Tingkatkan Penjualan dengan Promo Kemerdekaan Yuk! Ini Idenya

Cerita Terkini 12 Agt 2020, By Teman Dagang
Tingkatkan Penjualan dengan Promo Kemerdekaan Yuk! Ini Idenya Promo bertema kemerdekaan bisa menjadi strategi penjualan Anda (Lintasjatim.com)

Sudah menjadi kebiasaan, setiap mendekati peringatan hari besar, baik hari besar keagamaan maupun hari besar nasional, para pelaku usaha gencar melakukan promosi produk dagangannya. Hal itu dilakukan sebagai langkah meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan momen, seperti peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia yang tidak lama lagi.

Dilansir dari Katadata.co.id (11/8), sejumlah retail pernah menggelar pesta diskon untuk menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia ke-74 tahun lalu, salah satunya dengan promo Indonesia Great Sale. Promo yang ditawarkan sejumlah pengusaha retail ini tak main-main, mereka menawarkan diskon hingga 74 persen. Pesta diskon ini diikuti oleh 18 ribu gerai dan 300 pemegang merek (brand) di 70 kota.

Tapi, membuat promo tidak mudah. Salah-salah, Anda bisa saja mengalami kerugian akibat promo yang tidak diperhitungkan dengan matang.

Meski sering membuat pusing, ide promo tetap diperlukan untuk membuat bisnis Anda lebih menarik dan fresh. Persaingan yang ketat, menuntut Anda mencari Ide promo yang benar-benar kreatif dan menarik perhatian pasar.

Hari Kemerdekaan Indonesia adalah Momen Pas untuk Promo Usaha

Hari Kemerdekaan Indonesia (HUT RI) menjadi waktu yang tepat jika Anda ingin melakukan promo usaha. Melakukan promo penjualan di Agustus, bisa membuat penjualan produk Anda melonjak dan membuat bisnis Anda lebih dikenal. Tapi ide bisnis seperti apa yang bagus untuk diaplikasikan terhadap usaha?

Tipe promo yang harus Anda pilih adalah yang bersifat menyenangkan dan seru bagi konsumen, tapi tetap tidak membuat Anda rugi, ya. Jika Anda berhasil membuat promo yang menarik dan menyenangkan, bukan tidak mungkin produk Anda dilirik oleh konsumen baru yang belum pernah membeli di toko Anda. Atau konsumen lama membeli kembali produk Anda karena ketertarikannya terhadap promo yang Anda berikan

Ada 5 ide promo Hari Kemerdekaan untuk membantu usaha Anda dilirik banyak konsumen, di antaranya:

1. Memberikan Promo dengan Angka-angka Kemerdekaan

Memanfaatkan momen Hari Kemerdekaan, artinya Anda harus peka terhadap detail dari peringatan hari besar tersebut. Misal Anda bisa mengambil angka 17 yang paling akrab dari peringatan HUT RI. Angka tersebut kemudian bisa Anda jadikan nilai diskon atau potongan harga dari usaha Anda, seperti diskon 17% untuk produk A.

Selain itu, Anda juga bisa membuat promo dengan memberikan bonus, dengan maksimal pembelian 8 item dari produk yang Anda jual. Angka 8 ini merupakan bulan peringatan HUT RI. Angka ini bisa Anda gunakan untuk membuat ide promo kemerdekaan yang dapat menarik konsumen.

Anda juga bisa membuat ide promo dari tahun kemerdekaan, yaitu 45. Promonya bisa saja potongan harga khusus atau subsidi ongkos kirim untuk konsumen yang berumur 45 tahun.

Ada banyak ide yang bisa Anda buat dari detail-detail peringatan kemerdekaan ini. Yuk dicoba untuk membuat promo menarik di usaha Anda.

2. Tulis Nama Promo dengan Unsur Kemerdekaan

Untuk dapat menarik konsumen singgah melihat toko Anda, baik online maupun fisik, buatlah nama promo yang ada unsur kemerdekaannya. Misal dengan tagline “Merdeka Belanja dengan Diskon Berlimpah” atau “Belanja Murah dengan Semangat 45”. Anda bisa memikirkan kalimat-kalimat menarik lainnya yang bisa Anda gunakan sebagai promo kemerdekaan.

Memang, cara ini telah banyak digunakan pelaku usaha, tapi tidak ada salahnya tetap dicoba, bukan?.

3. Promo Khusus Konsumen dengan Nama Indonesia Banget

Promo ini juga banyak diaplikasikan pelaku usaha. Anda bisa menerapkannya pada usaha Anda.

Sebagai contoh, Anda memberikan promo sebesar 45% untuk pelanggan yang bernama Agus. Bisa juga nama lain yang dikenal sebagai nama orang Indonesia banget, seperti Budi, Susi, Ani, dan lainnya yang Anda rasa cocok untuk mendapatkan promo kemerdekaan di toko Anda.

Coba bayangkan, ada berapa orang yang memiliki nama tersebut sehingga kemungkinan produk Anda terjual akan semakin besar pula. Promo ini juga masuk dalam kategori promo menarik dan menyenangkan yang bisa Anda coba.

Untuk menghindari penipuan, Anda bisa meminta kepada konsumen untuk membuktikan dengan melampirkan foto KTP. Jika pembelian produk melalui ojek online, driver ojek pengantar bisa menunjukkan nama username yang didaftarkan konsumen yang memesan promo Agustus. Gampang, bukan?

4. Promo Bagi Mereka yang Lahir di Bulan Agustus

Rekomendasi ide promo kemerdekaan selanjutnya adalah memberikan promo pada konsumen yang berulang tahun pada bulan Agustus. Jenis promo Agustus yang kalian beri bisa berjenis apa saja yang memang  kalian sepakati sebagai promo Agustus. Menjalankan jenis promo Agustus ini memang memerlukan sedikit usaha untuk menjalankannya. Sama seperti promo Agustus dengan menggunakan nama konsumen, promo Agustus bagi mereka yang lahir di bulan Agustus juga memerlukan kartu tanda pengenal seperti KTP atau SIM.

Itu tadi ide promo kemerdekaan yang bisa diterapkan pada usaha Anda. Promo-promo tersebut dapat membantu Anda meningkatkan penjualan. Semoga bermanfaat.

undefined

Teman Dagang

Berbagi cerita dan inspirasi seputar usaha