung jumlah barang yang diantarkan. Dari armada mobil pick-up, mobil box, sampai tronton box untuk kapasitas paling besarnya.

Anda juga dapat memilih jasa pengiriman barang online melalui ojek online  yang memiliki fitur pengantaran barang juga. Apalagi, jika lokasi penyuplai barang dengan tempat usaha Anda masih berada di dalam satu kota.

Di atas semua itu, yang paling penting adalah bagaimana Anda menyiasati biaya pengantaran tersebut. Jangan sampai maksud hati menggunakan jasa pengiriman barang online untuk menekan biaya operasional, malah berujung pembengkakan biaya karena tarifnya malah lebih mahal. Kecermatan Anda dalam memilih jasa pengantaran sangat diperlukan agar dapat mendapatkan hasil terbaik bagi usaha Anda.

Selain kendala dari pengantaran stok barang dari penyuplai, ada banyak poin yang mesti dibenahi agar jangan sampai Anda kehabisan stok barang. Memperkirakan kapan stok menipis bisa membantu Anda untuk menjadwalkan dari jauh-jauh hari kapan pengisian kembali stok barang. Pemeriksaan rutin dan terus menerus stok barang dan membandingkan dengan catatan pembukuan juga bisa membantu mengantisipasi kehabisan stok.

Hal ini juga berguna untuk mengecek adakah kerusakan pada barang yang masih tersimpan. Dengan begitu, kemungkinan mendapat komplain dari pelanggan karena kecacatan barang dapat dihindari.

Demikianlah pembahasan bagaimana mengatasi persediaan stok barang yang menipis. Semoga dengan ini, Anda dapat menghindari masalah yang sama di kemudian hari dan dapat mengelola usaha dengan lancar kembali.

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha