Tidak Ingin Rugi karena Harus Kirim Barang Jauh?

Cerita Peluang Usaha 27 Mar 2020, By Teman Dagang
Tidak Ingin Rugi karena Harus Kirim Barang Jauh? Pengiriman barang jarak jauh sering kali membutuhkan biaya lebih (Indoforwarding)

Perkembangan dunia usaha di era digital telah menghapus batasan-batasan wilayah yang ada. Orang yang berada di Jakarta misalnya, bisa membeli batik khas Solo tanpa perlu datang langsung ke Solo. Orang-orang di Australia juga bisa berbelanja batik Solo tanpa perlu datang ke Solo sebagaimana orang yang berada di Jakarta. Cukup melihat-lihat katalog tokonya di media sosial, lalu memesan dan membayarnya lewat ponsel di genggaman.

Pengalaman kemudahan berbelanja tanpa disekat oleh batasan wilayah ini adalah salah satu keunggulan dari digitalisasi bisnis usaha. Interaksi antara pelaku usaha dan pelanggan hanya dilakukan lewat ponsel pintar. Orang-orang tak banyak lagi yang mau merepotkan diri pergi ke toko untuk mencari barang yang diinginkan. Setelah mengonfirmasi pembayaran, penjual akan mengirim barang pesanan milik pelanggan. Metode belanja ini tentunya lebih efektif dan efisien. Hemat waktu dan tenaga.

Bagi pelaku usaha toko online, keberadaan jasa pengiriman barang sangatlah krusial bagi keberlangsungan usaha. Melakukan pengiriman sendiri barang kepada pelanggan pasti akan sangat merepotkan dan boros biaya. Apalagi, jika barang yang dikirim dalam jumlah besar dan pelanggan berada di luar kota.

Keterbatasan jumlah barang serta jarak yang dapat ditempuh tentunya jadi hambatan yang malah akan menambah biaya operasional. Bisa-bisa, keuntungan dari penjualan barang tidak mampu menutupi besarnya biaya transportasi mengirimkan sendiri barang pesanan. Guna menekan biaya operasional inilah, pelaku usaha perlu memperhatikan bagaimana memilih jasa pengiriman yang tepat untuk usaha Anda.

Jasa Pengantaran Online sebagai Alternatif Usaha Anda

Bersamaan dengan merebaknya bisnis jual-beli online. tumbuh pula bisnis jasa pengantaran barang online. Keberadaan jasa pengantaran barang online bisa menjadi alternatif pilihan bagi Anda untuk mengirimkan barang ke pelanggan selain jasa kurir konvensional yang biasa.

Adanya layanan penjemputan barang, beragamnya armada pengangkutan, pilihan kecepatan pengiriman, serta mudahnya akses hanya melalui ponsel, menjadi nilai tambah bagi jasa pengantaran barang online

Karena tujuan utama penggunaan jasa pengiriman barang adalah untuk menekan biaya operasional usaha, maka pertimbangan awal untuk memilih jasa kurir adalah harga. Ongkos pengiriman yang dibebankan kepada pelanggan mesti dipilih yang paling terjangkau sehingga penambahan harga barang dengan ongkos kirim tidak memberatkan. Jika pelanggan tidak merasa diberatkan, maka tentulah mereka akan tetap memilih toko Anda jika sewaktu-waktu ingin memesan barang yang sama lagi.

Pemilihan jasa pengiriman barang juga perlu memperhatikan banyaknya barang serta jarak ke tempat pelanggan berada. Untuk barang yang jumlahnya sedikit atau berukuran kecil serta masih berada di dalam kota, Anda bisa memilih jasa pengantaran barang lewat ojek online yang biasanya memiliki promo tertentu sehingga bisa mengurangi ongkos pengiriman.

Sementara, untuk mengirim barang dalam jumlah yang sedikit maupun banyak yang jaraknya jauh di luar kota bahkan luar pulau, Anda bisa memilih beragam penyedia jasa pengiriman online antarkota. Beberapa penyedia jasa kurir antarkota memiliki pilihan paket kecepatan pengiriman. Penentuan kecepatan pengiriman ini biasanya juga akan memengaruhi kepuasan pelanggan dalam berbelanja. Pilihlah penyedia jasa pengantaran barang yang paling terjangkau dan juga layanannya cukup baik.

Bijak Memilih Jasa Pengiriman

Selain membandingkan harga antara penyedia jasa pengiriman barang, Anda juga mesti mencermati harga yang ditawarkan oleh para pesaing Anda juga pilihan penyedia jasa pengiriman barangnya. Selisih harga, walau sedikit pun tetap jadi pertimbangan bagi pelanggan untuk membeli produk pada Anda.

Meski jarak tidak jadi penghalang bagi dunia usaha di era digital, namun waktu tetap jadi tantangannya. Pelanggan pastilah cemas menanti kapan barang pesanannya akan tiba. Maka dari itu, kebijaksanaan pelaku usaha memilih paket pengiriman sangat penting di sini. Walau keterlambatan pengantaran oleh penyedia jasa pengiriman, kekecewaan pelanggan pastilah juga berimbas kepada Anda sebagai pelaku usaha. Kalau hal ini sudah terjadi, maka Anda telah kehilangan peluang mendapatkan pelanggan yang loyal kepada usaha Anda.

Dalam menjalankan usaha, apapun bentuknya, para pelaku usaha tentu saja memprioritaskan mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Namun, jangan sampai lupa bahwa kepuasan pelanggan Anda juga mesti diutamakan dengan tetap memberikan pelayanan terbaik. Termasuk dalam memilih layanan pengiriman barang.

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha