Tidak Harus Mahal, Begini Cara Memaksimalkan Penjualan dengan Smartphone yang Anda Miliki

Cerita Teknologi 19 Jun 2020, By Fitri Mariya Amin
Tidak Harus Mahal, Begini Cara Memaksimalkan Penjualan dengan Smartphone yang Anda Miliki Smartphone yang Anda miliki juga dapat membantu memaksimalkan penjualan (pricebook)

Di era teknologi digital, memiliki smartphone merupakan syarat utama bagi Anda untuk tetap mengikuti perkembangan dalam bidang apapun. Terutama untuk para pedagang konvensional yang ingin mengembangkan bisnisnya. Penggunaan smartphone dapat memaksimalkan jalannya usaha, terutama dalam mengakses informasi dan meminimalisir waktu Anda dalam berjualan.

Smartphone dapat Anda gunakan sebagai pengganti laptop ataupun komputer bila Anda tidak sedang berada di toko atau tempat kerja. Di samping itu, smartphone dapat membantu Anda dalam menerima pesanan, promosi serta pembayaran dari laman web, media sosial ataupun marketplace tempat Anda berdagang. 

Saat ini sangat banyak fitur dalam smartphone yang dapat memudahkan Anda dalam berkegiatan sehari-hari juga dalam bisnis. Di samping itu, Anda juga dapat mencari-cari materi terbaru seputar produk Anda, mencari supplier produk, bahkan mencari referensi konten-konten harian menarik untuk toko online Anda. Meski smartphone merupakan suatu hal penting yang harus Anda miliki dalam menunjang kinerja dalam berbisnis, Anda tidak harus memiliki smartphone yang super mahal. Anda hanya butuh memaksimalkan kegunaannya seperti beberapa hal berikut:

Pastikan Kuota Internet Anda Cukup

Internet adalah faktor utama untuk mengoperasikan toko online Anda. Bila tidak ada internet maka smartphone Anda tidak akan bisa mengakses berbagai hal. Maka dari itu, sebelum menjalankan bisnis online, pastikan kuota internet Anda cukup dan aman. Gunakanlah layanan provider yang Anda anggap memiliki kecepatan internet yang baik, jaringan yang luas dan tentu saja yang harganya terjangkau. Memastikan kuota internet Anda aman adalah hal yang penting, jangan sampai kuota Anda habis ketika sedang melayani pelanggan atau ketika sedang melakukan pembayaran. Anda juga bisa mencari layanan internet yang unlimited. 

Saat ini banyak kok provider yang memberikan layanan internet dengan harga murah. Anda harus jeli dalam memilihnya, bahkan kalau bisa buat anggaran khusus untuk kuota internet ini agar Anda dapat membatasi pemakaian yang tidak begitu penting.

Maksimalkan Aplikasi

Jika Anda menggunakan smartphone khusus untuk bisnis, maka pastikan Anda hanya mengunduh aplikasi yang berhubungan dengan bisnis Anda. Seperti email, media sosial, aplikasi marketplace tempat Anda berdagang, aplikasi kasir online, aplikasi e-banking, dan aplikasi lain yang dapat mendongkrak toko online Anda. Pastikan smartphone Anda tidak melebihi kapasitasnya hanya karena kebanyakan aplikasi yang tidak mendukung bisnis Anda. Hal ini dapat membantu Anda untuk fokus dan dapat memaksimalkan fungsinya. Jangan sampai aplikasi yang tidak penting malah membuat smartphone Anda lemot dan malah menghambat Anda dalam melakukan transaksi. 

Manajemen Penggunaan Memori

Agar penggunaan smartphone Anda bisa maksimal, usahakan untuk tidak menyimpan foto atau video yang tidak berhubungan dengan materi bisnis Anda. Anda cukup menyimpan foto dan video produk yang akan Anda gunakan untuk promosi di media sosial. Bila smartphone Anda memiliki memori yang terbatas Anda bisa mengakalinya dengan menambah memori eksternal, namun pastikan juga Anda bisa menggunakannya dengan bijak. Bila terlalu banyak foto dan video yang tidak penting smartphone Anda akan lemot dan tentu saja lagi-lagi itu akan menghambat jalannya bisnis Anda.

Untuk menghemat kapasitas memori smartphone yang Anda miliki, Anda bisa fokus berjualan pada satu platform terlebih dahulu. Bentuklah sebuah citra dan reputasi yang baik di platform tersebut. 

Jadi, untuk menjalankan bisnis online Anda tidak perlu memiliki smartphone yang super mahal, Anda hanya butuh memaksimalkan fungsinya, dan bijak dalam menggunakannya. Sehingga Anda dapat menggunakannya untuk memaksimalkan penjualan Anda.

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha